Cara Menangkap Siaran TV Kabel dengan Antena Biasa : Ini Metodenya!

Mau menikmati tayangan TV kabel tapi yang kita punya hanya antena biasa? Mudah kok. Beberapa cara ini dapat dicoba dengan menggunakan antena biasa

Brodanni - Mau menikmati tayangan TV kabel tapi yang kita punya hanya antena biasa? Mudah kok. Beberapa cara ini dapat dicoba dengan mudah di rumah dengan menggunakan antena biasa dan tunner DVB-T2.

Cara Menangkap Siaran TV Kabel dengan Antena Biasa

Menonton siaran TV yang lengkap dan bening tentulah dambaan setiap orang. Namun, terkadang, untuk mendapatkan siaran yang lengkap perlu berlangganan TV kabel atau parabola, tentu hal ini dapat menguras kantong, bukan? Lalu, bagaimanakah cara menangkap siaran TV kabel dengan antena biasa? Mari kita simak step by step nya ya.

Tahapan Memakai Antena Biasa untuk Menagkap Siaran TV Kabel

Pertama-tama, pastikan TV Anda dapat menangkap sinyal DVB-T2. Hal ini disebabkan oleh banyaknya TV yang menggunakan tunner DVB-T. Tunner DVB-T tidak dapat menangkap sinyal hanya dengan antena UHF/VHF, sedangkan tunner DVB-T2 bisa walau hanya dengan antena UHF/VHF.

Baca Juga : 3 Cara Memanfaatkan Laptop atau Komputer Jadul

Bila TV Anda sudah dipastikan dapat menangkap sinyal DVB-T2, Anda harus memiliki set box DVB-T2. Set Box DVB-T2 berfungsi untuk menyambungkan dan membantu antena UHF/VHF dalam mengonversi sinyal TV digital supaya dapat ditayangkan di TV biasa. Set Box DVB-T2 ini sama seperti receiver siaran televisi yang berlangganan namun gratis tanpa biaya bulanan. Dalam paket set box DVB-T2 terdapat receiver box, kabel RF, remote dan baterai, kartu garansi dan buku manual.

Sebelum mencoba ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisa mendapatkan sinyal yang baik. Sebagai berikut :

  • Pastikan lokasi Anda masih mendapatkan sinyal digital dan tidak terhalang gedung tinggi. Tentu akan susah mendapatkan sinyal tv digital bila lokasi Anda jauh dari pemancar TV apalagi jika terhalang.
  • Gunakanlah antena UHF yang bagus dan dapat menangkap sinyal dengan baik.
  • Pakai  kabel antena coaxial yang memiliki kualitas bagus.
  • Pastikan antena pada posisi arah yang tepat.
  • Bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah kabel penghubung HDMI. 

Cara Pemasangan Set Box DVB-T2

Sebelum Anda memasang, baiknya siapkan alat-alat seperti di bawah ini 

  1. Sebuah receiver
  2. Kabel RF yang terdiri dari kabel berwarna kuning, merah, dan putih
  3. Remote berserta baterai
  4. Kabel dari antena UHF. Usahakan menggunakan antena luar UHF karena hasilnya akan lebih baik dibandingkan antena dalam.
  5. Sambungkan kabel RF dengan box receiver sesuai warnanya dan ujung yang lain dihubungkan dengan televisi. Perlu diketahui, kabel kuning untuk video, sedangkan kabel merah putih digunakan untuk audio.
  6. Sambungkan jack antena UHF ke box receiver
  7. Sambungkan kabel receiver dengan sumber listrik
  8. Hidupkan televisi, pilih  menu AV. Saat televisi menyala akan muncul pengaturan setting dan pencarian siaran secara otomatis. Pilih sesuai kebutuhan, setelah selesai tekan OK

Demikian ulasan mengenai Cara Menangkap Siaran TV kabel dengan Antena Biasa , semoga menginspirasi Anda untuk mencobanya di rumah. Semoga bermanfaat!