Belajar Beriklan Facebook Ads untuk Pemula : Simak Tutorialnya!

anda pemain baru dalam marketing? Inilah belajar beriklan facebook ads untuk pemula disertai dengan tahap demi tahapnya. Semoga berhasil

Belajar Beriklan Facebook Ads untuk Pemula : Simak Tutorialnya! - Facebook merupakan media sosial yang sangat populer, hampir seluruh masyarakat dunia memiliki akun Facebook, Selain sebagai alat telekomunikasi ternyata Facebook juga menjadi tempat kampanye para pebisnis untuk mempromosikan bisnis mereka, melalui aplikasi periklanan yang biasa kita sebut Facebook ads. 

belajar beriklan facebook ads untuk pemula

Wajar saja , jika Facebook membuat dengan banyaknya pengguna Facebook di dunia, kita bisa mempromosikan produk atau jasa kepada khalayak umum bahkan dunia. Namun, tak jarang banyak yang belum paham bagaimana cara Beriklan menggunakan Facebook ads.

Baca Juga : Menggabung Foto Online dengan Mudah dan Cepat, Cukup 2 Menit!

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar secara tuntas Tutorial beriklan menggunakan Facebook ads bagi pemula, artikel ini sangat cocok untuk kamu yang belum tahu banyak tentang Facebook ads, untuk itu jangan lupa untuk baca dan pahami step by stepnya. 

Apa itu Facebook ads?

Facebook ads merupakan media periklanan yang ditujukan kepada pengguna Facebook. Terdapat berbagai macam iklan yang disediakan oleh Facebook ads. Untuk penempatan iklan sendiri bisa di beranda atau sidebar. Fb ads memiliki banyak tujuan kategori mulai dari interaksi, tayangan video, traffic web dan lain sebagainya.

tutorial facebook ads untuk pemula

Penggunanya pun semakin meningkat hari demi hari, Facebook ads memiliki banyak keunggulan sebagai platform iklan yang andal untuk bisnis Anda. 

Struktur Facebook Ads

Mari kita sederhankan bahasa agar mudah memahami fungsi dan elemen yang ada di dalam ikaln Facebook ads

1. Campaign (Goal)

Campaign bertugas mengoptimasi iklan kepada sekelompok orang dengan kebiasaan tertentu.  Untuk tujuan beriklan, Apakah untuk memperbanyak share dan komentar? Atau untuk penjualan. Jadi tujuan kampanye bisa di tentukan sesuai keinginan pengiklan.

Champaign bisa di katakan otak dari mana iklan itu akan berjalan, karena Champaign adalah tujuan akhir ketika sebuah iklan dijalankan.

2. Adset (Targetting)

Setelah menentukan Champaign atau tujuan iklan Langkah kedua adalah menentukan Adset. Ketika kita sudah mempunyai sebuah produk hal yang dilakukan adalah menentukan Target.

Baca Juga : 10 Contoh Aplikasi Cloud Computing Tersimpel : Wajib Coba!

umur berapa, dan siapa yang akan membeli produk kita. Apakah orang tua, anak muda laki-laki atau perempuan. Dan di mana lokasinya

3. Ads (konten iklan)

Bagian akhir adalah menentukan Ads. Memilih konten iklan, website, copy writing, dan yang terakhir handle. Di dalam menentukan ads adalah menentukan iklan terbaik. Kata terbaik saja sudah menunjukan bahwa kamu harus membuat tampilan iklan semenarik dan sebaik mungkin. Karena bisa di katakan bahwa ads adalah ujung tombak untuk menarik audience agar membeli atau mengklik iklan ataupun tautan iklan. Setelah memahami isi dan penjelasan di atas sekarang kita akan membahas Kelebihan dari Facebook ads

Kelebihan Facebook ads

Setelah mengetahui banyak soal pengertian Facebook ads, sekarang kita akan membahas Kelebihan Facebook ads.

1. Pengguna aktif

Pengguna aktif bukan hanya banyak namun juga aktif, Facebook merupakan aplikasi yang sering digunakan oleh orang Indonesia setelah YouTube.

