Cara Mengecek Tagihan BPJS di HP : 1 Menit Selesai!

Untuk Anda yang berkeinginan mengecek seberapa besar tagihan BPJS Anda, inilah tutorial mengenai cara mengecek tagihan BPJS di HP dengan cepat.

Cara Mengecek Tagihan BPJS Di HP - Siapapun pasti mengenal layanan kesehatan yang diberikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS. Layanan resmi pemerintah ini cukup populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Bukan tanpa alasan, karena layanan BPJS membebankan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan asuransi kesehatan.

Cara Mengecek Tagihan BPJS di HP
Nah, peserta BPJS mandiri diwajibkan membayar iuran bulanan. Tapi, terkadang ada orang yang lupa membayar dan menunggak. Lalu, bagaimana Cara Mengecek Tagihan BPJS Di HP? Yuk cek jawaban lengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Cek Tagihan BPJS Di HP?

BPJS adalah penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN. Peserta dibagi menjadi dua, yaitu PBI atau Penerima Bantuan Iuran dan Peserta Non-PBI atau mandiri. Kini, peserta Non-PBI atau mandiri diwajibkan membayar iuran bulanan ke BPJS. Jumlah yang harus dibayar tergantung pada jenis layanan yang digunakan. Karena wajib, tentunya kamu juga perlu mengetahui cara cek tagihan BPJS di HP kamu. Bagaimana caranya? Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut.

Cara Cek Tagihan BPJS Di HP Menggunakan Website BPJS

Pilihan lain yang juga banyak digunakan untuk cek tagihan BPJS secara online adalah menggunakan website resmi BPJS. Layanan ini cocok bagi Anda yang aktif menggunakan internet. Langkah-langkah cek tagihan BPJS di HP via website bisa dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini. 

Baca Juga : Cara Bayar BPJS Lewat M Banking BNI

Langkah pertama Masuk ke website resmi BPJS di bawah ini melalui browser di HP kamu. Pilih menu cek iuran. Anda akan diminta mengisi data diri seperti Nomor Kartu BPJS atau Nomor Induk Kependudukan, beserta tanggal lahir Anda.

Setelah mengisi data, Anda perlu mengetikkan nomor validasi atau kode keamanan captcha. Klik "Periksa". Tunggu hingga loading selesai. Rincian tagihan BPJS yang harus Anda bayar akan muncul di layar. Selain itu, detail pembayaran yang telah dilakukan juga akan muncul.

Cara Cek Tagihan BPJS Di HP Melalui SMS

Selain melalui website BPJS, cara cek tagihan BPJS di HP juga bisa melalui SMS. Layanan SMS Gateway ini akan memudahkan pengguna BPJS. SMS Gateway ini merupakan salah satu layanan informasi dua arah yang memanfaatkan sistem informasi melalui pesan singkat. Cara Cek Tagihan Melalui SMS Gateway Pertama, ketikkan salah satu identitas Anda, bisa berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Pegawai (NIP), atau Nomor Kartu BPJS (NOKA).

Gunakan salah satu nomor data pribadi di atas dan kirimkan ke layanan pusat SMS. Format pengiriman misalnya 'BILLING Nomor Kartu BPJS'. Contoh: “TAGIHAN 12345678910. Anda juga dapat menggunakan format pesan lain untuk cek tagihan BPJS melalui SMS, dengan mengetik "HELP" dan mengirimkannya ke nomor yang tersedia.

Cara Cek Tagihan BPJS Di HP Melalui Aplikasi Shopee

Pengguna Shopee juga harus senang karena cara melihat tagihan BPJS bisa dilakukan melalui platform belanja online ini. Seperti marketplace lain seperti Tokopedia, Shopee juga mengenakan biaya administrasi sekitar Rp 2.500. Cara cek tagihan BPJS melalui Shopee bisa dilakukan melalui aplikasi. Berikut cara cek tagihan BPJS di HP melalui aplikasi Shopee. Pertama-tama Download aplikasi Shopee di Play Store atau App Store. Daftar atau login melalui email atau nomor telepon dengan kata sandi.

Pada halaman awal, pilih menu “Toll, Tagihan & Tiket” Pilih menu “BPJS”. Kemudian, masukkan nomor Virtual Account keluarga. Nomor ini terdiri dari kombinasi 11 digit nomor BPJS dan nomor virtual Shopee. Klik "Lihat Tagihan". Kemudian akan muncul tagihan yang harus Anda bayar.

Demikian ulasan tentang Cara Mengecek Tagihan BPJS di HP semoga bermanfaat.