Ini dia, Cara Bangun Bisnis Nasi Kotak Surabaya

Ini dia, Cara Bangun Bisnis Nasi Kotak Surabaya. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda, terutama Anda yang akan memulai terjun dalam berbisnis

Brodanni - Jika Anda merupakan pekerja dan ingin menambah penghasilan dengan cepat, bisnis adalah jawabannya. Keuntungan berbisnis ini pun sangat menggiurkan, Anda bisa meraup omzet awal hingga puluhan juta rupiah per bulannya. Nasi kotak surabaya adalah salah satu bisnis catering yang perlu Anda coba.


Nasi Kotak Surabaya

Baca Juga : Cara Menabung 2 Juta dalam Sebulan, Begini Langkahnya!

Namun, membangun bisnis nasi kotak surabaya juga perlu ada perencanaan yang matang. Anda harus memperhitungkan segala persiapan agar mendapat keuntungan sebesar-besarnya. Hal ini karena, potensi yang besar memiliki resiko yang besar pula. Berikut penjelasan yang perlu Anda ketahui sebelum membangun bisnis ini.

Keuntungan Bisnis Nasi Kotak Surabaya

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapat pada bisnis nasi kotak ini, yaitu :

1. Modal Kecil

Mengapa modal kecil? Karena Anda bisa mengawali bisnis nasi kotak surabaya ini di rumah Anda sendiri, yang mana biaya operasionalnya tidak besar, dan Anda tidak perlu menyewa tempat dengan memakan modal puluhan juta rupiah. Selain itu, bahan-bahan lauk-nya pun murah.

Baca Juga : Cara Menjadi Pengusaha Muda Sejak SMA : Pelajari Hal Ini!

Anggaplah Anda memiliki modal 5 juta, Anda bisa membuat lebih dari 300 box dengan biaya modal 1 kotak sebesar Rp 15 ribu. Dengan dana sekecil itu, pelanggan sudah mendapatkan lauk dan sayur sesuai dengan menu yang Anda tawarkan. Jika ingin lebih hemat, Anda bisa mengkreasikan 1 bahan utama menjadi banyak varian menu.

2. Untung Besar

Jika Anda baru memulai bisnis Nasi Kotak Surabaya dengan modal Rp 15 ribu/box, Anda bisa membuat minimal pemesanan 30 box pada calon pelanggan dengan harga sebesar Rp 20 ribu/box. Apabila terdapat 10 pelanggan setiap bulan, Anda bisa meraih target pencapaian 300 box/ bulan. Maka, Anda bisa mendapatkan omzet Rp 6 juta dengan mendapat 10 pelanggan/bulan.

Lalu, bagaimana jika Anda mendapatkan 10 pelanggan setiap hari? Tentunya jika dihitung-hitung keuntungan yang Anda dapatkan sangat besar, bukan? Apabila Anda ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi, Anda bisa memperbesar modal untuk menambah bahan baku. Anda juga bisa meningkatkan kualitas bahan baku supaya pelanggan tertarik sehingga Anda bisa menaikkan harga nasi kotak Anda.

3. Bahan Baku yang Mudah Didapat

Menu dalam nasi kotak surabaya juga sederhana dan layaknya makanan rumahan. Anda bisa mendapatkan bahan-bahannya di pasar tradisional terdekat maupun pasar swalayan. Tidak perlu jauh-jauh, dan harganya pun murah. Namun, jika Anda ingin membeli di tempat yang lebih murah, Anda bisa menuju pasar induk di kota Anda.

Macam-Macam Menu Varian yang Bisa Dibuat

Berikut inspirasi paket nasi kotak surabaya yang bisa Anda buat :

1. Nasi

  • Ayam kremes
  • Sambel
  • Sayur buncis
  • Tempe goreng
  • Kerupuk

2. Nasi

  • Urap
  • Telur balado
  • Tahu goreng
  • Kerupuk

3. Nasi (kuning)

  • Perkedel
  • Sambal teri
  • Telur balado
  • Kerupuk

4. Nasi

  • Ikan gurami asam manis
  • Mie goreng
  • Sayur buncis
  • Buah
  • Kerupuk

5. Nasi (kuning)

  • Ayam goreng
  • Telur balado
  • Tempe orek
  • Kerupuk

Jenis Bisnis Catering yang Bisa Dijalani

1. Catering Keseharian

Anda bisa menyediakan menu nasi kotak Anda menjadi menu makan keseharian. Catering jenis ini diperuntukkan pada Ibu Rumah Tangga yang tidak sempat memasak, dan membutuhkan cara praktis. Atau kepada orang-orang pekerja yang perlu membawa bekal ke kantor setiap harinya.

Baca Juga : Cara Mengatur Rak Toko untuk Mendatangkan Minat Pembeli

Selain itu, nasi kotak surabaya juga cenderung memiliki varian menu yang sederhana dan terdiri dari sayuran serta lauk-pauk. Hal ini dapat menjadi nilai yang bagus sebagai pilihan catering keseharian.

2. Catering Perkantoran

Catering jenis ini juga bisa Anda tawarkan ke beberapa perusahaan, pabrik, maupun toko-toko yang memiliki banyak karyawan. Nasi kotak buatan Anda bisa menjadi menu makan siang mereka dengan berbagai varian sayur dan lauk-pauk.

Anda bisa menawarkan menu prasmanan apabila sistem pembagian makan siang yang mereka inginkan dalam Bentuk prasmanan. Namun, terdapat menu prasmanan atau tidak, itu tergantung kesanggupan Anda.

3. Catering Acara

Catering jenis ini juga ada yang berbentuk prasmanan, ada pula yang berbentuk piringan. Anda bisa menawarkan bisnis  Anda dalam biaya satuan atau rantangan. Jenis catering ini terbilang paling menjanjikan, karena biasanya pelanggan akan memesan untuk lebih dari 100 orang.

