Cara Mengambil Untung Jualan Sayur : Ini Langkah Mudahnya!

Bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis jualan sayur mayur, inilah cara mengambil untung jualan sayur beserta langkah-langkahnya. Selamat mencoba

Indonesia adalah negara yang memiliki potensi besar dalam hasil pertaniannya. Di tanah yang dijuluki zamrud khatulistiwa ini, banyak hasil pertanian yang tumbuh subur dan panen seperti Sayur-sayuran.Sayuran seperti buah kol, sawi, bayam dan kangkung menjadi bahan favorit masyarakat dalam membuat hidangan.

Berbisnis di bidang ini pun dikatakan mudah dan minim resiko. Dikatakan mudah karena setiap orang dari lapisan masyarakat manapun, bisa berbisnis ini dengan mudah asal ada kemauan serta tekat, atau memiliki jiwa dalam berbisnis. Bisnis ini minim resiko, karena tiap individu baik itu di perkotaan ataupun di pedesaan, baik anak-anak maupun dewasa pasti gemar memakan sayur. Kandungan vitamin dan mineral didalamnya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tiap hari.

Menjalankan bisnis ini cukup mudah, bahkan ada seorang mahasiswa yang menjalankan usaha ini di tengah aktivitas akademiknya. Dari berjualan sayuran ia mendapat omzet puluhan juta rupiah dan bisa membayar kebutuhan kuliahnya. Menarik Bukan?

Untuk bisa sukses berbisnis jualan sayur, diperlukan kiat-kiat khusus untuk memaksimalkan profit dan meminimalisir pengeluaran.

Tahapan Berbisnis Sayuran yang Mendatangkan Profit

cara mengambil untung jualan sayur

Mulai dari skala kecil

Jika kita adalah pemain baru dalam menjual sayuran. Kita bisa memulainya dengan skala kecil dulu. Kenapa harus dimulai dari skala kecil terlebih dahulu? Hal ini dilakukan agar kita mengetahui market dan mengurangi resiko kerugian.

Jika dirasa sudah bisa mendatangkan profit yang konstan, kita memperluas skala usaha sayur. Besarnya modal yang dimiliki juga akan menentukan seberapa besar Bisnis sayuran yang ingin dibangun.

Baca Juga : Cara Jualan Sayur di Rumah : Tahapan dan Cara Memulainya

Poin plus dari berjualan sayuran adalah resiko kerugian yang minim serta mudah dijalankan. Karena pasti dibutuhkan sebagai bahan makanan, baik itu untuk dewasa maupun anak-anak sekalipun pasti gemar mengkonsumsi sayuran segar.

Pilihlah Supplier sayur yang berkualitas

Ini adalah steps yang penting dan tak boleh terlewat untuk memaksimalkan penjualan sayur. Terlebih ketika kita akan memulai bisnis ini. Pembeli sayur tentunya menginginkan kualitas sayuran yang bagus, terjaga kesegaran dan kebersihannya. Jika kita bisa memberikan pelayanan tersebut, angka penjualan berpeluang akan naik. Apabila angka penjualan sudah naik, cukup di pertahankan saja. Anda tinggal menghitung laba dari cara mengambil untung jualan sayur yang Anda tekuni.

Pilihlah supplier sayuran yang memang sudah terjamin mutunya. Supplier yang baik tentunya akan menyortir dan menjual sayuran yang layak jual.

Sebagai penjual sayur, kita juga harus rajin melakukan cek. Pisahkan sayuran yang busuk dengan yang masih segar. Agar kualitas sayuran bisa terjaga.

Maksimal Beragam metode penjualan

Larisnya penjualan sayur juga tergantung dengan cara kita menjualnya. Jika hanya menjual di satu tempat pasti untungnya tidak sebesar jika menjualnya diberbagai tempat. Maksimal penjualan sayur bisa dimulai dari membuka toko sayur dirumah sendiri untuk menarik tetangga.

Bisa juga dengan berjualan keliling menggunakan motor. Pasti banyak ibu rumah tangga yang senang bila membeli sayur tanpa harus repot-repot ke toko sayur.

Strategi jualan sayur dengan target milenial adalah dengan melakukan penjualan secara online dengan mendaftar marketplace.

Dan terakhir bila memang sudah mantap memilih jualan sayur sebagai profesi utama. Tidak ada salahnya menyewa tempat di pasar tradisional. Karena ditempat itu kita bisa mendapatkan konsumen yang lebih beragam.

Nah seperti itulah cara mengambil untung jualan sayur. Jangan meremehkan usaha ini karena sudah ada buktinya, orang bergelut di bidang ini dan berhasil meraih sukses secara material.