Cara Membuat Pembayaran Via Alfamart : Gini Metodenya!

Ragam transaksi di jaman serba online menyajikan beragam cara dalam membatar. Inilah cara membuat pembayaran via Alfamart dengan mudah dan cepat!

Brodanni - Alfamart merupakan salah satu gerai minimarket yang dapat dengan mudah Anda temui di mana saja. Selain berperan sebagai minimarket yang menjual beragam produk mulai dari makanan hingga produk kesehatan, Alfamart juga menyediakan cara membuat pembayaran via Alfamart untuk digital payment.

Cara Membuat Pembayaran Via Alfamart

Atas dasar  kemudahan pembayaran yang ditawarkan, serta beragamnya mitra, menjadikan Alfamart sebagai pilihan yang tepat bagi masyarakat yang ingin melakukan pembayaran digital dengan menggunakan uang tunai. Berikut panduan lengkapnya yang bisa Anda terapkan.

Alasan Membuat Pembayaran Via Alfamart

Tahukah Anda bahwa meninjau dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menunjukkan bahwa persentase masyarakat Indonesia yang memiliki rekening bank hanya sekitar 34,8% saja. Maknanya, sebagian besar masyarakat Indonesia tersebut masih belum memiliki rekening bank.

Baca Juga : Cara Belanja di Alfamart Pakai Shopeepay

Ketiadaan rekening bank ini tentu akan menghambat masyarakat untuk melakukan pembayaran digital di masa kini. Terlebih lagi proses jual-beli secara Online akhir-akhir ini telah banyak digandrungi.

Oleh karenanya, untuk memfasilitasi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank tersebut banyak penjual memberikan alternatif pembayaran lain melalui gerai Alfamart. Melalui pembayaran di Alfamart, masyarakat akan dibantu untuk melakukan pembayaran digital dengan hanya menggunakan uang tunai.

Dengan demikian, jika menerima atau membuat opsi pembayaran melalui Alfamart, maka jangkauan pelanggan Anda akan jauh lebih luas. Pelanggan Anda pun tidak hanya yang memiliki rekening bank pun dapat dengan mudah melakukan pembayaran secara tunai dengan praktis.

Baca Juga : Bayar di Alfamart Pakai Dana

Oleh karena itu, Anda dapat mendaftarkan diri sebagai mitra atau merchant Alfamart untuk dapat menerima pembayaran dari pelanggan melalui minimarket ini.

Cara Membuat Pembayaran Via Alfamart

Sebelum Anda menerapkan cara membuat pembayaran via Alfamart, maka buatlah terlebih dahulu pesanan. Atau dengan kata lain, Anda perlu membeli produk terlebih dahulu di merchant yang bermitra dengan Alfamart. 

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu adalah memilih produk yang ingin dibeli kemudian buat pesanannya. Selanjutnya, pilihlah metode pembayaran dengan menggunakan Alfamart. Caranya yakni hanya tinggal mengklik logo atau gambar bertuliskan Alfamart.

Setelah melakukan order, barulah Anda akan mendapatkan invoice atau tagihan belanja. Invoice atau tagihan belanja ini berisikan informasi mengenai sejumlah produk yang akan Anda beli di merchant yang bermitra dengan Alfamart.

Invoice juga berisikan total harga yang harus Anda bayarkan. Pastikan terlebih dahulu bahwa produk dan harga produk yang akan dipesan telah sesuai.

Baca Juga : Cara Isi Saldo Akulaku di Alfamart

Pada tagihan tersebut, biasanya akan terdapat kode unik yang disebut sebagai nomor pembayaran. Salin nomor pembayaran tersebut untuk diberikan kepada petugas kasir Alfamart pada saat pembayaran.

Setelah melakukan pembayaran tagihan, barulah Anda juga akan menerima invoice resmi yang menjelaskan bahwa transaksi telah berhasil dilakukan dan pesanan segera diproses.

Cara Membayar Tagihan di Gerai Alfamart

Setelah Anda mengetahui cara membuat pembayaran via Alfamart, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran tagihan tersebut di gerai Alfamart. Untuk tahapan-tahapannya pun cukup mudah.

Pertama, perhatikan total jumlah tagihan yang harus Anda bayarkan melalui gerai Alfamart. Kedua, siapkanlah uang tunai sejumlah harga yang harus dibayarkan di gerai Alfamart. Setelah itu, pergilah menuju gerai Alfamart terdekat untuk melakukan pembayaran.

Setelah sampai di Alfamart, datangilah petugas kasir dan sampaikan maksud Anda untuk membayar tagihan merchant mitra. Tunjukkan nomor pembayaran yang diperoleh sebelumnya kepada petugas kasir. Lakukanlah pembayaran sesuai nominal tagihan.

Pembayaran tagihan pun akan segera diproses. Tunggu hingga pembayaran berhasil atau telah selesai dilakukan, dan jangan lupa minta bukti transaksi pembayaran tagihan.