Acara yang diselenggarakan pun beragam, seperti resepsi pernikahan, ulang tahun, dan khitanan. Namun, jenis catering ini, perlu adanya dekorasi pada makanan agar terlihat indah, unik, dan lezat.

4. Catering Travel

Catering ini diperuntukkan pada orang-orang yang sedang dalam perjalanan jauh. Biasanya disediakan oleh travel maupun perusahaan transportasi, seperti kereta api, kapal, pesawat, maupun bus antar kota atau provinsi.

Anda bisa bekerjasama pada perusahaan travel maupun perusahaan transportasi, dengan menawarkan makanan yang berkualitas dan sudah pasti segar. Karena untuk makanan Anda perlu tahan lama dalam perjalanan dan tidak mudah basi.

5. Catering Rumah Sakit

Catering jenis ini mengharuskan Anda untuk bisa beradaptasi dengan aturan rumah sakit. Hal itu karena gizi dalam makanan yang Anda sajikan harus sesuai standar ahli gizi yang sudah dikirim dari pihak rumah sakit.

Jika dilihat dari jenis ini, bisnis yang Anda miliki sulit untuk menyesuaikan. Hal itu karena makanan Surabaya yang khas, akan sulit diterima rumah sakit, namun Anda bisa menginovasikannya menjadi nasi kotak surabaya yang sehat dan rendak lemak.

Cara Memulai Bisnis

1. Strategi yang Tepat

Sebelum memulai bisnis ini, Anda perlu menganalisis dengan cermat kemauan calon pelanggan Anda. Anda juga perlu tahu, apa kelebihan dan kekurangan kompetitor Anda yang menyediakan catering nasi kotak surabaya juga, sehingga Anda mempunya nilai lebih dari segi konsep maupun kualitas.

2. Perbanyak Pengalaman Memasak

Tingkatkan pengalaman Anda dalam memasak, terutama masakan khas Surabaya. Sehingga Anda memiliki keunikkan sendiri dari segi citarasa maupun teknik memasak, hal itu dapat membantu bisnis Anda mempunyai pelanggan setia yang menyukai masakan Anda.

Selain itu, Anda dapat mengasah kemampuan Anda dalam memasak untuk porsi besar. Karena bisnis catering membutuhkan kecepatan dan ketelitian dalam memasak, Anda pun lebih tahu cara menghadapi masalah di dapur bisnis Anda.

3. Tentukan Supplier

Carilah supplier yang memiliki bahan baku berkualitas, sehingga sayur-sayuran maupun lauk-pauk yang akan Anda masak terjaga kesegarannya. Anda bisa mendapatkan supplier dengan bekerja sama di penjual pasar tradisional, yang lebih menguntungkannya lagi, apabila supplier Anda memiliki stok berkelanjutan dengan harga murah .

4. Menentukan Harga

Pastikan Anda menghitung modal yang Anda keluarkan dengan seksama, sehingga ketika Anda menentukan keuntungan dan harga nasi kotak Anda tidak membuat Anda rugi. Selain itu, harga yang Anda tentukan perlu disesuaikan dengan kemampuan calon pelanggan Anda, jangan sampai harga yang Anda tentukan terlalu besar di mata calon pelanggan.

5. Promosi

Jika semuanya sudah Anda lakukan, Anda bisa melakukan promosi bisnis Nasi Kotak Surabaya Anda ke teman-teman, keluarga, maupun kolega. Anda juga bisa memasarkannya melalui internet, seperti menyewa jasa pengiklan atau melakukan iklan sendiri di media sosial.

Peluang Bisnis Catering di Media Sosial

Berbisnis di media sosial adalah cara termudah agar bisnis Anda dipertemukan oleh banyak orang. Menurut data terkini, terdapat lebih dari 170 juta pengguna media sosial di Indonesia. Jumlah tersebut tercatat pada Januari 2021. Tak heran jika banyak pebisnis yang membuat akun media sosial karena hasil yang menggiurkan.

Dengan membuat akun bisnis dan konten yang menarik di media sosial, Anda dengan mudah mendapatkan pelanggan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Namun, jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat konten, Anda bisa menyewa jasa pembuat konten maupun fotografer agar tampilan akun bisnis Anda lebih professional.

Baca Juga : Cara Mengambil Untung Jualan Sayur : Ini Langkah Mudahnya!

Mengapa di media sosial? Media sosial adalah tempat berbagi cerita dan gambar. Orang-orang akan menyukai tampilan visual dari makanan Anda yang terlihat menarik dan lezat. Ditambah dengan keunikan nasi kotak surabaya yang Anda buat.

Potensi Besar Bisnis Online di Era Pandemi

Sejak pandemi COVID-19, semua kegiatan beralih secara online. Perkantoran pun mengembalikan karyawannya untuk bekerja di rumah hingga terkenal dengan istilah Work from Home (WFH). Selain itu, banyak orang yang mulai beralih belanja secara online untuk mengurangi kontak disamping toko dan restoran di dekat rumahnya tidak buka.

Tidak sedikit kemungkinan berbelanja online akan menjadi kebiasaan, meski pandemi ini berakhir. Disamping kepraktisannya, belanja online juga tidak mengharuskan pembeli untuk keluar rumah.

Termasuk dalam hal memesan catering secara online. Jika Anda memiliki situs atau akun bisnis media sosial untuk nasi kotak surabaya Anda saat ini, potensinya sangat besar, bukan? Anda bisa sesuaikan jenis catering untuk nasi kotak surabaya Anda, seperti yang dijelaskan sebelumnya.