Layar Laptop Hitam Setelah Starting Windows : Penyebab dan Solusinya!

Ulasan ini mengenai layar laptop hitam setelah starting windows beserta penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk pembaca.

Penyebab Layar Laptop Hitam Setelah Starting Windows Dan Cara Pengujiannya - Layar Laptop Anda Tiba-tiba Tidak Muncul Tampilan Windows Dan Hanya Terlihat Kosong Hitam Saat Dihidupkan? Jangan panik, berikut kami berikan beberapa solusi yang bisa Anda coba. 

 

Layar Laptop Hitam Setelah Starting Windows

Masalah Layar Laptop Hitam Setelah Starting Windows bisa disebabkan oleh beberapa faktor, pertama karena masalah sistem operasi windows yang digunakan (windows 10/8/7), kedua karena masalah hardware yaitu layar monitor, graphics card, atau ic bios dan kekuasaan.

Baca Juga : Cara Memaksimalkan RAM Laptop dengan Cepat dan Stabil

Untuk mengatasi masalah Layar laptop hitam setelah starting windows harus dilakukan sesuai dengan apa sumber masalahnya. Oleh karena itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa penyebab dari masalah ini. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab Layar laptop hitam setelah starting windows yang mungkin terjadi pada laptop anda dan cara pengujiannya.

1. Windows Explorer Tidak Berjalan Pada Saat Startup

Penyebab pertama adalah Windows Explorer yang tidak berjalan saat startup sehingga menyebabkan layar menjadi hitam. Saat komputer dihidupkan, program Windows Explorer akan berjalan secara otomatis. Namun karena faktor tertentu, Windows Explorer menjadi tidak berjalan saat startup sehingga layar hanya menampilkan layar kosong seolah-olah sistem tidak berjalan.

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami masalah ini atau tidak, sangat mudah untuk memeriksanya. Pertama, nyalakan komputer seperti biasa dan tunggu hingga muncul layar blank hitam. Kemudian tekan CTRL+ALT+DEL pada keyboard.

Jika muncul menu Lock screen maka bisa dipastikan penyebab layar blank pada laptop anda karena Windows Explorer tidak berjalan. Ciri lainnya adalah meskipun tampilan layarnya berwarna hitam kosong, namun kursor tetap terlihat dan dapat digerakkan.

2. Display Tidak Terdeteksi

Penyebab kedua layar blank hitam adalah tampilan atau monitor yang tidak terdeteksi. Ini biasanya terjadi pada mereka yang menggunakan PC. Faktor seperti masalah pada port VGA/HDMI yang digunakan atau kabel dapat membuat monitor tidak mendeteksi sinyal dari PC sehingga tampilan menjadi blank

Baca Juga : Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power : Ini Solusinya!

Pada monitor biasanya akan muncul notifikasi yang bertuliskan “No Signal” atau semacamnya. Jika hal ini terjadi pada PC Anda, bisa dipastikan penyebabnya ada pada monitor, port, atau kabel yang digunakan.

3. Masalah Pada Graphics Driver

Driver grafis adalah program yang bertanggung jawab untuk mengontrol fungsionalitas kartu grafis pada laptop Anda. Sama seperti program lain pada umumnya, driver juga bisa mengalami masalah seperti file corrupt, masalah kompatibilitas, atau bahkan karena alasan tertentu driver grafis pada laptop terhapus.

Jika ini terjadi, kartu grafis yang bertugas memproses tampilan visual pada laptop tidak akan berfungsi dan berakhir di layar laptop menjadi hitam saat dihidupkan. Untuk mengetahui apakah ini adalah sumber masalah di komputer Anda, Anda dapat masuk ke Safe Mode. Jika pada safe mode tampilan layar normal, maka bisa diduga jika penyebab layar blank pada laptop anda adalah karena masalah pada driver grafis.

4. Kerusakan Pada Komponen

Penyebab selanjutnya kenapa laptop menampilkan layar hitam saat dihidupkan adalah karena kerusakan salah satu komponen yang berhubungan dengan monitor (power inverter, backlight CCFL, ic bios). 

Baca Juga : 3 Cara Memanfaatkan Laptop atau Komputer Jadul

Untuk mengetahui secara pasti komponen mana yang rusak, maka laptop harus dibongkar dan diperiksa teknisnya oleh tukang reparasi atau yang mengerti elektronik. Tetapi kami dapat melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan bahwa itu benar-benar perangkat keras yang rusak.

Demikian ulasan tentang Penyebab Layar Laptop Hitam Setelah Starting Windows Dan Cara Pengujiannya semoga bermanfaat.