6 Widget yang Wajib di Pasang di Blog : Ini Macamnya!

Sebelum membahas tentang widget yang wajib untuk di pasang diblog Alangkah baiknya kita mengetahui dahulu apa sebenarnya widget itu sendiri

Brodanni - Apa itu Widget? Mungkin pertanyaan itu bagi yang masih pemula seperti saya, bagi seorang blogger yang sudah profesional pasti sangat paham tentunya. 

Dalam memilih widget yang tepat untuk dipasang di blog mungkin terkadang masih bingung  bagi sebagian blogger terutama pemula.

6 Widget yang Wajib di Pasang di Blog

Widget yang mana yang harus dipilih dan dipasang diblog. Apalagi jika  anda ingin mendaftarkan blog-nya ke Google AdSense, sehingga bisa di terima.dan bisa dipasang iklan.

Sebelum membahas tentang widget yang wajib untuk di pasang diblog Alangkah baiknya kita mengetahui dahulu apa sebenarnya widget itu sendiri dan apa manfaat serta gunanya, bila dipasang di blog.

Baca Juga : Aplikasi E-Wallet Terbaik di Indonesia : Ini 5 Besarnya!

Widget merupakan suatu fitur  atau elemen yang menarik dan disediakan untuk ditampilkan di halaman blog bisa juga disebut dengan gadget atau konten aplikasi tertentu yang dapat dipindah-pindahkan posisinya, dan pada umumnya menggunakan kode HTML, javascript, flash yang digunakan sebagai alat penunjang pada blog untuk memudahkan dalam navigasi.

Di dalam blogger  sendiri sebagai platfrom blog memang telah disediakan berbagai macam widget yang bisa Anda gunakan dan pilih seperti Labels, Popular Post, Archive, Halaman dan lain sebagainya.

Fungsi  Widget

Widget juga memiliki fungsi yang sangat beragam sesuai dengan kegunan widget yang dipilih. Secara umum fungsi utama dari  widget ini adalah untuk memudahkan dalam navigasi blog agar pengunjung mudah dalam mencari dan menelusuri konten yang ada di dalam blog. Fungsi dari setiap widget juga berbeda-beda. 

Sebagai contoh jika Anda ingin menampilkan informasi mengenai artikel-artikel yang populer di blog, Anda bisa memasang widget Popular Post. Anda ingin menampilkan beberapa kategori blog Anda, cukup pasang widget label dan lain sebagainya.

Baca Juga : 7 Alasan Aplikasi Editing Foto dan Video Mobile Lebih Disukai

Karena begitu banyaknya widget yang tersedia terkadang membuat kita bingung untuk memilih yang tepat, karena terlalu banyak widget yang di pasang diblog juga tidak baik untuk performa blog itu sendiri.  Setidaknya pertimbangkan widget apa saja yang akan Anda pasang. 

Di bawah ini. Beberapa Widget yang wajib untuk ada pada tampilan blog agar diterima oleh Google AdSense 

1. Widget blog  archive 

Gedget  blog archive merupakan suatu kumpulan konten-konten berdasarkan jumlah artikel dan kapan artikel dibuat dan di terbitkan yang tersimpan didalam sebuah blog secara sistematis. 

Widget ini sangat penting untuk dipasang karena akan memudahkan pengunjung blog untuk menjelajahi dan menemukan konten-konten yang pernah Anda buat sebelumnya. 

Sangat disarankan karena akan memudahkan pengunjung untuk menemukan  arsip artikel yang telah diterbitkan atau di publikasikan, berkat widget ini maka semua artikel yang Anda  buat akan tersaji secara sistematis.

2. Widget Labels

Widget labels yang sering dipasang sebagai kategori sangat penting dan berguna untuk mengelompokkan artikel-artikel sesuai kategori yang Anda buat. 

Dengan memasang widget label pada blog akan membantu pengunjung untuk menjelajahi artikel-artikel yang sudah diterbitkan hanya dengan memilih kategori yang diinginkan-nya.

3. Widget Popular post 

Widget ini juga tidak kalah pentingnya untuk dipasang, Karena dengan memasang widget Popular Post pengunjung blog akan  mengetahui apa saja artikel blog Anda yang paling sering dikunjungi. 

Akan menambah page view karena pengunjung dapat tertarik untuk membaca artikel-artikel yang disajikan paling top di blog Anda.

4. Widget Recent Post

Kalau untuk popular post akan menampilkan artikel yang paling sering dikunjungi visitor/paling disukai pengunjung, maka recent post ini akan menampilkan artikel-artikel yang terbaru yang ada pada blog. 

Meski pun pada home page sudah dimunculkan artikel yang terbaru, untuk widget ini artikel akan muncul di bawah postingan yang sedang di sajikan sangat penting untuk  dipasang di blog.

Hanya saja untuk pemasangannya cukup pada halaman postingan saja tidak perlu dipasang di homepage. Selain di homepage sudah menampilkan artikel terbaru Anda, hal ini juga untuk mempercepat loading blog Anda. Kalau Anda menggunakan widget default Blogger, Anda bisa pilih widget Feed untuk memasang recent post ini.

5. Widget Laman

Kalau ketiga widget di atas biasanya diletakkan di bagian sidebar blog, maka widget laman biasanya ditempatkan di bawah header. Laman atau sering disebut dengan Menu ini biasanya terdiri dari About, Contact, Privacy dan Sitemap. 

Baca Juga : Istilah dalam Game FPS yang Harus Kamu Ketahui

Dengan adanya widget laman ini akan meningkatkan kredibilitas blog Anda dimata pengunjung dan mesin pencari karena blog Anda dianggap blog yang benar-benar dikelola secara profesional bukan blog spam.

6.  Widget Search

Kalau di template Anda belum memiliki tombol atau kolom search ini, sebaiknya langsung Anda pasang. Dengan adanya kolom pencarian seseorang pengunjung yang ingin mencari artikel yang ia inginkan tidak akan bingung untuk mencari sebuah artikel di blog Anda. 

Tinggal memasukkan kata kunci yang ingin dicari dan blog Anda secara otomatis akan menyajikan apa yang pengunjung cari. Memang tampilan beberapa widget bawaan Blogger ini terkesan sederhana, tetapi saya kira sudah cukup untuk memudahkan navigasi blog.

Kalau Anda kurang puas dengan tampilan yang ada, silahkan Anda modifikasi tampilan widget-widget tersebut sesuai selera Anda dengan beberapa penambahan kode javascript yang bisa Anda cari di Google.

Demikian sedikit informasi mengenai 6 widget yang wajib di blog sebelum daftar Google AdSense, semoga bermanfaat. terimakasih atas kujungannya