Layar Laptop Tidak Muncul Menu di Windows 7, 8, 10 dan 11: Ini Solusinya!

Inilah solusi layar laptop tidak muncul menu di windows 7, 8, 10 dan 11. Semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca sekalian.

Layar Laptop Tidak Muncul Menu - Anda ingin menyalakan laptop, dan ketika Anda menekan tombol power laptop, Anda melihat lampu power muncul, kipas menyala, hard drive aktif tetapi tidak ada menu yang muncul di layar dan layar laptop menunjukkan layar kosong. Kasus ini banyak terjadi pada pengguna laptop. Disini kami akan menjelaskan tentang Cara Memperbaiki Layar Laptop Tidak Muncul Menu.

 

Layar Laptop Tidak Muncul Menu

Dalam hal ini, ada kemungkinan laptop Anda harus menyediakan catu daya yang tepat untuk semua bagian perangkat keras tetapi motherboard tidak bisa boot karena beberapa kegagalan perangkat keras atau bisa juga motherboard melakukan booting dengan benar tetapi tidak dapat menampilkan tampilan menu apa pun. hanya karena layar. laptopnya rusak.

Salah satu di atas bisa menjadi alasan yang mungkin dengan Laptop Anda dan untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan langkah demi langkah pemeriksaan Perangkat Keras laptop Anda untuk memperbaiki masalah di bawah ini. Jadi Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat mencoba memecahkan masalah " Layar laptop tidak muncul menu" di Laptop. Anda dapat mengikuti beberapa langkah sederhana yang telah saya cantumkan di bawah ini.

Baca Juga : Layar Laptop Hitam Setelah Starting Windows : Penyebab dan Solusinya!

Jika laptop Anda tidak menunjukkan tanda-tanda catu daya, itu berarti Anda memiliki masalah yang berbeda dengan laptop dan Anda dapat mencoba menggunakan adaptor daya yang berbeda atau membawa laptop Anda ke pusat layanan karena masalah ini akan lebih rumit bagi yang tidak berpengalaman.

Memperbaiki layar Laptop Tidak Menampilkan Menu

Ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memperbaiki laptop Anda. Dan, sekarang saya akan menunjukkan kepada Anda tiga langkah pemeriksaan ini untuk memecahkan masalah laptop Anda.

1. Langkah Pertama : Lakukan Pemeriksaan Display / Tampilan

Pertama, coba mulai pemeriksaan di layar karena terkadang masalahnya hanya karena tampilan layar rusak. Jika layar Anda mati atau motherboard rusak, Anda tidak akan pernah bisa menampilkan apa pun di layar. Untuk mengatasi masalah ini sendiri, Anda memerlukan layar eksternal untuk memeriksa apakah laptop Anda berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika Anda memiliki komputer desktop di rumah, Anda dapat meminjam monitor untuk sementara waktu sebagai layar kedua dari laptop Anda yang rusak. Anda juga bisa meminjam kabel VGA sebagai penghubung antara layar monitor dan laptop.

Baca Juga : Cara Memaksimalkan RAM Laptop dengan Cepat dan Stabil

Jika Anda dapat melihat layar boot di layar eksternal lain atau di monitor komputer, ini berarti Anda memiliki masalah dengan tampilan layar Anda, Anda harus menggantinya dengan yang baru untuk memperbaiki laptop Anda. Jika laptop Anda masih tidak menunjukkan apa pun di layar eksternal, itu berarti Anda tidak memiliki masalah dengan layar Anda, Anda dapat melanjutkan ke solusi berikutnya.

2. Pemeriksaan BIOS

Terkadang bios sistem dapat menyebabkan sistem berhenti bekerja karena suatu alasan dan bios perlu diatur ulang agar dapat berjalan dengan baik. Ini akan sepenuhnya mengatur ulang bios dan Anda sekarang dapat menjalankan laptop Anda seperti sebelumnya. Jika laptop Anda masih menampilkan layar kosong, Anda dapat melanjutkan ke solusi kami berikutnya di bawah ini untuk memperbaiki masalah ini.

3. Pemeriksaan RAM

Umumnya Ram bisa menjadi 90% penyebab masalah “Layar laptop tidak muncul menu” di Laptop. Jika ram Anda mati atau motherboard kotor, Anda tidak akan pernah bisa menampilkan apa pun di layar sampai Anda membersihkannya atau menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga : Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power : Ini Solusinya!

Jika Anda memiliki dua ram yang terpasang di laptop Anda, coba cabut salah satunya dan coba nyalakan komputer Anda. Jika komputer Anda masih tidak ada tampilan menu, maka coba keluarkan ram dari slot itu dan pasang ke slot lain. Jika komputer Anda masih tidak ada tampilan menu, coba lakukan langkah sebelumnya dengan ram Anda yang lain (berlawanan).

Demikian ulasan tentang Cara Memperbaiki Layar Laptop Tidak Muncul Menu semoga bermanfaat.