Cara Menambah Mbps Wifi dengan Cepat dan Mudah, Terbukti!

Inilah cara menambah mbps wifi. Cara ini bisa kamu coba, agar koneksi internet di rumah kamu makin kenceng. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semua

Brodanni - Mbps (Megabit per second) adalah kecepatan transfer data internet dari jaringan yang digunakan. Dalam berlangganan Wifi, biasanya Anda tentu memilih Mbps yang besar agar koneksi lebih lancar. Namun, jika masih kurang, berikut cara menambah Mbps Wifi agar internet bisa lebih cepat.

Cara Menambah Mbps Wifi

Beberapa Cara untuk Mempercepat Koneksi Wifi

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini agar Mbps Wifi Anda makin ngebut : 

Melakukan Reboot Router secara Berkala

Kecepatan jaringan Wifi juga dipengaruhi oleh Router yang digunakan secara terus menerus. Agar jaringan kembali stabil, Anda perlu melakukan reboot pada Router. Reboot atau menyalakan ulang Router dapat memperbaiki koneksi yang buruk dan menambah kecepatan Wifi Anda.

Menambah Mbps dengan Mengubah Frekuensi 

Jika Anda menggunakan jaringan Wifi dan tiba-tiba lelet, hal itu dapat diperbaiki dengan mengubah frekuensi dari 2.4 Ghz menjadi 5 Ghz. Frekuensi yang lebih banyak memungkinkan terhindar dari adanya gangguan sehingga Mbps jaringan dapat bertambah saat digunakan.

Baca Juga : Aplikasi Percepat Jaringan Android Terbaik 2022

Cara untuk mengubahnya yaitu dengan memilih pengaturan dan pilih setelan Wifi. Pada setelan Wifi, Anda perlu memilih Advanced Settings dan pilih Wifi Frequency Band untuk mengubahnya.

Mengubah Posisi Router dan Antena

Posisi router yang berada pada tempat yang tidak pas juga bisa menjadi penyebab jangkauan sinyal tidak stabil. Agar sinyal stabil, Anda perlu menempatkan Router pada posisi yang tidak terhalang dan dekat dengan posisi Anda. 

Baca Juga : Password Login Modem Indihome ZTE F670L

Jika mengalami kendala untuk menemukan posisi yang pas, Anda bisa mencoba aplikasi Wifi FDTD Solver. Aplikasi tersebut berfungsi untuk mencari spot bagus untuk penempatan Router.

Kendala kecepatan internet Wifi Anda menurun juga bisa disebabkan oleh posisi antena Router yang tidak pas. Jika Anda ingin menambah Mbps nya agar kembali stabil bisa dengan menempatkan antena dalam keadaan berdiri. Antena dalam keadaan berdiri bisa lebih efektif dalam memancarkan sinyal.

Menambah Kecepatan dengan Penguat Sinyal

Cara menambah Mbps Wifi juga dapat dilakukan dengan memasang penguat sinyal. Cara satu ini memang perlu mengeluarkan biaya untuk membeli alat penguat sinyal. 

Biaya yang perlu dikeluarkan yaitu sekitar 100 ribu rupiah. Alat penguat sinyal (Wifi Extender) yang dapat  Anda beli yaitu seperti Tp-Link dan Xiaomi.

Mengubah Pengaturan QoS

Cara ini dapat dilakukan bila Anda menggunakan laptop maupun PC dengan sistem operasi diatas Windows 8. Sistem operasi tersebut menerapkan alokasi bandwidth internet sebesar 80% dan sisanya untuk bandwidth windows update. 

Baca Juga : Cara Membatalkan Update Windows 10 yang Sedang Berjalan

Cara memperbaiki kecepatan internet di sini bisa dengan mengatur range pita internet Anda. Langkahnya yakni dengan menemukan Run pada Start dan tuliskan “gpedit.msc” Selanjutnya, Anda harus mencari Local Computer Policy dan memilih Computer Configuration dan pilih Administrative Templates.

Berikutnya, Anda akan menemukan QoS packet Scheduler dengan mengklik pada Network. Lalu, double click di Limit Reservable Bandwidth dan pilih Enable kemudian tuliskan 0 di bandwidth limit. Berikutnya. pilih Apply dan Restart laptop atau PC Anda.

Menyembunyikan Wifi dari Pengguna Lain

Menurunnya Mbps Wifi juga bisa disebabkan oleh banyaknya pengguna jaringan. Untuk membatasi penggunaan, Anda membuat password yang sulit ditebak.

Baca Juga : Cara Menguatkan Jaringan WIFI di HP : HP mu Makin Ngegas!

Selain dengan membuat sandi yang rumit, Anda juga bisa menyembunyikan Wifi dengan mengaktifkan Broadcast SSID. Cara ini akan membuat Wifi Anda tidak bisa ditemukan oleh pengguna lain. Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu mensetting pada pengaturan Wifi.

Itulah beberapa cara menambah Mbps Wifi agar dapat stabil kembali. Jika sudah menerapkan cara di atas dan jaringan internet Anda tetap tidak stabil, bisa saja kendala tersebut memang berasal dari pusat. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda menemukan solusi.