Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan : Cepat dan Mudah!

Inilah cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan bagi Anda yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Semoga postingan ini bermanfaat untuk Anda semua.

Brodanni - Sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara mengecek nomor BPJS ketenagakerjaan, alangkah baiknya Anda ketahui terlebih dahu perbedaan antara BPJS Kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan. Sebagai informasi untuk Anda, kedua BPJS itu sebenarnya serupa, tapi tidak sama.

Cara Mengecek Nomor BPJS  Ketenagakerjaan

Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan

Ada beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui antara BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Adapun perbedaannya adalalah : 

Apa Itu BPJS Kesehatan

Beberapa poin yang membedakan BPJS Kesehatan dengan BPJS Ketenagakerjaan :

  • BPJS Kesehatan adalah pengganti layanan kesehatan dari PT. Askes dan juga PT. Jamsostek.
  • BPJS Kesehatan adalah program SJSN yang dikhususkan untuk pelayanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia yang menitikberatkan kepada pemerataan pelayanan kesehatan.
  • BPJS Kesehatan adalah program untuk semua masyarakat tanpa terkecuali.
  • BPJS Kesehatan memiliki 2 jenis, yaitu DPI dan non-DPI. Dimana anggota DPI iuran dibayarkan oleh pemerintah sedangkan non-DPI iuran membayar sendiri

Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan

Beberapa fakta yang membedakan antara BPJS Ketenagakerjaan dengan BPJS Kesehatan : 

  • BPJS Ketenagakerjaan adalah pengganti PT Jamsostek.
  • BPJS Ketenagakerjaan adalah program SJSN yang dikhususkan untuk pelayanan bagi tenaga kerja atau karyawan dalam bentuk jaminan asuransi untuk hari tua. Jadi intinya BPJS Ketenagakerjaan fokus untuk jaminan pensiunan bagi para karyawan.
  • BPJS Ketenagakerjaan dalah program khusus untuk tenaga kerja dan pegawai, baik negeri maupun swasta.
  • Untuk jenis jenisnya serta nominal iurannya masih belum ditentukan karena baru akan diumumkan di awal tahun 2015.

Cara mengecek Keaktifan BPJS Ketenagakerjaan 

Masih aktif atau tidak sekarang ini bisa dilakukan secara online. Kepesertaan Jamsostek saat ini sudah bisa dicek secara mandiri oleh setiap peserta. BPJS Ketenagakerjaan atau dulu yang namanya Jamsostek sudah memberikan akses penuh kepada para pesertanya agar bisa mengecek apakah nomor identitas kepesertaannya masih aktif atau tidak. 

Baca Juga : Cara Mengecek Tagihan BPJS di HP : 1 Menit Selesai!

Untuk mengecek keaktifan peserta bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan ataupun dengan menggunakan SMS online. Keduanya sangat praktis untuk dilakukan. Terdapat beberapa cara cek BPJS aktif atau tidak. Anda dapat memilih cara termudah agar proses yang Anda lewati pun berjalan cepat. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Melalui sms gateway

Anda dapat melakukan pengecekan BPJS aktif atau belum melalui sms gateway. Caranya mudah sekali, Anda cukup mengirimkan sms ke 087776600400 dengan format NOKANomor Kartu BPJS kesehatan milik Anda.

2. Melalui Call Centre BPJS

Selain menggunakan sms, Anda juga dapat melakukan pengecekan dengan langsung menghubungi call centre BPJS di nomor 1500400. Siapkan dulu data-data yang mungkin akan ditanyakan seperti nomor kartu BPJS dan data diri Anda.

3. Menggunakan aplikasi BPJS TK Mobile

cara mengecek nomor BPJS ketenagakerjaan juga bisa menggunakan aplikasi BPJS TK Mobile yang bisa diunduh secara gratis di Play Store. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa cek kepesertaan dan cek saldo JHT. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus registrasi terlebih dahulu dengan menggunakan alamat email yang masih aktif. Setelah mendaftar, Anda harus aktivasi lalu baru bisa masuk ke sistem aplikasi.

Baca Juga : Telat Bayar BPJS 4 Tahun : Resiko dan Solusinya!

Cara cek keaktifan peserta Jamsostek secara online ini dilakukan dengan cara mengisi data diri peserta secara lengkap kemudian ikuti langkah selanjutnya. Sedangkan cara cek saldo JHT dengan menggunakan aplikasi ini juga bisa dilakukan dengan cara yang sama.

4. Menggunakan Website BPJS Ketenagakerjaan

Anda bisa mengeceknya dengan cara mengunjungi website BPJS Ketenagakerjaan. Urutannya seperti ini :

  1. Tuliskan alamat https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/ di browser HP atau laptop Anda. 
  2. Silahkan login dengan menggunakan email dan password yang pernah didaftarkan
  3. Kemudian klik “ Cek kartu Digital” untuk bisa mengakses nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda

Itulah cara mengecek nomor BPJS ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semua, terituma yang sedang berkeinginan untuk mengecek BPJS Ketenagakerjaannya.