Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power : Ini Solusinya!

Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power : Ini Solusinya! Semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca semuanya.

Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power - Laptop tidak mau hidup adalah masalah besar! Apalagi ketika semua data ada di laptop dan kita tidak memiliki salinannya di flash drive, tentu saja laptop yang menyala sangat diinginkan. Nah, jika kita memang dihadapkan dengan masalah laptop yang tidak mau hidup, bagaimana cara untuk mengatasi Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power?

Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

Lepaskan Baterai Laptop Anda Lalu Pasang Kembali

Laptop tidak mau hidup? Penyebab laptop mati total alias tidak mau hidup yang pertama bisa jadi baterai. Oleh karena itu Anda perlu memeriksa terlebih dahulu baterai laptop Anda. Cabut dan pasang kembali. 

Baca Juga : Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran di Laptop 

Beberapa laptop, laptop apapun jika sudah berusia di atas 5 tahun pasti sering mengalami hal seperti ini. Perlu Anda ketahui, usia rata-rata sebuah laptop adalah 5 tahun, bila digunakan secara normal. (Bisa lebih sedikit dan bisa lebih tergantung pemakaian)

Coba Nyalakan Laptop Dengan Atau Tanpa Baterai

Cara kedua untuk mengatasi laptop yang tidak mau hidup adalah dengan menyalakan laptop dengan charger terhubung dan tidak terhubung ke baterai. Cara ini bisa menjadi solusi jika baterai Anda ternyata benar-benar tidak bisa digunakan.

Baca Juga : 3 Cara Memanfaatkan Laptop atau Komputer Jadul

Saat baterai laptop rusak, biasanya laptop masih bisa menyala namun akan mati dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu. Kecuali baterai Anda sudah 100 persen rusak. Oleh karena itu, untuk menguji ada tidaknya kerusakan pada baterai, hidupkan laptop dengan memasangkan charger. Coba juga lepas baterai dan gunakan charger hanya untuk memenuhi kebutuhan daya laptop Anda.

Gunakan Adaptop Charger Yang Lain

Ada kalanya kerusakan ternyata ada pada charger (adaptor) laptop Anda, bukan pada laptopnya. Untuk mengeceknya, coba gunakan charger laptop lain yang mempunyai tipe konektor charger yang sama dengan laptop Anda.

Bersihkan Memori Atau RAM Laptop Anda

Jika laptop anda menyala (sepertinya ada proses booting) tapi tidak ada gambar di layar laptop, sehingga terlihat seperti layar blank (laptop tidak mau menyala), ada kemungkinan penyebabnya adalah anda RAM laptopnya. Biasanya hal ini terjadi karena RAM laptop kamu kotor. Kemungkinan selanjutnya, RAM Anda sudah rusak. Cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya adalah dengan membongkar lalu membersihkan memori/RAM dan atau menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga : Kenapa Laptop Boros Kuota Internet : Yuk, Kita Ketahui Alasannya!

Jika hanya ingin membersihkannya saja, solusi mengatasi laptop tidak mau hidup karena cukup membersihkan debu yang menempel dengan tisu. Selanjutnya anda bisa membersihkan bagian kuningan RAM menggunakan penghapus hingga RAM benar-benar dalam kondisi sangat bersih. Konektor RAM yang kotor juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Coba bersihkan dengan cara meniup konektor RAM laptop Anda.

Copot Seluruh USB Device, Card Reader, Kaset DVD, Dll, Yang Masih Menempel Di Laptop

Masalah laptop tidak mau hidup yang sering terjadi adalah karena masih ada USB drive, kaset di slot DVD, atau card reader yang terpasang di laptop. Kemudian, BIOS memprioritaskan boot pada perangkat ini, bukan pada penyimpanan internal (HDD). Solusinya, lepas semua USB drive dan card reader yang terpasang di laptop.

Lakukan Booting Pada Safe Mode

Jika laptop Anda masih bisa menyala sesaat di awal kemudian mati, coba tekan F8 sesaat setelah laptop Anda menyala di awal. Pilih boot dalam Safe Mode. Saat masuk Safe Mode, Anda bisa melakukan berbagai tindakan untuk mengatasi kenapa laptop tiba-tiba tidak mau hidup.

Demikian ulasan tentang Cara Mudah Mengatasi Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power semoga bermanfaat.