10 Contoh Aplikasi Cloud Computing Tersimpel : Wajib Coba!

Anda sedang mencari informasi mengenai cloud computing? inilah 10 contoh aplikasi cloud computing tersimpel yang wajib Anda coba. Selamat membaca!

10 Contoh Aplikasi Cloud Computing - Computing merupakan perpaduan antara pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (cloud) yang berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer yang terhubung dalam waktu yang bersamaan, namun tidak semua yang terhubung. melalui internet menggunakan komputasi awan.

10 Contoh Aplikasi Cloud Computing Tersimpel yang Harus Anda Coba

10 contoh aplikasi cloud computing


1. Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan online milik Google yang termasuk contoh Aplikasi Cloud Computing. Google Drive diluncurkan pada 24 April 2012. Google Drive memberi setiap pengguna kapasitas penyimpanan sebesar 5GB. Kapasitas ini dapat ditambahkan dengan melakukan pembayaran atau membeli Storage. Penyimpanan file di Google Drive dapat memudahkan pemilik file untuk mengakses file tersebut kapan saja dan di mana saja menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet atau smartphone.

Baca Juga : Cara Menghapus Data Game di Android

2. Windows Azure

Windows Azure yang mendukung berbagai bahasa dan alat pemrograman. Sistem operasi ini dirilis pada 1 Februari 2010.

3. Yahoo.com

Cara kerja Cloud Computing di yahoo adalah data di server terintegrasi secara global tanpa harus mendownload software untuk menggunakannya. 

4. SaaS (Perangkat Lunak sebagai Layanan)

Sesuai dengan namanya, layanan cloud computing ini disediakan dalam bentuk software. Contohnya adalah Google Docs and Sheets dan Adobe Creative Cloud. Hal-hal ini termasuk dalam layanan yang disediakan oleh Perangkat Lunak sebagai penyedia Layanan. Penyedia layanan juga akan menjamin ketersediaan dan keandalan aplikasi mereka. Dengan begitu, Anda bisa fokus memaksimalkan penggunaan aplikasi.

5. PaaS (Platform sebagai Layanan)

Jenis layanan cloud computing ini hadir dalam bentuk platform yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi. Contoh penyedia PaaS ini adalah IBM Bluemix. Dalam layanan ini, Anda dapat membuat aplikasi sendiri dengan berbagai fitur yang sudah tersedia. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang platform ini, Anda bisa membaca artikel selanjutnya di situs kami.

Baca Juga : Cara Memindahkan Game dari HP ke Laptop

6. IaaS (Infrastruktur sebagai Layanan)

Sederhananya, ketika Anda menggunakan IaaS, Anda sebenarnya menyewa komputer virtual kosong. IaaS ini sangat membantu kita untuk mencari layanan dan fitur – fitur infrastruktur.

7. Dropbox

Dropbox adalah platform online yang menyediakan penyimpanan data profesional dan fitur berbagi file dengan lebih dari 400 juta pengguna aktif, 200 ribu di antaranya adalah bisnis.  Dropbox ini merupakan fitur yang paling banyak orang gunakan sebagai dunia pembisnisan. Jika Anda memiliki usaha bisnis, bisa Anda coba menggunakan fitur ini.

8. Adobe Creative Cloud

Layanan ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh Adobe Inc., adobe creative cloud menyediakan fitur untuk mengakses berbagai program khusus untuk desain grafis, fotografi, pengembangan web, pengeditan video seperti Photoshop, Adobe Premier, After Effects dan banyak lagi.

9. Slack

Slack merupakan platform berbasis cloud yang menyediakan layanan untuk berkomunikasi antar tim. Anda bisa menggunakan Slack sendiri secara gratis atau berbayar sesuai dengan paket berlangganan yang Anda pilih. Slack ini sangat bagus untuk Anda gunakan. Anda bisa mengunjungi artikel ini untuk informasi selengkapnya seputar slack.

Baca Juga : Cara Melihat Gaji Youtube Kita

10. Google Suite

Layanan ini mencakup Spreadsheet, Hangouts, Google Documents, Google+, dan berbagai alat digital lainnya. Aplikasi paling populer di G suite adalah Gmail, yang merupakan layanan email gratis Google. Gmail sendiri memiliki banyak pengguna aktif bulanan hingga lebih dari 1 miliar di tahun 2016 dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang 10 Aplikasi Cloud Computing, semoga bermanfaat.