Cara Mengatur Rak Toko untuk Mendatangkan Minat Pembeli

cara mengatur rak toko bisa dikategorikan sebagai hal kecil, tetapi bisa mendatangkan impresi positif kepada pembeli maupun calon pembeli

Cara mengatur rak toko - Bagi Anda yang sudah memiliki toko maupun berkeinginan membuka toko, ada beberapa detail kecil yang harus Anda cermati untuk bisa mendatangkan pembeli. Menata rak toko bisa di kategorikan sebagai hal kecil, tetapi bisa mendatangkan impresi positif kepada pembeli maupun calon pembeli apabila Anda menatanya dengan rapi sekaligus menarik. 

Untuk menyusun barang di toko tidak boleh asal-asalan dan jangan di campur -campur, karena pada dasarnya menyusun barang di toko itu membutuhkan trik maupun strategi tersendiri. Berikut ini akan kami ulas beberapa strategi mengenai cara mengatur rak toko maupun cara menata barang di toko untuk menarik minat pembeli agar belanja lebih banyak di toko Anda. 

Strategi Mengatur Rak Toko Ala Toserba

cara mengatur rak toko

Menyusun dan Mengelompokkan Barang Sesuai dengan Jenisnya

Gambarannya seperti ini, sebagai contoh rak toko yang paling ujung merupakan rak untuk meletakan bahan-bahan pembuat minuman. Tentunya di rak tersebut ada teh, kopi, susu dan  gula pasir. Dengan menyusun barang sesuai dengan pengelompokan dan jenisnya, akan mammu menarik minat pembeli dan akan mampu mengingatkan pembeli untuk membeli barang lebih banyak.

Ide Bisnis : Cara Mendirikan Bimbel Rumahan : Ini Urutannya

Ilustrasinya begini, misalnya si A datang ke toko kita berniat untuk membeli gula pasir. Sesampai di toko, dia langsung menuju ke tempat gula. Nah, pada saat si A ini akan mengambil gula ini, secara tidak langsung si A juga akan melihat teh, kopi dan susu. Karena si A ini sudah melihat teh, kopi dan susu tentunya si A akan kembali mengingat persediaan teh, kopi dan susu yang ada di rumahnya, apakah stoknya masih ada atau tinggal sedikit. 

Bisa dipastikan si A akan memutuskan untuk sekalian membeli salah satu dari ketiga barang atau malah mungkin mengambil ketiga barang tersebut selain gula, apabila stok yang ada di rumah si A tinggal sedikit atau sudah habis stoknya. 

Ide Bisnis : Cara Promosi Bimbel Rumahan : Ini Resepnya!

Dari ilustrasi di atas, penyusunan dan pengelompokan barang sesuai dengan jenisnya secara tidak langsung akan mampu mengingatkan pembeli, akan mampu menarik minat pembeli agar membeli banyak jenis barang dan berbelanja di toko Anda. 

Menyusun Barang di Bibir Rak atau Tepi Rak

Strategi ini berguna agar seolah-olah agar toko kita terihat penuh dan komplit. Caranya yaitu barang yang stoknya sedikit atau hampir habis karena Anda belum sempat berbelanja atau memperbanyak stoknya, di letakkan berderet dan jangan terlalu jauh dari bibir rak. Apabila anda meletakkan barang terlampau jauh atau terlalu dalam dari bibir rak, maka akan terkesan tidak rapi karena raknya akan kelihatan kosong.

Dengan menaruh barang yang stoknya sedikit atau hampir habis di bibir rak atau tepian rak secara berderet, maka di mata pembeli toko kita itu stoknya selalu ada dan selau terjaga, terlihat penuh dan komplit.

Ide Bisnis : Cara Jual Pulsa Online di Shopee : Begini untuk Memulainya

Meletakkan Barang Impulsif di Sekitar Meja Kasir

Barang impulsif merupakan barang yang berharga murah, ringan dan juga mudah di bawa. Permen, coklat, korek api, sosis dan parfum isi ulang merupakan contoh barang impulsif yang bisa diletakkan di meja kasir, atau yang berdekatan dengan meja kasir untuk meningkatkan penjualan. 

Biasanya ada pelanggan jika memiliki kembalian seribu atau dua ribu rupiah, akan lebih memilih kembalian berupa permen atau coklat saja. Begitu juga saat mengantri untuk membayar, pembeli biasanya akan melihat-lihat barang impulsif yang di letakkan di sekitaran meja kasir. Hal inilah yang bisa memicu dan juga mendorong untuk membeli barang secara spontan.

Demikian, semoga bermanfaat.