Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop Windows 10

Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop Windows 10, di simak dengan seksama ya biar gak salah-salah lagi. Semoga bermanfaat untuk para pembaca

Brodanni.com - Screenshot adalah proses di mana kita mengambil tangkapan layar pada sebuah tampilan laptop untuk disimpan menjadi bentuk file gambar. Khususnya di laptop, kebanyakan pengguna mengambil tangkapan layar dengan menggunakan tombol Print Screen atau Prt Scr yang ada di keyboard. Masih banyak pengguna yang ternyata belum tahu bahwa mereka juga bisa mengambil screenshoot tanpa aplikasi dan langsung bisa melihat hasil print screen di laptop berupa file gambar yang langsung tersimpan di folder.

Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop Windows 10

Fitur screenshoot pada laptop sangat bermanfaat untuk kebutuhan tertentu seperti menyimpan dokumen online dalam bentuk image, menangkap gambar pada sebuah video dan lain sebagainya. Banyak pengguna yang merasa terbantu dengan adanya fitur print screen seperti ini. Apalagi bisa dilakukan dengan mudah. Hanya dengan menekan tombol keyboard, pengguna bisa melakukan screenshoot di laptop tanpa aplikasi kemudian langsung bisa melihat hasil print screen atau screenshoot tersebut di dalam folder penyimpanan.

Cara Mengambil Screenshoot atau Print Screen di Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi

Buat kamu yang masih awam, mungkin mengira bahwa mengambil screenshoot di laptop tanpa aplikasi akan dirasa sangat sulit. Padahal hal ini sangat mungkin dilakukan mengingat sistem operasi Windows sudah semakin canggih. Trik ini dapat kamu lakukan di berbagai versi entah itu pada Windows 10, Windows 8 dan juga Windows 7. Buat kamu yang butuh banget cara supaya bisa print screen dan langsung melihat hasilnya tanpa harus membuka aplikasi, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga : 3 Cara Memanfaatkan Laptop atau Komputer Jadul

Untuk melakukan screenshoot di laptop tanpa aplikasi dan kemudian melihat hasil print screen secara langsung, pertama kamu bisa menekan kombinasi tombol pada keyboard yakni Win + Prt Scr. Namun di beberapa jenis dan merk laptop, tombol Win ini menggunakan simbol jendela seperti ikon windows. Satu catatan lagi, apabila dengan menekan kombinasi tombol di atas beluk berhasil. Cobalah untuk menggunakan kombinasi tombol Win + Fn + Prt Scr secara bersamaan. Hal ini dilakukan karena beberapa jenis laptop memiliki fungsi tombol perintah yang berbeda ketika di tekan tombol Fn.

Jika sudah menekan kombinasi tombol pada keyboard seperti yang sudah dijelaskan di atas, setelah itu tunggu beberapa saat. Biasanya layar laptop akan sedikit agak meredup yang menandakan bahwa proses print screen sedang berlangsung. Namun ini hanya di jenis laptop tertentu saja. Yang jelas ada tanda loading beberapa detik pada kursor mouse yang berarti bahwa hasil screenshoot tersebut mulai disimpan di dalam folder.

Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop Windows 10 yang Sudah di Ambil

Setelah kamu melakukan proses dan berhasil mengambil screenshoot atau print screen di laptop tanpa aplikasi seperti yang sudah kamu baca di atas, sekarang saatnya melihat hasil print screen tersebut di folder penyimpanan yang sudah disediakan secara default oleh windows. Karena langsung tersimpan di folder, jadi kamu tidak perlu harus membuka aplikasi pengolah gambar terlebih dahulu seperti Adobe Photoshop atau Paint bawaan Windows.

Cara melihat hasil screenshot di laptop windows 10 maupun versi windows di bawahnya yang baru saja kamu ambil sebenarnya cukup mudah. Silahkan buka file explore kemudian buka alamat folder di C:\Users\(Nama User)\Pictures\Screenshots kemudian lihat hasil tangkapan layarnya dengan nama screenshoot.png berupa file image. Apabila kesulitan, maka kamu bisa gunakan cara yang lebih mudah untuk membuka folder hasil screenshoot tersebut. Caranya adalah seperti ini : 

  • Buka file explore (bisa tekan tombol Win + E).
  • Kemudian di tab sebelah kiri buka This PC.
  • Disitu kamu akan melihat banyak folder. Buka saja folder Pictures dengan logo gambar didepannya.
  • Jika sudah, sikahkan kamu cari dan buka folder dengan nama Screenshoots.
  • Didalam folder screenshoot kamu akan melihat file gambar hasil print screen dengan nama screenshoot.png

Penutup 

Itulah penjelasan mengenai cara melihat hasil screenshot di laptop windows 10 maupun versi windows  di bawahnya tanpa aplikasi dan melihat hasil print screen di laptop. Bagaimana menurutmu? Cukup mudah kan caranya. Asalkan kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, kemungkinan besar kamu akan berhasil. Apabila kamu masih gagal, cobalah melakukannya sekali lagi dengan lebih teliti. Semoga bermanfaat