Layar Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Nyala : Ini Solusinya!

Inilah solusi apabila layar laptop mati tapi lampu indikator nyala. Semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca sekalian.

Layar Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Nyala - Saat lampu indikator laptop berkedip tapi layar tidak mau menyala, tentu kita akan panik. Apalagi saat kita ingin menggunakannya dalam situasi yang cukup tergesa-gesa, tentunya hal ini akan dapat mengganggu fokus kita karena masalah yang satu ini.

Baca Juga : Layar Laptop Tidak Muncul Menu di Windows 7, 8, 10 dan 11: Ini Solusinya!

 Pada dasarnya lampu indikator laptop yang berkedip bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah karena baterai habis. Namun bisa juga dipengaruhi oleh faktor lain yang lebih fatal jika dibiarkan seperti hardisk yang rusak, RAM, HDD, atau VGA yang rusak dan atau mungkin bisa juga disebabkan oleh Bios yang rusak.

Layar Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Nyala

Jadi jika Layar Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Nyala maka anda harus mencari tahu terlebih dahulu faktor apa saja yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi agar nantinya anda akan lebih mudah untuk mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Disini kami akan menjelaskan tentang Cara Mengatasi Layar laptop mati tapi lampu indikator nyala.

Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Lampu Indikator Nyala

Sebelumnya saya pernah berurusan dengan lampu indikator power laptop asus berkedip dan juga lampu indikator laptop acer berkedip tapi layar mati. Beberapa trik di bawah ini mungkin dapat membantu Anda tentang cara mengatasi layar laptop mati tetapi lampu indikator menyala.

1. Isi Daya Dan Nyalakan Lagi

Cara pertama ini bisa kamu lakukan jika laptop yang kamu gunakan saat dihidupkan layar tetap mati tapi ada lampu indikator yang berkedip-kedip. Jika Anda berhasil mencoba ini, sudah pasti laptop hanya kehabisan baterai, jadi Anda perlu mengisinya sebentar sebelum menggunakannya kembali.

Baca Juga : Layar Laptop Hitam Setelah Starting Windows : Penyebab dan Solusinya!

Bisa juga karena baterai laptop sudah drop sehingga tidak bisa menghemat daya baterai, jika itu terjadi anda bisa mencoba melepas baterai laptop kemudian mencharge dan mencoba untuk menyalakannya kembali. 

Hal ini saya gunakan sebagai jawaban di forum atas pertanyaan kenapa lampu power laptop lenovo berkedip, dimana pada laptop lenovo jika persentase baterai dibawah 20% maka lampu indikator pada tombol power akan otomatis berkedip.

2. Ganti RAM

Cara ini tentunya akan bekerja dengan baik jika laptop kamu sedang flashing tapi layar mati karena kerusakan RAM. Coba saja pinjam dulu RAM teman anda, lalu coba gunakan di laptop anda, jika ingin normal berarti terjadi kerusakan pada RAM laptop anda, solusinya anda bisa mengganti RAM dan menggunakan kapasitas RAM yang lebih besar dari sebelumnya.

3. Ganti VGA

Jika kerusakan ada pada VGA tentunya akan berpengaruh pada prosesor laptop juga, oleh karena itu hal ini akan sangat mempengaruhi kinerja laptop yang umumnya ditandai dengan laptop yang semakin lambat dan lama kelamaan akan blank sampai tidak tidak mau booting, sehingga hanya lampu indikator yang muncul. .

4. Ganti Hardisk

Jika penyebab masalah pada laptop tidak bisa hidup kali ini berasal dari hardisk yang mengalami bad sector atau bahkan sudah rusak total, maka mengganti hardisk adalah solusi yang perlu kita lakukan. Untuk hasil yang lebih optimal, akan lebih baik jika kita mengganti harddisk dengan kapasitas yang lebih besar, misalnya 1 Terra agar kinerja laptop menjadi lebih ringan.

Baca Juga : Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power : Ini Solusinya!

5. Gunakan SSD

Jika laptop anda bermasalah pada HDDnya, ada baiknya segera upgrade menggunakan SSD. Pada dasarnya SSD akan membuat kinerja laptop Anda jauh lebih ringan dari biasanya, sehingga kemungkinan terjadinya kerusakan serupa akan diminimalisir dengan menggunakan SSD.

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Nyala Dengan Mudah semoga bermanfaat.