2. Grafik demografi

Grafik demografi adalah jumlah data pengguna Facebook baik. Menurut sumber data yang di terima 56% laki-laki dan 44% adalah wanita.

3. Target spesifik

Ditinjau dari pengguna aktif dan grafik demografi. Anda bisa menentukan target yang lebih spesifik, mulai dari lokasi, umur, jenis kelamin dan lain-lain.

4. Jangkauan Organik Facebook tidak cukup

Mungkin kamu sudah memiliki fanpage pada halaman Facebook? Sayangnya kini Facebook telah menetapkan sistem timeline non linear yang menyebabkan followers anda terlambat atau bahkan tidak bisa melihat promo atau penawaran yang kamu posting. Solusinya adalah Facebook ads. Facebook ads bukan hanya menjangkau orang-orang yang sudah memfollow mu namun juga orang luar sehingga mendapatkan followers baru.

Baca Juga : Aplikasi Recovery Data Flashdisk Gratis Terbaik

5. Remarketing

Tidak berbeda dengan google ads. Facebook ads juga menawarkan fitur remarketing. yang membuat audience tidak hanya melihat iklan pada Facebook. Namun, juga website dan aplikasi yang bekerjasama dengan Facebook. Sehingga akan mempertahankan buying intens target audience

6. Efektif untuk berbagai macam target marketing

Facebook ads menawarkan berbagai macam tujuan Marketing, mulai dari interaksi postingan, Traffic web dan lain-lain. Sehingga bisa di sesuaikan dengan bisnis yang sedang kamu jalani.

7. Biaya murah

Biaya beriklan menggunakan Facebook ads tergolong murah, mulai dari 25 ribu saja kamu bisa menjangkau lebih banyak audience.

Cara membuat halaman di Facebook

1. Buka Facebook 

Login menggunakan akun Facebook terdaftar.

2. Pilih kategori

Masukan Kategori, masukkan nama perusahaan, klik mulai.

3. Lengkapi informasi

Lengkapi alamat, dan nomor telepon Anda. Namun, jika Anda tidak ingin mengisi, Anda bisa melewati.

4. Unggah foto profil

Masukan foto profil agar mudah dikenal oleh banyak orang

5. Selesai

Halaman sudah berhasil di buat

Cara membuat iklan Facebook ads

Setelah berhasil membuat halaman Facebook kini saatnya Anda bisa membuat iklan Facebook ads.

1. Buka aplikasi Facebook ads

Masuk menggunakan akun Facebook yang sudah terdaftar

2. Buat iklan

Otomatis akan di arahkan ke menu 

Tujuan Marketing Facebook Ads

1. Interaksi postingan

Interaksi sosial di tujukan untuk menarik lebih banyak orang untuk melihat dan berinteraksi dengan postingan atau halaman Facebook. Jika kamu memilih interaksi sosial, maka kamu bisa membuat Iklan dengan tujuan:

  • Mempromosikan Postingan. Mempromosikan Postingan memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak orang yang tertarik dengan halaman atau bisnis Anda.
  • Mempromosikan Halaman(sukai halaman). Tujuan dari iklan ini hanya untuk menjangkau orang-orang untuk menyukai halaman, dengan kata lain iklan ini ditujukan agar banyak orang tertarik dengan halaman atau bisnis Anda.
  • Meningkatkan jumlah Pengunjung di halaman(iklan acara). Bisa di katakan ini bertujuan menghadirkan sejumlah orang melalui acara baik tatap muka ataupun virtual dan mempromosikan bisnis Anda ke khalayak umum

2. Tayangan video

Dengan iklan video Anda bisa menampilkan produk, layanan, dan juga merk. Sehingga anda akan mendapatkan tiga keuntungan :

  • Promosikan nama produk, layanan dan merek. Hal dilirik masyarakat selain harga barang adalah seberapa terkenalnya nama branded tersebut . ini menunjukkan bahwa semakin banyak kita beriklan menggunakan video maka semakin banyak orang yang mengetahui produk atau bisnis yang kamu sedang jalani
  • Mendapatkan perhatian. Iklan video lebih banyak mendapatkan perhatian khusus, pasalnya iklan hanya sekali klik saja tanpa perlu membaca kamu sudah mendapatkan informasi tentang produk.
  • Meyakinkan pembeli. Setiap pengiklan harus jujur dalam menyampaikan barang atau bisnis yang di promosikan. Namun, ada trik dan cara khusus untuk menarik perhatian pembeli yaitu meyakinkan bahwa produk tersebut benar-benar bagus dan bergaransi.

