Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya : Benarnya Gini!

HP Anda cepat panas? inilah ulasan mengenai penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya dengan benar. Semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca!

Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya - Smartphone android saat memang sudah menjadi primadona dalam dunia telekomunikasi, terlebih dalam sektor telepon genggam yang sudah banyak menggunakan Android. Namun ada hal penting yang terkadang belum bisa di mengerti oleh orang awam yaitu gejala panas pada HP Anda. 

Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Masalah HP panas itu merupakan hal yang wajar, melihat banyaknya kebutuhan yang sudah bisa didukung oleh smartphone ber-Os Robot hijau, bukan tidak mungkin gadget Anda akan cepat panas dan tidak nyaman bila kita menggunakannya. 

Baca Juga : Cara Menguatkan Jaringan WIFI di HP

Panas ini berasal dari baterai smartphone yang Anda gunakan, yang biasanya memanas ketika sobat melakukan aktivitas yang terus menerus seperti bermain game, mendengarkan lagu ataupun terkoneksi dengan Wifi secara simultan.

Faktor jaringan kartu GSM Anda juga sangat mempengaruhi, karena bila sinyal kurang bagus maka smartphone akan terus mencari sinyal dan akan menyedot daya baterai Anda.

8 Solusi untuk Mengatasi Panas pada Smartphone 

Ada beberapa penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya, apa saja? Yuk simak ulasan kami berikut ini :

1. Ganti Baterai

Baterai Anda mungkin sudah sering ngedrop dan mati mendadak  bisa dipastikan baterai rusak itulah penyebabnya

2. Jauhkan dari Panas

Smartphone Anda panas bukan hanya berasal dari HP itu sendiri, mungkin bisa jadi pengaruh dari luar seperti terkena terik matahari, menaruh di atas televisi atau mungkin juga menaruh  di samping kipas laptop yang mengeluarkan panas. Maka jauhkan gadget Anda dari pengaruh yang bisa menimbulkan panas.

3. Jangan Digunakan Ketika Sedang di Charge

Menggunakan HP saat di charge sangat berpotensi menyebabkan gadget Anda cepat panas. selain itu menggunakan smartphone ketika di cas akan menyebabkan kerja baterai menjadi meningkat dan mungkin bisa merusak baterai, seperti menggelembung, mungkin bisa juga menimbulkan ledakan.

4. Matikan Aplikasi dan Koneksi yang Menguras Baterai

Ada beberapa aplikasi yang mungkin bisa menguras daya baterai Anda karena aplikasi tersebut berjalan di belakang layar. Selain itu matikan koneksi yang tidak diperlukan seperti Bluetooth, Wifi,GPS,Infrared dan koneksi lainnya. 

Baca Juga : Aplikasi Percepat Jaringan Android Terbaik 2022

Sinyal juga memberikan dampak pada ketahanan baterai smartphone Anda. Jangan sering menggunakan lampu LED dengan jangka waktu yang lama, ini sangat menguras baterai dan membuat HP cepat panas

5. Cek Aplikasi yang Terinstall

Terkadang ada aplikasi yang membuat CPU bekerja terus menerus meski tidak digunakan, atau ada juga yang ternyata berjalan tidak normal dari yang seharusnya. ini tentu akan menyebabkan kerja baterai yang tidak normal dan akan menyebabkan panas. 

Cara mengatasinya dengan memantau aplikasi melalui task manager bawaan android ataupun aplikasi yang lainnya misalnya Watchdog yang akan membantu sobat melacak gejala ini pada Android.

6. Jangan Pasang Casing yang Ketat

Pada beberapa kasus ditemukan bahwa penggunaan casing tambahan dapat menyebabkan panas yang berlebih. Ini mungkin dikarenakan casing menjadi hambatan bagi ponsel untuk mencari sinyal. 

Selain casing bisa jadi  ketika ditaruh di tas, kotak penyimpanan ataupun yang lainnya. untuk mengatasinya cukup dengan buka casing dan ditaruh di tempat yang terbuka aga mendapatkan angin dari luar.

7. Jangan Overclock Ponsel

Overclocking  adalah salah satu cara untuk bisa meningkatkan kecepatan smartphone lebih dari kondisi standar, tapi itu akan menggunakan lebih banyak daya baterai dan panas tentu akan lebih cepat. Hanya menggunakan Set CPU untuk underclock ponsel jika sobat mengalami panas yang konstan

8.Istirahatkan Smartphone

Ini mungkin jalan terakhir bila semua cara di atas masih kendala dalam penurunan daya baterai yang signifikan. Cara terakhir adalah matikan handphone lepas casing dan lepas baterai dari perangkat. tunggu sampai benar-benar dingin dan bisa dipasang kembali bila kondisi baterai sudah dingin/normal.

Baca Juga : Cara Mudah Merawat Layar Sentuh Smartphone

Sebenarnya tips ini sangat mudah dilakukan agar bisa menghemat daya baterai dan bisa mengurangi panas pada smartphone Anda. Demikian ulasan kami mengenai penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.