Lampu Power Laptop Nyala Tapi Layar Mati : Penyebab dan Solusinya!

Inilah ulasan mengenai lampu power laptop nyala tapi layar mati beserta penyebab dan juga solusinya. Semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Lampu Power Laptop Nyala Tapi Layar Mati - Laptop merupakan perangkat yang sangat penting di era modern ini. Kebanyakan orang menggantungkan hidupnya pada laptop, seperti bekerja, sekolah, hingga hanya menonton video. Selain itu, banyak data yang tersimpan di laptop, sehingga jika laptop tidak bisa menyala tentu membuat pemiliknya bingung.

 

Lampu Power Laptop Nyala Tapi Layar Mati

Beberapa kasus laptop error Lampu power laptop menyala tapi layar mati, hal ini dikarenakan ada beberapa masalah yang terjadi. Tapi jangan khawatir! Disini kita akan membahas penyebab Lampu Power Laptop Nyala Tapi Layar Mati dan cara mengatasinya.

Baterai Habis

Penyebab pertama yang perlu kita cek kenapa laptop tidak menyala dan lampu indikator hanya berkedip adalah kondisi baterai laptop. Hal ini dikarenakan laptop yang kehabisan baterai tentunya tidak akan cukup untuk menghidupkan laptop yang kita miliki.

Baca Juga : Layar Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Nyala : Ini Solusinya!

Bagaimana mengatasi masalah ini Coba periksa kondisi baterai laptop Anda. Sebab, bisa jadi masalah tersebut terjadi karena hal-hal kecil seperti baterai kosong atau habis. Biasanya hal ini terjadi saat laptop masih menyala, namun Anda tidak menyadari bahwa baterai laptop akan habis.

Jadi ketika tiba-tiba mati, layar laptop Anda juga akan mati, tetapi lampu power akan tetap menyala, dan terkadang berubah menjadi merah. Tentu untuk mengatasi hal tersebut, hubungkan laptop Anda dengan charger. Jika laptop dalam keadaan hidup dan digunakan untuk melakukan sesuatu, pastikan charger selalu terhubung.

Processor yang Bermasalah

Prosesor pada laptop merupakan komponen utama yang paling penting, karena prosesor merupakan otak dari laptop. Jika ada masalah kecil pada prosesor, laptop akan hang atau tidak bisa menyala, padahal lampu indikator Power menyala seperti biasa. Umumnya kerusakan ini disebabkan oleh debu yang menumpuk dan mengganggu kinerja prosesor.

Baca Juga : Layar Laptop Tidak Muncul Menu di Windows 7, 8, 10 dan 11: Ini Solusinya!

Bongkar laptop Anda dan bersihkan debu dengan sesuatu yang lembut atau gunakan alat khusus. Atau bisa juga buka processor, lalu perhatikan paste processor atau thermal iso. Jika terlihat buruk atau rusak, bersihkan dan ganti dengan yang baru.

Kerusakan Pada RAM

Jika laptop saat dihidupkan hanya menampilkan layar kosong atau hitam, dan mesin dari laptop berjalan seperti biasa, maka bisa jadi terjadi kerusakan pada RAM pada laptop anda. Biasanya, jika Anda tidak merasa kerusakan itu disebabkan oleh sesuatu yang fatal, bisa jadi RAM-nya saja yang kendor atau kotor.

Baca Juga : Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power : Ini Solusinya!

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Caranya tentunya harus bongkar laptop, lalu kencangkan kembali RAMnya. Jika memungkinkan, buka RAM lalu bersihkan PIN dari RAM. Namun, pastikan saat membersihkannya Anda menggunakan alat khusus atau menggunakan kain yang lembut. Kemudian pasang kembali RAM yang sudah dibersihkan tadi. Kemudian coba restart laptop Anda.

Bagaimana jika laptop tersebut tetap tidak mau menyala, padahal RAM sudah dibersihkan? Triknya, mau tidak mau, Anda harus memperbaikinya langsung ke service laptop dan menggantinya dengan RAM yang baru. Umumnya masalah ini terjadi pada sebuah laptop yang sudah lama tidak digunakan.

Kerusakan Pada HDD

Beberapa laptop yang tidak menyala juga bisa disebabkan oleh HDD yang rusak. Namun umumnya jika HDD rusak, maka saat laptop dihidupkan akan muncul layar kosong dan tertulis HDD tidak terdeteksi. Namun, jika Anda masih ragu apakah HDD rusak, coba bongkar laptop dan bersihkan HDD, lalu restart laptop Anda.

Baca Juga : Layar Laptop Hitam Setelah Starting Windows : Penyebab dan Solusinya!

Jika hasilnya masih sama atau tidak menyala berarti HDD yang digunakan rusak dan harus diganti dengan yang baru. Yang perlu kamu perhatikan untuk mengetahui laptop tidak menyala karena HDD rusak atau tidak adalah dengan melihat notifikasi atau peringatan yang muncul saat laptop dihidupkan.

Demikian ulasan tentang Inilah Penyebab Lampu Power Laptop Nyala Tapi Layar Mati Dan Cara Mengatasinya semoga bermanfaat.