3. Traffic situs web

Trafik situs web bertujuan untuk mengajak orang mengklik situs web atau aplikasi.

Iklan

  1. mengarahkan orang untuk mengunjungi situs web, panggilan telepon, atau mesengger(klik situs web) 
  2. mengarahkan orang untuk mengunjungi aplikasi seluler atau desktop(interaksi aplikasi)

Tujuan Traffic

memilih tempat yang diinginkan sebagai tujuan traffic: Aplikasi,situs web,mesengger, atau WhatsApp

4. Jangkauan

Tujuan dari jangkauan adalah memaksimalkan berapa orang yang melihat iklan dan seberapa sering orang yang melihat iklan. Jangkauan cocok digunakan untuk membangun sebuah brand. tujuannya hanya menampilkan iklan sebanyak mungkin. dengan begitu, maka kamu bisa memaksimalkan jangkauan dan impresi pada saat Melakukan kampanye. Lebih enaknya lagi, kamu bisa mengontrol frekuensi berapa banyak orang sering melihat iklan.

5. Pesan

Mengajak audience untuk mengirim pesan kepada bisnis Anda. Bisa melalui messenger maupun WhatsApp

6. Suka halaman

Mengajak audience untuk  menyukai dan mem follow akun Facebook anda

7. Tanggapan acara

Mengajak audience untuk menanggapi dan tertarik untuk hadir dalam acara Facebook anda.

8. Klik salah satu tujuan iklan

Pilih tujuan iklan di atas, sesuai bidang bisnis masing-masing.

9. Isi tujuan iklan

Mengisi semua yang ada di dalam tujuan market

 dimulai dari:

1. Gambar

Gambar yang dipilih akan di tampilkan di halaman Facebook yang akan di promosikan

2. Judul

Masukan judul postingan contoh seperti di gambar

3. Teks utama

Teks utama Sangat penting sehingga wajib di isi semenarik mungkin.

Orang tidak akan mengklik iklan tanpa adanya judul yang menarik.

4. Masukan situs web

Masukan situs web Anda yang akan du promosikan. misalnya, kamu ingin menjual barang dagangan. Maka masukan alamat toko barang yang sudah kamu buat melalui website atau akun e-commerce.

5. Masukan akun Instagram

Hubungkan akun Facebook dengan Instagram

6. Pilih Pemirsa

Pilih audience mulai dari :

Lokasi ,Umur dan jenis kelamin.

7. Pilih anggaran

  • Kami bisa memilih anggaran mulai dari harian atau selama masa promosi.
  • Setelah itu tentukan berapa uang yang akan kamu bayar untuk promosi

8. Jadwal

Dengan mengaktifkan mode jadwal secara otomatis iklan akan berjalan secara terus-menerus . Budget yang di bayar pun dikalikan dari total harga yang kamu anggaran sebelumnya. Misalnya, kamu menganggar 50.000 maka total anggaran kamu di kali jumlah hari selama kamu mengaktifkan mode jadwal. Jika kamu anggap ini akan menguras kantongmu. Kamu juga bisa menonaktifkan mode jadwal otomatis. dan memilih berapa hari iklan tersebut akan di promosikan.

Baca Juga : Cara Menghapus Data Game di Android dengan Aman dan Cepat

9. Pembayaran

Setelah semuanya siap. Silahkan bisa melakukan pembayaran. Agar bisnismu langsung di tayangkan ke tujuan yang sudah kamu cantumkan sebelumnya.

10. Selesai

Iklanmu sudah berhasil di tayangkan

Demikian tutorial lengkap belajar beriklan facebook ads untuk pemula, semoga bisa membawa inspirasi untuk Anda. Selamat mencoba.