Aplikasi Sembunyikan Aplikasi, Ini Ragam Pilihannya!

Aplikasi sembunyikan aplikasi ini bisa Anda pergunakan untuk menyembunyikan aplikasi yang ada di smartphone Anda. Selamat membaca, semoga bermanfaat!

Aplikasi Sembunyikan Aplikasi Smartphone yang digunakan oleh Anda adalah representasi pemiliknya. Tak jarang di setiap HP pasti akan terinstall beragam aplikasi, baik itu yang bawaan dari pabrik atau yang Anda unduh dan kemudian install lewat media Play Store maupun App Store.

Dari sekian banyak aplikasi yang sudah di install tersebut, pastilah ada yang mengandung privasi-privasi Anda selaku pemiliknya, dan sudah barang tentu orang lain tidak diperkenankan untuk mengetahuinya. Aplikasi sembunyikan aplikasi sebenarnya ada banyak, terutama pada smartphone yang berbasis Android baik itu yang dengan aplikasi maupun tidak menggunakan aplikasi.  

Aplikasi Sembunyikan Aplikasi di HP Android

Ada beragam cara mudah yang bisa Anda gunakan agar dapat menyembunyikan aplikasi yang ada di smartphone. Simak ulasannya berikut ini. 

Menyembunyikan Aplikasi dengan Aplikasi Hide App

Salah satu aplikasi yang terkenal baik hingga kini untuk menyembunyikan beragam aplikasi di Android adalah dengan menggunakan Hide App. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi, game, file atau yang lainnya dengan menggunakan password

Baca Juga : Aplikasi Kasir Android Offline Gratis 2022

Nah untuk Anda yang belum memiliki aplikasi ini, maka lebih baik Anda mencoba untuk mengunduhnya terlebih dahulu, kemudian ikuti tahapan berikut ini. Anda dijamin akan segera memahaminya dengan menyeluruh. 

Cara menggunakan Aplikasi Hide App

Bila Anda telah selesai mengunduh dan install aplikasi Hide App pada smartphone Android Anda maka ketika akan membukanya akan muncul aplikasi Hide App yang masih kosong.

Kemudian pilih tanda plus di tengah-tengah aplikasi dan dilanjutkan dengan memilih file atau aplikasi yang ingin Anda hidden (sembunyikan). Setelah dicentang lalu pilih save.

Dengan demikian aplikasi yang Anda pilih telah masuk pada kategori hidden dengan tampilan ikon masing-masing. Bila Anda ingin menambahkan password pada file atau aplikasi itu, pilihlah menu ‘setting lalu pilih on pin protection.

Baca Juga : Aplikasi Menggambar di iPhone yang Hasilnya Keren!

Anda hanya perlu memasukkan password sesuai keinginan Anda. Bila cara menyembunyikan aplikasi atau game pada smartphone Android itu belum berhasil, itu berarti ada kesalahan dalam permulaan install atau ada langkah yang terlewat. Akan lebih baik bila Anda menggunakan password yang mudah untuk Anda ingat (perpaduan huruf dan angka).

Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Aplikasi

Cara yang kedua mengenai aplikasi sembunyikan aplikasi adalah dengan tidak menggunakan aplikasi. Dengan cara ini Anda cukup memanfaatkan fitur yang sudah ada pada smartphone saja. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama buka app drawer atau home aplikasi. Saat Anda install aplikasi maka aplikasi itu akan muncul pada layar smartphone Android dengan bentuk ikon, ikon-ikon itulah yang disebut app drawer.
  • Sesudah itu pilih Menu kemudian pilih hide apps atau sembunyikan aplikasi.
  • Setelah itu centang ikon aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Bila sudah pilih ‘Selesai’.
  • Langkah terakhir silakan Anda lakukan pengecekan di App Drawer untuk memastikan aplikasi yang telah Anda centang sebelumnya telah tersembunyi atau tak terlihat pada app drawer atau daftar aplikasi. Bila masih terlihat, mungkin masih ada langkah-langkah yang terlewatkan.

Bila Anda ingin menampilkan lagi aplikasi yang tersembunyi maka Anda hanya perlu melakukan cara yang hampir sama dengan cara sebelumnya. Akan tetapi kali ini Anda memilih menu ‘Tampilkan Aplikasi Tersembunyi’, lalu centang dan pilih ‘Selesai’. Lakukan pengecekan pada app drawer untuk memastikan aplikasi itu sudah muncul kembali pada daftar aplikasi.

Baca Juga : Aplikasi Pembuat Logo di PC Gratis 

Demikian ulasan mengenai beragam cara aplikasi sembunyikan aplikasi yang bisa Anda coba. Sekarang pilihan ada di tangan Anda. Mau memakai yang mana kira-kira? Semoga bermanfaat.