Cara Mengatasi Kartu 3 Tidak Ada Layanan : Simpel dan Cepat!

Anda pemakai provider 3? inilah ulasan mengenai bagaimana cara mengatasi kartu 3 tidak ada layanan jaringan. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

Cara Mengatasi Kartu 3 Tidak Ada Layanan – Dewasa ini, kebutuhan internet seperti halnya kebutuhan pokok. Hidup berasa hampa apabila punya HP tidak bisa mengakses Internet karena jangan lambat atau tiadanya layanan jaringan.  Tentunya hal tersebut sangat mengganggu aktivitas Anda yang terbiasa memanfaatkan internet untuk segala kebutuhan. 

Cara Mengatasi Kartu 3 Tidak Ada Layanan

Apakah Anda pernah mengalami saat sedang berselancar di dunia maya (browsing) tiba-tiba koneksi internet menjadi lambat atau malah mungkin bahkan tidak ada layanan? Jika jawabannya; pernah, itu berarti kita sama-sama pernah mengalaminya. 

Baca Juga : Cara Cek Kartu 3 Sudah 4g atau Belum : Mudah, 2 Menit Aja

Perlu Anda ketahui bahwa masalah koneksi menjadi lambat atau malah mungkin tidak ada layanan bukan berarti semata-mata dari buruknya jasa penyedia layanan telekomunikasi yang Anda gunakan (dalam hal ini operator 3), akan tetapi banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya koneksi internet menjadi lambat.

Penyebab Kartu 3 Tidak Ada Layanan

Ada beberapa penyebab terkait dengan lambatnya atau hilangnya layanan kartu 3 secara tiba-tiba. Diantaranya :

  • Tempat tinggal yang jauh dari BTS (Base Transceiver Station)
  • Banyaknya pengguna atau pelanggan kartu 3 (Tri)
  • Menumpuknya cache, cookies dan history pada HP
  • HP terserang virus

Selain itu tentunya juga ada beberapa faktor penyebab lain, seperti HP yang berada di luar jaringan, faktor cuaca, sedang ada perbaikan jaringan operator, dan masih banyak lagi faktor lainnya seperti misalnya adanya masalah pada sistem HP (bug atau error), kartu SIM yang rusak, jaringan di tempat Anda sedang gangguan atau bisa saja terdapat komponen HP yang rusak. Percobaan pertama yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan mode pesawat selama beberapa saat. 

Bagaimana Cara Mengatasi Kartu 3 Tidak Ada Layanan Jaringan?

Untuk bisa menjawab pertanyaan di atas, sebenarnya cukup mudah. Anda bisa mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 

  1. Buka pengaturan
  2. Pilih Network
  3. Pilih mode pesawat / airplane
  4. Tunggu 1 menit
  5. kemudian matikan kembali mode pesawat / airplane

Dengan mengikuti cara-cara seperti di atas maka secara otomatis jaringan akan merefresh dan sinyal dapat kembali yang pastinya layanan dari kartu 3 Anda dapat digunakan. Apabila cara di atas dirasa belum berhasil, Ada langkah alternatif berikut ini yang bisa Anda coba gunakan. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Masuk ke menu setelan
  2. Lalu  pilih Jaringan / Network
  3. Pada Mobile Network silahkan matikan / nonaktlfkan Data / Paket data
  4. Pilih Network Operator
  5. Kemudian pada pilihan jaringan,sebaiknya pilih yang Auto atau Otomatis

Dengan demikian jaringan atau sinyal yang ada di HP Anda saat ini sudah dalam mode otomatis. kembalikan lagi ke jaringan atau operator semula. Cukup mudah bukan?

Baca Juga : Cara Transfer Pulsa Tri ke OVO : Simpel Cuma 3 Menit!

Tips Agar Kartu 3 Tetap Mendapatkan Layanan Jaringan

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk bisa terhindar dari masalah kartu seluler yang tidak ada layanan jaringan, yaitu : 

  1. Simpan kartu SIM di tempat yang aman. Hindari menyimpan kartu SIM di tempat yang panas, lembap, atau terkena benda tajam.
  2. Hindari memasukkan kartu SIM ke dalam ponsel yang basah atau kotor.
  3. Periksa batas waktu dan pulsa Anda secara berkala. Jika batas waktu atau pulsa Anda habis, maka Anda tidak akan dapat menggunakan layanan seluler.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi kartu 3 tidak ada layanan, semoga beberapa tips yang ada di artikel ini bermanfaat untuk para pembaca semuanya.