Apa Gunanya Sunscreen Bagi Kulit? Ini Penjelasannya!

Inilah ulasan mengenai apa gunanya sunscreen bagi kulit kita. Karena kita hidup di negara tropis, yuk lindungi kulitmu dari paparan UV.

Apa Gunanya Sunscreen - Kulit adalah salah satu hal yang menjadi bagian paling penting dan harus selalu tetap terjaga kesehatannya. Berbagai cara akan dilakukan oleh para wanita untuk menjaga kesehatan kulit mereka. Apalagi saat ini sinar UV sudah tidak bisa berkompromi dengan kulit karena memang paparan sinar matahari saat ini berbeda dengan jaman dahulu. Pengaruh globalisasi juga mempengaruhi kita untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Salah satu cara yang sering digunakan oleh wanita untuk melindungi kulitnya dari sinar matahari adalah dengan penggunaan Sunscreen.

 

Apa Gunanya Sunscreen Bagi Kulit

Sunscreen adalah perawatan wajib yang digunakan setiap kali keluar rumah. Panas matahari yang menyengat menjadikan moisturizer atau pelembap saja tidak cukup untuk merawat kulit, dan melindunginya dari inflamasi akibat sinar UVA dan UVB.

 Baca Juga : Pengalaman Memakai Baking Soda untuk Wajah 

Sunscreen atau atau biasa dikenal dengan  tabir surya merupakan kandungan anorganik yang berfungsi sebagai dinding antara kulit dengan paparan sinar matahari secara langsung. Dengan kata lain Sunscreen atau tabir surya ini merupakan upaya untuk melindungi kulit manusia dari bahaya radiasi yang dihasilkan dari paparan sinar matahari.

Permukaan kulit yang dilapisi dengan Sunscreen akan terlindungi karena paparan sinar matahari akan terpantul sebelum mengenai kulit dan sinar UV akan terblokir sehingga tidak meresap ke kulit. Sinar UVA yang menyebabkan penuaan dini dan sinar UVB yang menyebabkan terbakarnya lapisan kulit luar tidak akan mengenai kulit.

Sering beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa pelindung kulit, akan menyebabkan kulit lebih cepat mengalami penuaan. Kulit jadi cepat berkerut dan timbul bercak-bercak hitam yang kita kenal sebagai flek hitam.

Sinar UV juga bisa membuat kulit tidak mulus karena menebal atau menipis. Bisa juga muncul benjolan-benjolan kecil yang ukurannya bervariasi. Benjolan-benjolan atau flek pada kulit bisa berkembang menjadi tumor jinak bahkan kanker kulit. Khususnya pada orang yang banyak bekerja di bawah terik matahari atau sering berjemur di pantai.

Apa Gunanya Sunscreen untuk Kulit?

Sepintas kita sudah mengetahui bahwa Sunscreen berfungsi sebagai pelindung dari paparan sinar matahari langsung. Produk yang satu ini juga bisa digunakan untuk kalian yang suka berolahraga di air dengan pakaian yang terbuka sehingga dengan mudah terpapar sinar matahari.

Terhindar Paparan Radiasi Sinar Matahari Langsung

Apa gunanya sunscreen yang pertama adalah menghindarkan kulit dari paparan UV langsung. Meski mengandung vitamin D, paparan sinar UV dapat memberikan risiko buruk pada lapisan kulit. Dan jika paparan sinar matahari ini terus meresap di dalam lapisan kulit, tentunya akan menimbulkan berbagai masalah kulit, mulai dari ringan hingga berat. Karena itu,  dibutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit secara maksimal setiap harinya.

 Baca Juga : Pengalaman Memakai Fleksol pada Wajah

Terhindar dari Kerusakan Jaringan Kulit

Kulit yang terpapar sinar matahari secara langsung sangat berpotensi mengalami kerusakan jaringan kulit apabila terjadi dalam intensitas tinggi dan dalam jangka waktu yang lama. Namun penggunaan Sunscreen dapat melindungi lapisan kulit yang berada di bawah terik matahari.

 Mencegah Sunburn

Sunburn dapat ‘melemahkan’ dan memberi pengaruh yang buruk pada kulit. Tak hanya menyebabkan kemerahan, melainkan juga gatal, pembengkakan, hingga bintik-bintik. Permukaan kulit yang terpapar sinar matahari hingga melepuh dapat meningkatkan risiko kanker yang lebih besar.

  Baca Juga : Ciri Ciri Tidak Cocok Memakai Cream Farma WDC

Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Apa gunanya sunscreen berikutnya adalah mencegah penuaan dini. Kulit manusia mempunyai tingkat perlindungan yang tidak begitu tinggi apabila berada di bawah terik matahari langsung. Ancaman bahaya paparan sinar matahari dapat membuat kulit mengalami penuaan dini apabila tidak dilindungi secara benar.

 Baca Juga : Ciri Ciri Tidak Cocok Skincare 

Penuaan kulit tidak hanya disebabkan oleh berjalannya waktu. Di usia yang masih muda, kulitpun bisa mengalami penuaan dini akibat pengaruh lingkungan, terutama paparan sinar matahari.

Demikian ulasan mengenai Apa Gunanya Sunscreen, semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda para pembaca sekalian.