Cara Cek Kartu 3 Sudah 4g atau Belum : Mudah, 2 Menit Aja

Anda pengguna kartu 3? inilah cara cek kartu 3 sudah 4G apa belum. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk Anda khususnya para pemakai provider 3!

Cara Cek Kartu 3 Sudah 4G atau Belum – Jaringan internet 4G berangsur-angsur sudah bisa di upgrade ke 5G, namun masih banyak pertanyaan terutama di mesin pencari mengenai bagaimana cara mengecek atau meng upgrade kartu provider yang semula berjaringan 3G menjadi 4G.

Cara Cek Kartu 3 Sudah 4g atau Belum

Baca Juga : Cara Pinjam Pulsa Darurat Indosat

Akan ada perbedaan yang signifikan, apabila kita mengupgrade jaringan 3G ke 4G terutama pada kecepatan akses layanan data. Nah, sebelum Anda mengecek kartu yang dipakai itu sudah 4G atau belum, berikut kami akan membahas mengenai cara cek kartu 3 sudah 4G apa belum.

Cek 4G pada Provider 3

Ada beberapa syarat yang harus di penuhi untuk bisa mengecek layanan 4G dari provider 3 yang terpasang di smartphone Anda, diantaranya : 

  • Smartphone Anda sudah support 4G
  • Domisili Anda harus tercover layanan jaringan 4G

Setting 4G Provider 3 di Smartphone  

Setelah memenuhi 2  persyaratan di atas, bagi Anda pengguna provider 3 bisa melakukan setting pada smartphone untuk bisa mendapatkan jaringan 4G terbaik. Bagaimana caranya?simak keterangan berikut ini. 

  1. Silahkan masuk ke bagian Menu
  2. Kemudian tap “setting” 
  3. Pilih “Sim Cards & Mobile Networks“.
  4. Untuk Sim Cards Settings pilih kartu 3, lalu pilih “preferred network type“.
  5. Terakhir pilih “Prefer LTE“. Selesai.

Setelah melakukan 5 tahapan tersebut, silahkan cek sudut atas kanan layer smartphone Anda, apakah jaringan atau sinyalnya sudah berubah ke 4G atau belum. Apabila sudah berubah berarti berarti Langkah-langkah yang Anda lakukan sukses.

Bagaimana kalau jaringannya masih tetap 3G dan belum berubah? Setelah menerapkan 5 cara diatas tetapi jaringan beum bisa berubah ke 4G, silahkan restart smartphone Anda. Tunggu sejenak. Apabila belum ada perubahan, bisa dipastikan lokasi di sekitar Anda belum tercover jaringan 4G.

Baca Juga : Cara Mengambil Pulsa Darurat Telkomsel

Setting 4G Provider 3 di Smartphone dengan 5 tahap di atas juga berlaku untuk Anda yang memakai operator lain misalnya telkomsel, indosat maun XL.

Cara Cek Kartu 3 Sudah 4G apa Belum

Selain menggunakan HP 4G, kamu juga dapat cek kartu 3 kamu apakah sudah 4G atau belum dengan cara:

  • Cek kemasan atau fisik kartu 3 kamu. Kalau ada logo/tulisan/keterangan 4G/LTE berarti kartu Tri kamu sudah 4G atau LTE.
  • Hubungi customer care Tri, lalu tanyakan sama CS apakah kartu 3 kamu sudah 4G atau belum (jangan lupa catat nomor sim kartu three kamu nanti bakal ditanya sama CS). 

Demikian, semoga bermanfaat untuk Anda para pemakai provider atau operator selular 3.