Ciri Ciri Muka Iritasi Karena Skincare : Bisa Ngeri Kalau Nggak Paham!

Inilah ulasan mengnai ciri ciri muka iritasi karena skincare yang para wanita wajib tahu. Yuk sama-sama waspada, agar terhindar dari alergi&iritasi.

Ciri Ciri Muka Iritasi Karena Skincare – Jaman sekarang dimana internet berkembang dengan pesatnya, membuat kita mudah mengakses apa-apa, termasuk untuk mengakses produk-produk perawatan kulit wajah keluaran terbaru. Terlebih dengan potongan harga yang menggoda maupun gratis ongkos kirim dari berbagai marketplace, membuat kita khususnya para wanita tergoda untuk mencobanya.

Ciri Ciri Muka Iritasi Karena Skincare

Tidak ada yang salah sebenarnya, apabila sebelum kita membeli kita cari terlebih dahulu mengenai review dari produk tersebut, karena menu review produk pasti ada di tiap-tiap marketplace yang menjual produk-produk kecantikan utamanya perawatan kulit. Tapi tahukah Anda, membaca review saja tidak cukup. Kenapa tidak cukup? Karena kulit tiap individu pasti berbeda-beda karena bawaan gen, lingkungan tempat tinggal yang pasti beda, juga karena gaya hidup yang masing-masing orang juga pastinya tidak akan sama. 

Baca Juga : Ciri Ciri Tidak Cocok Memakai Cream Fair And Lovely

Produk perawatan kulit manapun pasti membutuhkan waktu untuk bisa menampakkan perubahannya. Tapi tahukan Anda, kulit Anda yang ingin “dipoles” dengan skincare juga bisa menampakkan tanda-tanda tidak cocok pada saat produk perawatan kulit tersebut bereaksi ketika Anda pakai. Tulisan ini akan membahas mengenai ciri ciri muka iritasi karena skincare, yuk simak dari awal agar lebih mengenali lagi apa-apa ciri cirinya. 

Beberapa Ciri Kulit Iritasi Karena Skincare

Iritasi akibat penggunaan produk perawatan kecantikan atau skincare bisa terjadi dengan waktu yang amat singkat, bahkan dalam hitungan menit pun bisa terjadi. Biasanya, iritasi atau alergi terjadi karena zat kimia yang terkandung dalam produk tersebut tidak cocok dengan tipe kulit Anda. 

Dilansir dari laman halodoc.com, ada beberapa ciri-ciri yang harus Anda perhatikan sebelum berkesimpulan bahwa ciri tersebut berkaitan dengan muka yang iritasi karena produk skincare. Ciri-ciri tersebut diantaranya : 

Bentol Disertai dengan Rasa Gatal 

Salah satu dari tanda iritasi atau alergi pemakaian kosmetik adalah dengan ditandai bentol disertai dengan rasa gatal yang teramat sangat dan agak sedikit pedih serta ada rasa seperti kesemutan. Gejala ini biasanya munculnya tidak lama, hanya hitungan menit setelah Anda memakai produk skincare dan akan mereda dengan sendirinya setelah pemakaian selama 24 jam. 

Apabila dalam waktu 24 jam gejala itu tidak hilang dan masih tetap ada, segeralah periksakan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan dari tenaga medis yaitu dokter kulit yang kompeten.

Munculnya Komedo dan Jerawat

Pada beberapa kasus tidak cocok memakai skincare, iritasi karena pemakaian produk perawatan kulit biasanya ditandai dengan munculnya komedo dan juga jerawat. Reaksi ini disebabkan karena kulit terpapar alergen dan biasanya warna kulit juga ikut berubah.

Munculnya Ruam

Tanda-tanda iritasi berikutnya adalah munculnya ruam pada wajah Anda. Munculnya gejala kemerahan atau ruam terjadi karena kulit mengalami alergi. Selain kulit menjadi kemerah-merahan, biasanya juga terasa gatal dan mudah terkelupas permukaannya. Ruam terjadi biasanya pada daerah sekitar kelopak mata Anda.

Timbulnya Bengkak

Bengkak merupakan perwujudan wajah yang alergi karena beberapa zat kimia yang terkandung di dalam produk skincare yang dipakai tidak cocok digunakan di wajah Anda. Bengkak biasanya muncul di daerah sekitar bibir dan juga sekitaran mata. Bengkak biasanya disertai dengan munculnya rasa gatal dan juga pedih.

Baca Juga : Ciri Ciri Tidak Cocok Memakai Viva Milk Cleanser

Cara Mengatasi Gejala Iritasi Skincare

Masih melansir dari halaman halodoc.com, ada beberapa cara dalam mengatasi gejala iritasi atau alergi karena penggunaan skincare. Diantaranya seperti :

Mengkonsumsi Antihistamin

Apabila Anda mengalami beberapa tanda iritasi atau alergi seperti yang telah dipaparkan di atas, maka segeralah konsumsi antihistamin. Dengan mengkonsumsi antihistamin, maka gejala seperti ruam, pedih maupun gatal bisa sedikit berkurang. Di pasaran, antihistamin bisa ditemukan dalam wujud semprotan hidung, tablet, tetes mata maupun krim

Mengoleskan Pelembab

Dengan mengoleskan pelembab seperti aloe vera dapat membantu meringankan gejala seperti gatal, ruam serta rasa pedih. Sifat dari pelembab itu sendiri adalah membantu melembabkan kulit yang kering serta mengurangi rasa gatal yang muncul. 

Dikompres dengan Air Dingin

Kompres air dingin bisa dilakukan apabila gejala iritasi atau alergi muncul di wajah Anda yang terpapar zat kimia karena pemakaian skincare yang tidak cocok. Kompres wajah Anda dengan kain yang lembut yang telah dicelupkan ke air dingin sebelumnya agar peradangan atau rasa gatal bisa sedikit reda. 

Demikian ulasan mengenai Ciri Ciri Muka Iritasi Karena Skincare, semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda para pembaca semuanya. Salam sehat dan bahagia buat semuanya.