Mode Aman Samsung Tidak Bisa Hilang : Begini Solusinya!

Anda penakai smartphone Samsung dan sedang menghadapi masalah mode aman Samsung tidak bisa hilang? inilah solusinya mengenai safe mode di HP Anda!

Mode Aman Samsung Tidak Bisa Hilang - Apakah Anda pernah mengalami Safe Mode atau mode aman di smartphone Samsung? Jika pernah, pasti Anda bingung bagaimana caranya untuk keluar dari Safe Mode (Mode Aman) tersebut. Pada artikel kali ini kami akan membahas sedikit tentang Safe Mode pada smartphone android dan bagaimana cara untuk keluar dari mode tersebut.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Android Terbaru Rilis Tahun 2022

Jika Anda mengalami Safe Mode pada smartphone, semua aplikasi atau bahkan data Anda akan lenyap begitu saja. Hilangnya aplikasi atau data ini menandakan bahwa smartphone Anda sedang berada pada mode aman. 

Mode Aman Samsung Tidak Bisa Hilang

Tanda yang peling jelas terlihat adalah adanya tulisan "Safe Mode" di pojok kiri bawah layar di smartphone Anda. Kedua tanda tersebut sudah jelas menandakan smartphone Anda sedang berada dalam keadaan mode aman.

Cara Keluar dari Mode Aman di Smartphone Samsung

Seperti halnya sistem operasi Windows yang ada di komputer atau laptop, sistem operasi seperti android juga memiliki fitur Safe Mode. Safe Mode atau yang biasa disebut dengan mode aman ini tidak perlu diaktifkan dan akan otomatis menyala apabila smartphone Anda akan mendeteksi ada hal yang tidak beres di smartphone Anda.

Baca Juga : 4 Cara Screenshot di HP Oppo A54 yang Simpel dan Cepat

Memang, tidak semua smartphone saat ini memiliki fitur Auto Safe Mode (mode aman otomatis). Hanya beberapa ponsel lawas saja yang memiliki fitur ini. Smartphone seperti Samsung dan Xiaomi sepertinya masih memiliki fitur ini. Dimana fitur ini bisa membuat smartphone otomatis berada pada mode aman apabila mendeteksi ada yang tidak beres pada perangkat Anda.

Fungsi Mode Aman di Smartphone Android

Safe Mode berfungsi sebagai penanda apabila terdeteksi adanya Bug, aplikasi yang error, virus, atau hal lainnya yang mengganggu fungsi dan berbahaya untuk smartphone Anda. HP akan otomatis melakukan restart dan masuk ke mode aman apabila terdeteksi hal yang kami sebutkan tadi.

Semua aplikasi pihak ketiga yang Anda install lewat Play Store juga akan hilang. Tapi tenang saja, hilangnya aplikasi ini bukan berarti aplikasi tersebut terhapus. Melainkan sistem android hanya akan menyembunyikan saja karena dinilai membahayakan sistem.

Cara Keluar dari Safe Mode di Semua Android

Bagi Anda yang sedang mencari cara mengenai masalah mode aman samsung tidak bisa hilang, sebaiknya jangan panik. Ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan dan keluar dari Mode Aman di smartphone Anda.

Cara ini juga berlaku untuk semua merk dan tipe HP yang memiliki fitur Safe Mode tak terkecuali Samsung, Xiaomi, Honor, Huawei, Oppo, Vivo, Nubia, Realme, HTC, Sony, Fujitsu, dan merek-merek HP lainnya baik itu resmi maupun tidak resmi atau smartphone docomo. Ini dia cara untuk keluar dari Safe Mode/mode aman.

1. Restart Smartphone

Cara untuk keluar dari Safe Mode di HP android yang paling mudah adalah dengan cara menghidupkan ulang (Restart) smartphone Anda. Safe Mode akan otomatis hilang jika Anda mematikan dan menghidupkan kembali perangkat. Berikut cara Restart Smartphone:

  • Pertama tekan tombol power hingga muncul pemberitahuan.
  • Tekan "Hidupkan Ulang" untuk menghidupkan ulang. 
  • Tunggu hingga HP kembali menyala.

2. Lepas Pasang Baterai

Cara yang kedua adalah dengan melepas dan memasang kembali baterai smartphone. Jika HP Anda mempunyai baterai "Non Removable" jangan gunakan cara yang satu ini karena Anda harus membongkar bagian belakang smartphone.

Baca Juga : Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya 

Namun jika baterai smartphone Anda bisa dilepas Anda bisa mencoba cara yang satu ini untuk keluar dari Safe Mode. Pertama, lepas baterai smartphone Anda kemudian pasang dan hidupkan kembali.  Maka otomatis Safe Mode akan hilang dan smartphone Anda bisa kembali berfungsi normal.

Permasalahan mode aman samsung tidak bisa hilang pasti akan hilang dengan uraian cara di atas tadi. Semua aplikasi dan data yang hilang saat masuk ke Safe Mode akan otomatis kembali setelah keluar dari Safe Mode. Semoga bermanfaat.