Cara Mengaktifkan Bluetooth di TV Samsung dengan Cepat dan Aman

Punya TV Samsung dirumah? inilah cara mengaktifkan bluetooth di TV Samsung. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk Anda semuanya para pembaca.

Brodanni - Cara mengaktifkan Bluetooth di TV Samsung memiliki perbedaan setiap serinya. Adanya update sistem, penambahan fasilitas, atau tampilan baru adalah beberapa penyebab utama dari perbedaan tersebut. Simaklah penjelasan terkaitnya di bawah ini agar sinkronisasi bluetooth bisa dilakukan dengan benar.

Cara Mengaktifkan Bluetooth pada TV Samsung untuk Audio

Bluetooth pada TV  Samsung umumnya tersedia pada jenis smart TV. Salah satu bentuk aplikasi dari fitur tersebut yaitu output audio melalui speaker bluetooth atau soundbar. Ikuti langkah-langkah di bawah ini sesuai dengan TV pintar yang Anda miliki.

Pengaturan pada Smart TV Seri H 2014

Proses sinkronisasi bluetooth pada smart TV Samsung seri H 2014 terbilang sangat mudah dan sederhana. Sebelum menyambungkan koneksi, pastikan speaker yang digunakan adalah Samsung atau dari merk lain. Hal itu karena ada perbedaan dalam proses penyambungan.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di TV Samsung

Masuk ke menu pengaturan pada smart TV, kemudian pilih pada bagian pengaturan speaker. Apabila Anda menggunakan speaker merk Samsung, maka bisa memilih TV SoundConnect. Jika speaker bluetooth berasal dari merk lain, maka pilih pada menu TV SoundOutput.

Pengaturan pada Smart TV 2015 dengan Seri J

Apabila Anda mempunyai smart TV Samsung produksi tahun 2015 dengan seri J, maka langkah pertama adalah buka menu pengaturan. Lanjutkan dengan memilih bagian suara dan tekan pada bagian ‘pengaturan lanjut’ untuk masuk ke halaman berikutnya.

Baca Juga : Cara Menangkap Siaran TV Kabel dengan Antena Biasa

Pada halaman yang baru terbuka, pilih bagian ‘bluetooth audio’ jika Anda menggunakan speaker bluetooth selain Samsung. Pilihan ‘TV SoundConnect’ pada halaman yang sama adalah opsi untuk menyambungkan speaker merk Samsung, dengan catatan sudah dilengkapi fitur SoundConnect.

Pengaturan pada Smart TV K-Series 2016

Cara mengaktifkan Bluetooth di TV Samsung seri K produksi tahun 2016 juga berbeda dengan beberapa cara sebelumnya. Anda harus menyalakan bluetooth dari speaker terlebih dahulu, sehingga perangkat akan terdeteksi di smart TV nantinya.

Lanjutkan ke tahapan berikutnya dengan membuka menu pengaturan dan pilih di bagian ‘suara’. Geser ke bawah untuk menemukan ‘pengaturan tingkat lanjut’, lalu tekan di bagian ‘Speaker Nirkabel’ dan ‘Perangkat Audio Bluetooth’. Pilih nama perangkat Anda dan sambungkan dengan smart TV.

Pengaturan pada Smart TV 2017, model 2018 dan 2019 R, N dan M

Bagi pemilik smart TV Samsung seri R, N, dan M produksi tahun 2018 dan 2019, maka bisa membuka pengaturan sebagai langkah pertama. Pilih di bagian suara, lalu tekan pada menu ‘Output Suara’. Setelah itu, Anda pilih nama bluetooth sesuai dengan perangkat, lalu sambungkan.

Pengaturan pada Smart TV 2020-2021

Konfigurasi bluetooth pada smart TV Samsung produksi tahun 2020-2021 lebih rumit daripada produk sebelumnya. Adanya penambahan fitur dan perubahan tampilan antarmuka adalah salah satu penyebabnya.

Baca Juga : Cara Memakai NFC di Hp Samsung Semua Model

Masuk ke menu ‘sumber’ pada layar beranda. Setelah halaman terbuka, lanjutkan dengan menekan menu ‘panduan koneksi’. Pada bagian bawah Audio, tekan bagian Bluetooth dan OK. Tekan sekali lagi pada tombol ‘Set Up Now’, dan tunggu hingga perangkat terpasangkan.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Samsung TV untuk Keyboard, Mouse, dan Pengontrol

Bluetooth pada Smart TV Samsung juga bisa digunakan untuk koneksi keyboard, mouse, dan pengontrol nirkabel lainnya. Cara sinkronisasinya pun sangat mudah dilakukan. Masuk ke pengaturan bagian umum sebagai langkah pertama.

Baca Juga : Beberapa Kode Rahasia yang Ada di Smartphone Samsung

Cari menu ‘pengelola perangkat eksternal’, kemudian ‘pengelola perangkat input’. Cari nama perangkat mouse, keyboard, atau pengontrol lainnya. Setelah ditemukan, sambungkan keduanya dengan menekan tombol pasangkan.