Cara Mematikan Laptop Asus dengan Keyboard

Untuk Anda para pengguna laptop Asus, begini cara mematikan laptop Asus dengan keyboard yang cepat dan juga praktis. Selamat mencoba, semoga sukses

Brodanni - Anda ingin mematikan laptop Asus dengan lebih mudah? Selain melalui metode manual menggunakan start atau semacamnya, Anda juga bisa mematikan laptop ini melalui keyoard dengan menggunakan kombinasi tertentu. Cara mematikan Laptop Asus dengan keyboard pun cukup praktis.

Cara Mematikan Laptop Asus dengan Keyboard

Laptop Asus sendiri merupakan salah satu laptop yang memiliki kelebihan karena tangguh, ringan untuk dibawa, hingga sistem yang terus diperbarui. Sedangkan untuk mematikan laptop ini melalui kombinasi keyboard, ada beberapa metode yang bisa menjadi referensi. Simak infonya di bawah ini.

Menggunakan Kode dari CMD

Langkah-langkahnya adalah, tekan kombinasi tombol Windows+R atau masuk ke CMD/Run. Kemudian, masukkan kode shutdown –f –s –t 100. Arti angka 100 ini adalah jumlah detik jarak Anda jika ingin mematikan laptop secara otomatis. 

Anda dapat mengubah angka tersebut sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin mematikan laptop 1 jam dari sekarang maka ganti angka 100 dengan 3600. Di sini, 1 jam berarti 3600 detik. Jika ingin membatalkan, tekan kombinasi tombol Windows+R. Lalu, ketik shutdown –a.

Baca Juga : Cara Mematikan Laptop lewat Keyboard : Begini Triknya!

Setelah Anda berhasil mengetik perintah tersebut, maka akan muncul sebuah notifikasi di bagian taskbar berisi waktu kapan laptop akan mati secara otomatis. Selain itu, Anda juga dapat masuk ke menu Command Prompt (CMD). 

CMD adalah sebuah terminal yang bisa Anda masuki perintah-perintah Windows. Salah satu perintahnya adalah mematikan Windows itu sendiri. Dengan mengetik kode yang sama, maka laptop akan melakukan Shut Down secara langsung.

Menggunakan Kombinasi WIN+X

Pada umumnya, tombol Windows atau disingkat Win terletak di bagian pojok kiri bawah dan berdekatan dengan Alt dan Ctrl. Tombol Windows ini ditandai dengan 4 gambar kotak yang menyerupai jendela. 

Langkah-langkah mematikan laptop Asus dengan menggunakan tombol kombinasi ini adalah tekan tombol Windows dan X secara bersamaan. Kemudian, cari menu dengan pilihan Shutdown or sign out. Setelahnya, pilih dan tekan menu Shutdown untuk mematikan laptop. 

Menggunakan ALT+F4

Cara mematikan Laptop Asus dengan keyboard yang keempat adalah menggunakan ALT+F4. Sebelum Anda menggunakan 2 tombol kombinasi ini maka pastikan semua program dalam keadaan sudah tertutup dan disimpan. 

Jika tidak maka program-program yang terbuka tersebut akan ditutup secara paksa. Setelah memastikan semua program tersebut tertutup, tekan tombol ALT dan F4 secara bersamaan. 

Pada beberapa menu yang ada seperti Shutdown, Sleep, Restart pilih menu Shutdown. Cara ini dapat Anda lakukan di semua jenis Windows, mulai dari Windows XP hingga Windows 10. 

Menggunakan CTRL+ALT+DELETE

Selain kombinasi tersebut, Anda juga bisa menggunakan kombinasi lain. Langkah-langkahnya adalah, tekan dan tahan secara bersamaan kombinasi tombol Ctrl, Alt, dan Delete agar dapat masuk pada halaman pilihan. 

Pada umumnya, cara ini dilakukan ketika laptop atau komputer mengalami masalah seperti hang. Jika laptop mengalami kondisi hang yang parah, maka Anda harus sabar menunggu beberapa sesaat hingga halaman tersebut muncul. 

Baca Juga : 3 Cara Memanfaatkan Laptop atau Komputer Jadul 

Setelah halaman berhasil muncul, arahkan kursor ke bagian pojok kanan bawah yang ada tanda tombol power. Lalu, klik sampai nanti Anda menemukan menu untuk melakukan Shutdown pada laptop.

Ketika Laptop Asus Anda mengalami hang atau ingin mematikan secara otomatis dan cepat maka beberapa cara mematikan Laptop Asus dengan keyboard ini bisa menjadi alternatif. 

Anda dapat memilih yang dirasa mudah. Jika laptop dalam keadaan normal, menggunakan ALT F4 sangat direkomendasikan. Ini adalah metode yang paling banyak digunakan oleh para pengguna PC.