Cara Menjadi Pengusaha Muda Sejak SMA : Pelajari Hal Ini!

Kamu siswa SMA yang mau jadi pengusaha? Inilah cara menjadi pengusaha muda sejak SMA yang cocok untuk kamu pelajari dan terapkan. Selamat membaca

Cara Menjadi Pengusaha Muda Sejak SMA - Masa sekolah utamanya masa SMA adalah masa yang sangat penting untuk menentukan masa depan. Namun sayangnya masih sering ditemukan para pelajar ini tidak menggunakan waktunya dengan hal-hal positif. Berpacaran, merokok, tawuran dan hal buruk lainnya.

Padahal masa muda bisa dimanfaatkan untuk menyibukkan diri dengan aktivitas-aktivitas yang baik. Seperti belajar entrepreneurship. Belajar untuk menjadi pengusaha walau di usia muda. Alangkah bahagianya jika mempunyai penghasilan sendiri, mencukupi kebutuhan pribadi tanpa meminta orang tua. Syukur-syukur malah bisa membantu ekonomi orang tua.

Bagi teman yang kebetulan masih menjadi murid SMA dan ingin menjadi pengusaha harus memiliki mental entrepreneurship dan tahan banting ya. Tidak ada salahnya juga untuk menyimak dengan sungguh-sungguh ulasan di bawah ini.

Lakukan Ini untuk Menjadi Pengusaha Muda Sejak SMA

cara menjadi pengusaha muda sejak sma

Niat yang sungguh-sungguh

Segala sesuatu utamanya yang baik harus dibangun dari niat yang sungguh-sungguh. Termasuk saat memulai sebuah usaha. Meskipun kita masih bersekolah, tidak ada larangan untuk memulai bisnis. Usia SMA justru menjadi momen yang tepat untuk belajar jadi pengurus.

Niatkan dengan tekad bulat bahwa kita ingin mencari penghasilan sendiri, belajar mandiri dan mengurangi tanggungan orang tua.

Percaya diri

Banyak orang gagal berbisnis karena terlalu banyak berpikir dan malas action. Tidak percaya dengan apa yang dimiliki dan tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri. Padahal Tuhan sudah menitipkan talenta yang bisa dikembangkan. Tanpa di asah apalah ari talenta tersebut. Jika kita masih berusia SMA tidak usah malu saat berjualan ataupun berbisnis lainnya. Meskipun ada teman-teman yang mengejek anggap itu sebagai pelecut, penyemangat dalam usaha atau bisnis yang sedang kamu jalani. Berpikirlah secara positif, mungkin dengan diejek mental bisnis kamu makin tertempa.

Baca Juga : Syarat Menjadi Developer Perumahan yang Handal 

Tidak masalah misalnya kalau kita Berjualan kue, minuman kekinian atau alat tulis disekolah. Itu adalah bisnis yang halal dan bisa mendatangkan uang. Justru kita harus percaya diri karena sudah berani melangkah, yang belum tentu orang lain mau melakukan hal itu.

Cari Bisnis yang tepat

Untuk memulai usaha di usia SMA, kita harus jeli memilih bisnis tepat. Tepat dalam artian waktunya yang tidak mengganggu waktu belajar dan bisnis yang tidak mengeluarkan modal yang banyak. Kita boleh berbisnis tapi prioritas utama adalah pendidikan.

Ada beberapa bisnis yang cocok untuk pelajar SMA dan memiliki waktu yang fleksibel seperti Berjualan es, aneka kue, membuka jasa desain grafis dan sebagainya.

Modal juga harus diperhatikan, bagi yang modalnya minim bisa mencoba jadi dropshiper dulu, menawarkan barang dengan foto atau bisa juga tawarkan skill-skill yang kita kuasai.

Buat Daftar Prioritas

Karena membuka usaha itu butuh modal, kita perlu menyusun daftar prioritas. Catat apa saja yang harus dibeli dan atur pengeluaran secara optimal mungkin. Jika mendapat uang jajan dari orang tua jangan dipakai untuk keperluan yang tidak penting. Kita bisa menggunakan uang tersebut untuk tambahan modal.

Ikut Organisasi Entrepreneurship

Jika disekolah ada ekstra kurikuler yang berbau entrepreneurship, kita bisa bergabung di sana. Ada ilmu-ilmu yang bisa diambil, bahkan kita dipermudah mendapatkan relasi. Siapa tahu kita bisa bekerja sama dengan teman-teman di sana untuk membuat usaha.

Baca Juga : Rekomendasi Usaha Kecil Menengah untuk Pelajar 

Ikut organisasi entrepreneurship juga bermanfaat untuk melatih soft skill yang nantinya menjadi modal saat menjalani dunia usaha yang sesungguhnya.

Demikian ulasan singkat mengenai cara menjadi pengusaha muda sejak SMA. Semoga menginspirasi kamu yang ingin menjadi pengusaha ya. Semangat!