Cara Mengaktifkan SMS Banking Mandiri : Simpel Gak Ribet!

Untuk Anda para nasabah Bank Mandiri, inilah ulasan mengenai bagaimana cara mengaktifkan SMS Banking Mandiri dengan simpel dan nggak ribet. Simak ya!

Brodanni - SMS banking mandiri yang juga biasa disebut sebagai Mandiri SMS, merupakan salah satu layanan perbankan elektronik yang disediakan untuk para nasabah Mandiri. Layanan ini dapat Anda manfaatkan hanya dengan menggunakan HP. Berikut adalah cara mengaktifkan SMS banking Mandiri.

Cara Membuat SMS Banking Mandiri

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum mengaktifkan SMS banking Mandiri adalah mengetahui serta memahami syarat untuk melakukan pendaftaran. Beberapa syarat tersebut diantaranya adalah memiliki rekening tabungan atau giro (perorangan).

Cara Mengaktifkan SMS Banking Mandiri

Selain terdaftar sebagai nasabah bank Mandiri, Anda juga harus termasuk salah satu pelanggan atau pengguna operator GSM yakni XL, Telkomsel, dan Indosat. Bisa juga bagi pengguna operator CDMA yaitu Esia, Flexi, dan Fren.

Baca Juga : Jenis Kartu Kredit Bank Mandiri Beserta Manfaatnya

Syarat yang berikutnya adalah memiliki HP CDMA atau GSM dan menyetujui syarat serta ketentuan penggunaan layanan Mandiri SMS. Syarat dan ketentuan ini biasanya ada di form aplikasi Mandiri SMS. Setelah semua syarat bisa terpenuhi, Anda bisa mendaftarkan atau mengaktifkan SMS banking Mandiri.

Cara Aktifkan SMS Banking Mandiri

Ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan untuk bisa aktifkan SMS Banking dari Bank Mandiri, diantaranya : 

Melakukan Pendaftaran SMS banking Mandiri Melalui ATM

Anda bisa menggunakan mesin ATM untuk daftar SMS banking Mandiri, setelah itu verifikasi menggunakan ponsel. Langkah yang pertama adalah mendatangi mesin ATM Mandiri serta membawa kartu ATM Anda.

Setelah itu, masukkan kartu tersebut dan tuliskan PIN dengan benar. Anda bisa memilih menu transaksi lainnya dan Registrasi e-Banking. Kemudian, Anda bisa memilih Pendaftaran Awal SMS Banking. Kemudian, masukkan nomor HP yang akan digunakan dan ketikkan PIN SMS Banking sekitar 6 digit.

Cara mengaktifkan SMS banking Mandiri yang berikutnya adalah klik Lanjut. Anda akan memperoleh pemberitahuan melalui SMS dari nomor 3535, serta bisa dilanjutkan dengan memasukkan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran, lalu tekan Lanjut.

Baca Juga : Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit Bank Mandiri

Tahap yang berikutnya adalah melakukan aktivasi dengan menggunakan Android dengan memasukkan kode OTP ke form yang tersedia di layar mesin ATM. Kode tersebut akan dikirimkan via SMS dari nomor 3535. Akan ada pemberitahuan bahwa SMS banking Anda telah terverifikasi.

Melakukan Pendaftaran SMS banking Mandiri Di Kantor Cabang

Anda juga bisa melakukan pendaftaran secara langsung dengan mendatangi kantor cabang Mandiri terdekat. Beberapa tahapannya yakni dengan pergi ke kantor cabang Bank Mandiri dan mengisi formulir aplikasi Mandiri SMS yang telah disediakan. Bubuhkan juga tanda tangan pada kolom yang sesuai.

Setelah diisi lengkap, Anda bisa mengumpulkannya beserta dengan kartu identitas (bisa paspor, KTP, atau SIM) dan kartu ATM atau buku tabungan. Kemudian, petugas akan memproses pendaftaran Anda. 

Layanan yang sudah aktif ditandai dengan informasi yang Anda dapatkan berupa SMS dari 3535 yang berisi info PIN Mandiri SMS. Tahap berikutnya adalah mengganti PIN dengan yang baru, hal ini bertujuan agar transaksi dapat dilakukan.

Format pengiriman adalah dengan Ketik: PIN PIN Lama PIN baru PIN baru dan dikirim ke nomor 3535. Contohnya adalah PIN 111111 135790 135790 dan bisa Anda kirim ke 3535.

Cara Bertransaksi

Setelah Anda berhasil mengaktifkan SMS Banking Mandiri, hal yang bisa Anda pelajari berikutnya adalah cara bertransaksinya. Caranya adalah dengan mengetikkan format SMS dan dikirim ke 3535. Sedangkan cara yang kedua adalah dengan menggunakan Menu Pilih.

Baca Juga : Cara Top Up E-Toll Card Bank Mandiri Melalui ATM

Anda bisa melakukan transaksi dengan menggunakan SMS sesuai formatnya. Untuk pengecekan saldo dengan format Ketik SAL (Kode Rekening) (4 digit nomor rekening). Contoh SAL 1 3579. 

Masih banyak lagi transaksi yang bisa Anda lakukan dengan hanya mengirim pesan sesuai format. Setelah menerapkan cara mengaktifkan SMS banking Mandiri ini akan sangat membantu Anda dalam transaksi.