Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian Windows 10 : Mudah!

Inilah cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian windows 10 dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca.

Brodanni - Salah satu kerusakan laptop adalah pada keyboardnya, dan biasanya terjadi karna memang sudah lama ataupun karna hal lain. Tidak sedikit orang mengalami hal yang serupa tapi tidak jarang mereka langsung bawa si laptop ke tukang service. Postingan ini akan mengulas mengenai bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian windows 10. 

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian Windows 10

Salah satu gejala awal kerusakan keyboard laptop adalah dengan mengeluarkan suara beep secara terus menerus tanpa henti, bunyi beep tersebut muncul seperti tuts keyboard ditekan dalam waktu lama. Apabila keyboard di laptop Anda sudah memiliki ciri-ciri demikian  maka sudah bisa dipastikan keyboardnya mengalami kerusakan. 

Fungsi Keyboard di Laptop 

Keyboard pada laptop berfungsi untuk mengetik huruf, angka, kata-kata, kalimat yang akan kita muat di aplikasi Microsoft office atau aplikasi-aplikasi lain. Laptop atau notebook yang umurnya sudah cukup lama, biasanya pada keyboardnya sering terjadi masalah seperti satu atau lebih tombol keyboard error (tidak berfungsi), tombol keyboard tertukar hurufnya,dan semua tombol keyboard tidak berfungsi sama sekali.

Baca Juga : Cara Mematikan Laptop Asus dengan Keyboard

Sebenarnya ada banyak penyebab Tombol Keyboard tidak berfungsi dengan baik, seperti adanya kotoran pada bagian keyborad, usia keyboard yang udah tua, Fungsi FN yang tertukar. Untuk Memperbaiki Keyboard Laptop yang tidak berfungsi awali dengan troubleshooting masalah. Ada kalanya hanya tombol tertentu pada laptop yang tidak berfungsi, Beberapa tombol yang mogok bersamaan sementara yang lain masih baik, dan tombol Fungsi Fn yang tertukar.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian berserta ciri-cirinya dan juga bagaimana cara mengatasinya. Simak baik-baik ya. 

Baca Juga : Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop Windows 10 

1. Tombol Keyboard Eror atau Tidak Berfungsi

Apabila keyboard di laptop Anda tombolnya error pasti akan memiliki ciri-ciri seperti ini : 

  • Salah satu tombol keyboard tidak berfungsi
  • Tombol seperti tertekan terus.
  • Timbul bunyi beep yang panjang seperti tombol tertekan terus.
  • Biasanya pas mau menyalakan harus menekan salah satu huruf.

Apabila laptop Anda bermasalah dengan keyboard yang error, Anda bisa memperbaikinya dengan cara sebagai berikut : 

  1. Lepas semua sambungan energinya (charger dan baterai , kalau tidak di lepas bisa merusak komponen yang lain),
  2. Lepas keyboard dari laptopnya,
  3. Lepas semua tombol keyboard (hati-hati jangan sampai kaki-kakinya patah apalagi sampai hilang. kalau sobat pelupa mending foto dulu aja keyboardnya biar tidak lupa),
  4. Setelah semua lepas semprot dengan hair dryer secara merata. beri semprotan lebih pada tombol yang error.
  5. Setelah selesai pasang kembali Keyboard Laptop

Jika dengan Memperbaiki Keyboard Laptop seperti di atas dan belum berfungsi dengan baik, Anda bisa membersihkan debunya keyboard dengan kuas. 

2. Tombol keyboard Tertukar Huruf ( m, j, k, l, u, I, o dengan 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 )

Seringkali ketika selesai pakai keyboard eksternal, setelah keyboard kita cabut dan kita guna kan keyboard bawaan laptop ada yang berubah: ketika kita tekan tombol m, j, k, l, u, I, o yang muncul adalah angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6. Penyebab kondisi ini biasanya karena terjadi pertukaran tombol fungsi Fn,

Cara memperbaiki keyboard laptop pada fungsi tombol Fn yang terbalik dengan cara : 

  1. Tekan aja tombol Fn tahan dan jangan dilepas, lalu tekan tombol fungsi numeric.Tombol numeric ini kalau di laptop biasanya berada di deretan paling atas sejajar dengan tombol fungsi F1-F12, bertuliskan Insert dan NumLock,
  2. Setelah itu lepaskan kedua tombol tersebut. Sekarang coba tekan tombol u, kalau masih muncul angka 4 berarti belum berhasil, ulangi sekali lagi,
  3. Pada intinya fungsi tombol ini mirip tombol caps lock, ditekan sekali berubah menjadi huruf capital, ditekan lagi tombol capslock berubah kembali ke huruf kecil.

3. Tombol Keyboard Tidak Berfungsi sama Sekali

Ciri-ciri apabila keyboard laptop Anda tidak berfungsi sama sekali : 

  • Semua tombol tidak berfungsi sama sekali,
  • Bahkan lampu Num Lock dan Caps Lock tidak hidup,
  • Tombol keyboard macet-macetan/tidak normal,

Anda bisa lakukan cara-cara berikut ini untuk bisa memperbaikinya :

  1. Lakukan Langkah pada permasalahan nomor 1 hingga tuntas,
  2. Coba bersihkan dengan air/alkohol dan keringkan dulu hingga benar-benar kering,
  3. Perhatikan tombol USB keybord, ada kalanya tombol USB (colokan keyborad) tidak berfungsi dengan baik,
  4. Coba restart laptop Anda terlebih dahulu.

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian windows 10. Semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca semuanya.