Cara Bayar BPJS Kesehatan Mandiri Online dan Lewat ATM

Inilah ulasan mengenai cara bayar BPJS kesehatan mandiri secara online dan lewat mesin ATM. Semoga bisa mempermudah Anda dalam membayar iuran BPJS nya

Brodanni - Ulasan kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara bayar BPJS Kesehatan mandiri. Seperti yang kita ketahui bersama, BPJS kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat yang telah mendaftar menjadi peserta. Dengan mendaftar program ini, akan banyak benefit yang bisa didapatkan apabila Anda mengikutinya secara mandiri.  

Cara Bayar BPJS Kesehatan Mandiri

Kepesertaan BPJS bersifat wajib untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI).  Selain secara online melalui situs resmi BPJS Kesehatan, pendaftaran dapat dilakukan langsung di Kantor Cabang BPJS Kesehatan di daerah Anda.  

Baca Juga : Telat Bayar BPJS 4 Tahun 

BPJS kesehatan sendiri sebenarnya sudah mewajibkan seluruh masyarakat Indonesia menjadi pesertanya, baik itu mendaftar dengan cara datang langsung ke kantor-kantor cabang BPJS yang sudah tersedia di berbagai pelosok wilayah tanah air. 

Syarat Mendaftar BPJS Mandiri

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda bawa untuk bisa mendaftar program BPJS Mandiri, diantaranya sebagai berikut : 

  • Foto Copy Kartu Keluarga ( KK ) sebanyak 2 lembar. 
  • Foto Copy Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) atau Kartu Identitas Anak (KIA)  sesuai jumlah keluarga yang tercantum di KK sebanyak 2 lembar.    
  • Buku Tabungan Rekening BNI / BRI / BCA / Mandiri ( Pilih salah satu buku tabungan rekening Bank yang di miliki sesuai nama salah satu pendaftar BPJS Kesehatan yang tercantum di KK )  sebanyak 2 lembar. 
  • Materei 10 ribu sebanyak 1 lembar. 

Setelah semua persyaratan terpenuhi, kita bisa langsung ke bagian informasi yang ada di Kantor BPJS Kesehatan untuk mengisi formulir yang telah disediakan oleh petugas.

Apa Itu BPJS Mandiri

Siapa saja boleh mendaftarkan BPJS Kesehatan mandiri asal sesuai dengan kriteria. Setiap orang yang ingin masuk sebagai peserta dari BPJS Kesehatan Mandiri harus mendaftarkan dirinya sendiri atau anggota keluarganya yang tercantum di Kartu Keluarga untuk menjadi peserta BPJS. 

Baca Juga : Cara Mengecek Tagihan BPJS di HP 

BPJS Mandiri memiliki besaran nominal yang berbeda-beda dari segi pembayaran. BPJS Mandiri atau Individu menggolongkan pesertanya menjadi 3 Kelas yaitu :

  1. BPJS Kelas 1 : Iuran Rp 25.500 / Bulan
  2. BPJS Kelas 2 : Iuran Rp 51.000 / Bulan
  3. BPJS Kelas 3 : Iuran Rp 80.000 / Bulan
Tentunya pembayaran harga di atas bisa berubah dan disesuaikan dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Cara Bayar BPJS Kesehatan Mandiri Online

Ikuti beberapa langkah ini untuk bisa membayar BPJS mandiri atau perorangan : 

  1. Tuliskan  https://BPJS-kesehatan.go.id/BPJS/ di browser HP atau laptop Anda. Lihat di sebelah kanan, ada menu-menu pilihan seperti : Pendaftaran Online, Hubungi Kami, Cek Iuran, Pendaftaran Badan Usaha, Fasilitas Kesehatan, dan Donasi.
  2. Pilih  menu `Cek Iuran` yang berada di baris ke 3 dari atas. Jika jendela baru telah terbuka, isi sesuai petunjuk.
  3. Jika pengisiannya benar, maka akan muncul informasi terkait iuran BPJS kita.

Cara bayar BPJS kesehatan mandiri ini bisa Anda gunakan untuk melaksanakan pembayaran setiap bulannya agar kita terhindar dari denda yang akan dibebankan kepada peserta jika terlambat membayar iuran. Akan terasa berat jika iuran yang kita harus bayar dibayarkan secara sekaligus ditambah dengan beban denda.

Baca Juga : Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM Mandiri, BCA dan BRI

Bagi Anda para nasabah Bank, Anda bisa dengan mudah membayar BPJS Mandiri di ATM terdekat. Adapun caranya sebagai berikut : 

  1. Masukan kartu ke Mesin ATM
  2. Masuk ke menu dengan pilih bahasa dan masukan PIN terlebih dahulu
  3. Selanjutnya pilih Transaksi
  4. Lalu pilih Transaksi Lainnya
  5. Kemudian pilih Pembayaran
  6. Setelah itu akan muncul pilihan, pilih Lainnya kalau belum menemukan BPJS
  7. Kalau sudah ketemu plih BPJS
  8. Lalu pilih BPJS Kesehatan
  9. Kemudian asukan nomor virtual account VA Anda
  10. Muncul nama dan cek kesesuaian data termasuk nominal yang harus dibayar sesuai kelas yang Anda pilih
  11. Pilih Ya atau Benar kalau data sudah benar
  12. Selesai

Demikian ulasan mengenai cara bayar BPJS kesehatan mandiri. Semoga isi dari postingan ini bermanfaat untuk para pembaca semuanya.