Cara Memakai NFC di Hp Samsung Semua Model : Ini Tahapnya!

Itulah langkah-langkah cara memakai NFC di Hp Samsung semua model, pada dasarnya Anda harus mengaktifkan fitur NFC terlebih dahulu. Semoga bermanfaat

Brodanni.com - Sebagai vendor perangkat seluler terkenal seperti Samsung selalu membekali fitur Near-field communication (NFC) pada smartphone terbarunya. Namun, masih banyak yang tidak tahu cara mengaktifkan dan menggunakannya. Jika Anda tahu caranya dari awal, aktivitas kalian akan jadi lebih mudah.

Cara Memakai NFC di Hp Samsung Semua Model

Di era digital saat ini, smartphone sudah menjadi salah satu perangkat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kecanggihan dan fitur di dalamnya, bisa dibilang mampu membantu dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Baca Juga : 7 Penyebab HP Lemot dan Macet : Cukup 1 Menit Solusinya!

Berbagai macam teknologi telah disematkan Samsung ke ponsel keluaran terbarunya dan salah satu fitur yang populer saat ini adalah NFC. Oleh karenanya, Samsung menghadirkan berbagai smartphone dengan NFC agar pengguna semakin nyaman.

HP Samsung kalian dapat dihubungkan dengan perangkat lain untuk dapat saling berbagi informasi dengan lebih mudah. Bagi yang penasaran untuk cara menggunakan NFC di Hp Samsung dapat mengikuti panduan berikut.

Cara Menggunakan NFC HP Samsung

Walaupun NFC sendiri umumnya hanya disematkan di Hp flagship, masih ada pula beberapa ponsel Samsung mid-level yang sudah dibekali fitur ini.

Untuk memastikan Hp Samsung Anda support NFC bisa lihat di menu Pengaturan dan jika tersedia silahkan mengaktifkan seperti berikut.

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Setelah itu masuk ke menu Koneksi.
  3. Lalu ketuk opsi NFC kemudian silahkan aktifkan fitur tersebut.
  4. Sampai di sini otomatis fitur NFC di hp Samsung Anda telah aktif dan sudah bisa digunakan.
  5. Tempelkan kartu E-Money atau E-toll ke smartphone Samsung untuk cek saldo dan top up saldo.

Demikianlah cara menggunakan Fitur NFC Samsung, pada intinya Anda wajib untuk menghidupkan dahulu fiturnya selanjutnya lakukan pengaturan untuk menautkannya dengan saldo E-Money kita sebelum bisa digunakan. Pastikan untuk menggunakan fitur ini dengan jarak hp dan alat cukup dekat atau bahkan nyaris tertempell untuk bisa menggunakannya dengan sempurna. Sebaiknya non-aktifkan NFC saat tidak digunakan, ataupun di tempat umum untuk menghemat baterai dan menghindari kemungkinan risiko keamanan.

Fungsi NFC

Buat yang belum tahu, NFC kepanjangan dari Near Field Communication yang berfungsi untuk menghubungkan smartphone dengan perangkat lainnya secara mudah. Dengan fitur NFC, pengguna dapat mentransfer data, menandai lokasi tertentu, wireless charging, buka aplikasi secara otomatis, untuk melakukan pembayaran tanpa uang tunai menggunakan smartphone dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Transfer data

Salah satu fungsi dari NFC adalah dapat digunakan untuk melakukan transfer data dari smartphone lain tanpa menggunakan kabel USB, WIFI atau Bluetooth. Hampir semua format file dapat ditransfer menggunakan NFC, namun pastikan smartphone teman Anda juga mendukung NFC untuk mentransfer file.

Mendukung Pengisian Baterai

Beberapa smartphone Samsung sudah mendukung Wireless Charging, jika ponsel Anda sudah mendukung fitur ini, dapat digunakan untuk mengisi baterai. Umumnya ponsel flagship yang sudah support seperti Galaxy S20, S10 dan lain sebagainya.

Menandai Lokasi

Manfaat lain dari NFC adalah sudah mendukung fitur Location Based Service yang memungkinkan kita untuk menandai lokasi tertentu dengan menempelkan NFC. Fitur ini juga dapat digunakan untuk check in dan check out di suatu tempat. Salah satu contohnya pada gedung perkantoran yang menggunakan mesin absensi dengan fitur NFC.

Baca Juga : Cara Menguatkan Jaringan WIFI di HP : HP mu Makin Ngegas!

Pembayaran Tanpa Cash

Fitur NFC saat ini sudah terintegrasi dengan banyak layanan perbankan, sehingga dapat digunakan untuk membayar transaksi tanpa perlu bawa kartu debit atau kredit apalagi uang cash. Satu hal lagi, ketika bertransaksi menggunakan NFC, Anda harus berada sangat dekat dengan terminal pembayaran, yaitu sekitar 4 cm. Namun, ada beberapa aplikasi pembayaran NFC yang mewajibkan validasi dengan PIN atau sidik jari.

Cek dan Top Up Saldo E-Money

Selain itu, fitur ini juga memudahkan untuk mengecek maupun mengisi saldo kartu e-money. Pengguna cukup menempelkan kartu e-money pada bagian belakang smartphone lalu buka aplikasi pengecekan saldo e-money, seperti BRIZZI, Flazz BCA, BNI Tap Cash, MegaCash dan sebagainya.

Adapun mengisi e-money dengan NFC juga sama-sama mudah. Cukup tempelkan e-money ke bagian belakang smartphone dan buka aplikasi pengisian saldo e-money online seperti OVO, DANA, Jenius, GOPAY dan lainnya.

Itulah langkah-langkah cara memakai NFC di Hp Samsung semua model, pada dasarnya Anda harus mengaktifkan fitur NFC terlebih dahulu. Jangan lupa setelah digunakan untuk mematikannya kembali untuk menghemat penggunaan baterai atau mengurangi resiko keamanan.