Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit Bank Mandiri dengan Benar

Untu Anda yang masih baru dalam memakai kartu kredit, inilah Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit Bank Mandiri dengan Benar. Selamat mencoba

Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit Bank Mandiri dengan Benar - Untuk beberapa orang menggunakan sebuah kartu kredit bank merupakan sebuah keuntungan. Sebab, tidak sedikit orang yang merasakan kemudahan bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit, bahkan mereka tidak akan merasakan seperti harus mengeluarkan uang cash. Namun, tidak sedikit pula orang yang merasa khawatir saat harus menggunakan sebuah kartu kredit bank.

cara menghitung bunga kartu kredit bank mandiri

Alasan yang paling sering ditemui adalah takut dengan perhitungan bunga kartu kredit bank mandiri atau bank yang mereka gunakan. Sebab, banyak orang yang lalai saat melakukan transaksi baik itu berbelanja online atau menggunakan untuk biaya lainnya, sehingga akan mendapatkan tagihan dengan jumlah yang besar. Maka dari itu sebaiknya saat Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit bank, pastikan terlebih dahulu untuk mencari informasi berapakah perhitungan bunga yang didapatkan saat menggunakan kartu kredit.

Tips Mengetahui Perhitungan Bunga Kartu Kredit Bank Mandiri

Perhitungan bunga kartu kredit bank mandiri merupakan salah satu hal terpenting yang harus Anda ketahui untuk memutuskan menggunakan kartu kredit tersebut. Apabila Anda hanya ingin coba-coba menggunakan kartu kredit maka harus melihat berapakah besar bunga yang harus dibayar saat menggunakan kartu kredit tersebut. Jangan sampai Anda tercengang saat melakukan pembayaran kartu kredit. Sebab, pembayaran kartu kredit diibaratkan Anda berhutang kepada bank dengan membayar terlebih dahulu tagihan yang digunakan dan saat akhir bulan Anda harus membayar hutang tersebut.

Nah, di bawah ini akan diberikan beberapa tips untuk Anda bisa mengetahui cara perhitungan bunga kartu kredit untuk bank mandiri. Simak penjelasannya berikut ini:

Ketahui Pembayaran Bunga untuk Awal

Hal utama yang harus Anda ketahui adalah pembayaran bunga yang akan dimulai dari awal Anda membuka kartu kredit bank. Misalnya saat Anda akan melakukan transaksi pada tanggal 1 Januari 2019 dengan jumlah Rp.1.500.000,00. Kemudian bank akan mencatat tanggal cetak tagihan kartu kredit Anda setiap tanggal 20 Januari, dan dengan waktu jatuh tempo 2 sampai dengan 3 minggu kemudian. Akan tetapi, Anda bisa membayar tagihan sebesar Rp.500.000,00 hingga batas jatuh tempo yang telah ditentukan.

Untuk pembayaran persenan tagihan kartu kredit akan disesuaikan dengan jenis bank yang Anda gunakan serta pilihan kartu yang Anda gunakan. Saat Anda terlambat membayar tagihan kartu kredit juga tidak akan terkena denda, namun hal tersebut akan kembali lagi dengan kebijakan masing-masing bank.

Perhatikan untuk Perhitungan Cicilan Barang

Biasanya pihak bank akan menawarkan beberapa barang yang bisa Anda angsur dengan menggunakan kartu kredit. Misalkan saja ada penawaran membeli sebuah komputer atau laptop dengan kartu kredit. Banyak yang mengira bahwa dengan menggunakan kartu kredit semuanya akan lebih murah, namun kenyataan Anda harus benar-benar bisa menghitung bunganya. Cara untuk menghitungnya yaitu total harga barang dikalikan persen bunga dikalikan lamanya cicilan (dalam bulan), lalu ditambah dengan total harga barang dibagi lama cicilan (dalam bulan).

Sebelum menentukan penggunaan kartu kredit maka sebaiknya Anda melakukan perhitungan bunga kartu kredit bank mandiri terlebih dahulu. Jika Anda merasa butuh untuk menggunakan kartu kredit maka Anda juga harus siap dengan jumlah tagihan yang diberikan oleh pihak bank. Apalagi saat Anda terlambat dalam membayar cicilan atau tagihan bank maka harus menambah kurang lebih 3% dari jumlah tagihan yang seharusnya. Jadi, manfaatkan kemudahan melakukan transaksi dengan sebaik-baiknya. Baik itu dengan menggunakan sebuah kartu kredit, atm, atau dengan uang cash.