7 Alasan Aplikasi Editing Foto dan Video Mobile Lebih Disukai

Inilah 7 Alasan Aplikasi Editing Foto dan Video Mobile Lebih Disukai. Selamat membaca, semoga bermanfaat untuk Anda semuanya

7 Alasan Aplikasi Editing Foto dan Video Mobile Lebih Disukai - Kemajuan jaman maju dengan sedemikian pesatnya, penggunaan perangkat teknologi dari yang dulunya berat dan besar sekarang di press sedemikian rupa menjadi lebih kecil dan tentunya mudah untuk dibawa kemana saja dan dapat di operasikan tanpa harus ribet. penjelmaan ini telah kita rasakan melalui smartphone yang kita sebut pintar.

Alasan Aplikasi Editing Foto dan Video Mobile Lebih Disukai

Apabila membahas soal aplikasi editing foto dan video di zaman ini sepertinya sudah sangat mudah untuk dilakukan melalui perangkat mobile. karena standar perangkat mobile smartphone di zaman ini benar-benar hampir setara dengan kelas komputer editing di beberapa tahun yang lalu. artinya phonsel pintar yang lagi marak saat ini benar-benar telah menyerupai kinerja komputer dan laptop kelas editing.

Mobile smartphone saat ini benar-benar sudah bisa diandalkan untuk keperluan editing foto maupun video. walaupun tidak sekuat dan setahan komputer atau perangkat laptop dengan kebutuhan khusus, namun perangkat mobile ini cukup untuk diandalkan. berikut ini ada 7 alasan mengapa perangkat mobile akan lebih disukai untuk editing foto dan video;

Alasan Aplikasi Editing FOto dan Video Mobile Lebih Diminati

1. Tidak Ribet

tidak seperti perangkat komputer ataupun laptop yang akan memakan waktu dan tempat tertentu saat mengoprasikannya, smartphone bisa digunakan tanpa terikat dengan kedua hal tersebut. terlebih lagi smartphone  memiliki ukuran yang lebih enteng. karena design yang mungil, smartphone bisa dibawa sekaligus digunakan kapan dan di manapun, kemudahan tersebut mungkin bisa digambarkan dengan "pintu kemana saja" kata si Doraemon. mau edit foto dan video sambil jalan-jalan juga bisa.

2. Banyak Aplikasi yang Mendukung

saat ini ada banyak developer aplikasi editing gambar dan video terkemuka sedang berlomba untuk membuat aplikasi mereka di versi mobile. tentu saja semua aplikasi tersebut dapat berjalan cukup baik pada perangkat kecil ini. jadi dengan aplikasi-aplikasi tersebut memungkinkan kita untuk menghasilkan sejumlah foto dan video berkualitas yang dihasilkan hanya dengan menggunakan smartphone.

3. Sudah Beresolusi FHD

Salah satu syarat yang harus dimiliki oleh perangkat dengan keperluan editing adalah minimal sudah berada pada resolusi full high definiton. hal ini penting untuk menjaga detail dan cakupan warna yang realistis dari sebuah foto ataupun video yang akan di edit sebelum menghasilkan sebuah produk. perangkat dengan layar resolusi FHD tentunya dapat menghasilkan foto dan video berkualitas baik.

Spesifikasi layar pada perangkat smartphone saat ini benar-benar telah memenuhi persyaratan tersebut. jadi jika smartphone kalian sudah dibekali dengan  spesifikasi tampilan Full High Definition atau resolusi 1080x2160 pixels, maka perangkat tersebut akan sangat baik menjalankan sejumlah aplikasi editing foto dan video. selain itu harga dari perangkat smartphone jauh lebih murah dibandingkan dengan harga komputer atau laptop yang mendukung resolusi tinggi. jadi hanya dengan 1 alasan ini pengguna smartphone sudah jauh diuntungkan.

4. Performa Lumayan

Bisa dibilang zaman ini perangkat mobile sedikit lebih unggul, karena dapat menjalankan sejumlah program ataupun game berat dengan design yang handy. misalnya saja game Genshin Impact yang berjalan dengan mulus pada perangkat smartphone. hanya dengan memiliki perangkat phonsel, kalian tidak harus membeli laptop gaming yang harganya bikin geleng kepala untuk memainkan game kesayangan.

Baca Juga : Internet Of Things (IoT) : Pengertian, Cara Kerja Beserta Kekurangannya

Tentu saja dengan kinerja secanggih ini, perangkat phonsel benar-benar layak untuk melakukan pekerjaan editing foto ataupun video. selain itu harganya lebih terjangkau, asal pintar-pintar saja memilih spesifikasinya.

5. Kerapatan Pixel yang Mumpuni

Untuk editing foto dan video kerapatan pixel layar sebuah perangkat adalah hal yang utama. hal ini dibutuhkan untuk menampilkan visual yang mungkin mirip dengan tampilan objek yang sesungguhnya. ini akan mempermudah proses editing dalam modifikasi ataupun perbaikan tampilan foto dan video yang lebih realistis. kabar baiknya smartphone zaman ini sudah banyak yang dibekali dengan teknologi layar terbaru dengan kemampuan refresh rate yang tinggi yaitu 120Hz. dengan teknologi layar  dan resolusi tinggi semacam ini sudah pasti mampu menghasilkan kualitas 600 DPI atau lebih. otomatis tampilan foto ataupun video akan terlihat lebih realistis.

Bisa dibayangkan berapa harga yang harus dibayar untuk sebuah monitor  dengan refresh rate 120hz atau laptop yang sudah memiliki layar dengan kecepatan refresh rate 120hz. saat ini vendor laptop masih bisa terhitung dengan mengusung teknologi layar refresh rate tinggi, katakan saja seri ROG Strix. perangkat tersebut tentunya bukanlah barang yang murah.  jadi ketimbang membeli 1 buah monitor  external dengan teknologi terbaru yang harganya berpuluh-puluhan juta bahkan ratusan.  hanya dengan satu perangkat smartphone yang terjangkau sudah bisa mengkover segala hal yang dibutuhkan untuk proses editing.

6. Interface Aplikasi Lebih Ringkas

Tidak seperti interface aplikasi eiditing foto ataupun video pada perangkat desktop yang biasanya memiliki interface aplikasi yang rumit. aplikasi editing pada perangkat mobile biasanya akan dibuat lebih ringkas untuk kenyamanan pengguna. hal ini tentu saja akan mempermudah penggunaan semua tools dan fasilitas editing di aplikasi  dengan tawaran lebih menghemat waktu. sebagai contoh aplikasi CS PhotoShop dan Adobe Lightroom Mobile.

Dengan memiliki point 1-6 ini, tentunya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan melakukan editing pada perangkat komputer atau laptop beresolusi WXGA 1366x768 dengan kerapatan pixels terbilang rendah. 

7. Instan Sharing

Sebenarnya bagian akhir ini tidak terlalu amat penting. namun kemudahan dalam berbagi konten dan kreativitas adalah sebuah bukti dari kecanggihan perangkat teknologi. jadi hal ini masih bagian yang masuk dan perlu. bukan berarti menggunakan komputer atau laptop penggunanya tidak dapat berbagi dengan yang lainnya. dalam hal ini sejumlah aplikasi desktop pada umumnya belum dilengkapi dengan fitur berbagi. jadi untuk membagikan  hasil kreativitas kita, harus dilakukan secara manual dan harus dengan kondisi yang mungkin. 

Baca Juga : Belajar Beriklan Facebook Ads untuk Pemula : Simak Tutorialnya!

Selain itu perangkat seperti kamera atau recorder video kekinian, saat ini sudah didukung dengan fasilitas berbagi melalui private wifi dimana penggunanya tidak harus mencabut pasang memori hanya untuk sebuah file. sangat susah ketika  kalian sedang berjibaku  di medan tempur  harus membawa perangkat berat.

Lain cerita dengan perangkat smartphone,  kalian dapat melakukan hal ini dengan mudah. baik persoalan jaringan ataupun tempat, perangkat mobile akan mengatasi semua kekurangan tersebut. smartphone dengan segera bisa menerima sejumlah file foto atau video dari kamera ataupun video recorder tanpa repot. bahkan, kalian bisa mencuri waktu untuk melakukan editing seperlunya jika memang dibutuhkan.

Demikian mengenai 7 alasan aplikasi editing foto dan video mobile lebih disukai. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya.