Cara Bayar BPJS Lewat M Banking BNI : Fix Mudah Banget!

Bagi Anda yang sedang mencari tutorial mengenai cara bayar BPJS lewat M Banking BNI, inilah ulasannya. Mudah- praktis dan juga simpel. Semoga sukses!

Cara Bayar Bpjs Lewat M Banking BNI - cara bayar bpjs melalui m banking BNI kini lebih mudah dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi sekarang aplikasi BNI Mobile sudah terupdate dan tentunya fitur yang diberikan juga semakin bertambah, termasuk fitur pembayaran BPJS.

Cara Bayar BPJS Lewat M Banking BNI

Kini, di aplikasi BNI Mobile Banking, nasabah dapat membayar tagihan BPJS, baik BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan dengan 0 biaya admin atau gratis. Oleh karena itu, saya sangat merekomendasikan membayar melalui BNI Mobile daripada harus membayar melalui merchant lain.

Perbedaan pembayaran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan adalah kode pembayarannya. Jika BPJS Kesehatan menggunakan BNI Virtual Account, maka BPJS Ketenagakerjaan hanya perlu menggunakan NIK.

Baca Juga : Telat Bayar BPJS 4 Tahun : Resiko dan Solusinya!

Sederhananya, Virtual Account BNI untuk pembayaran BPJS Kesehatan berupa kode bayar 88888 ditambah 11 digit terakhir nomor kartu BPJS. Misal nomor kartu BPJS Kesehatan Anda adalah 0001234567891. Kemudian kode pembayaran BNI Virtual Account Anda adalah 8888801234567891. Nah, agar lebih jelas tentang Cara Bayar BPJS Lewat M Banking BNI, silahkan simak panduan berikut ini.

Penjelasan Program BPJS Kesehatan

Program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan memiliki aturan yang berbeda. BPJS Kesehatan adalah badan hukum publik yang bertanggung jawab langsung kepada presiden yang tugas pokoknya menyelenggarakan jaminan kesehatan nasional bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 Bab 1 Pasal 1, jaminan kesehatan nasional atau disebut juga jaminan sosial, merupakan bentuk perlindungan sosial untuk menjamin terpenuhinya seluruh kebutuhan dasar masyarakat secara layak.

Yang berlaku dalam sistem jaminan sosial adalah asuransi sosial yang beroperasi dengan menghimpun dana yang bersifat wajib dan kemudian diberikan kembali sebagai perlindungan terhadap risiko sosial ekonomi yang menimpa peserta atau anggota keluarga yang bersangkutan. Setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja minimal 6 bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta program jaminan sosial atau BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan BPJS Mandiri secara Online : 5 Menit Aja!

Besaran iuran BPJS Kesehatan perusahaan sebesar 5%. Secara rinci, penerima upah hanya perlu membayar iuran sebesar 1%, sedangkan sisanya 4% dibayar oleh perusahaan. Dalam Pasal 15 UU no. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, pengusaha wajib mendaftarkan diri dan pekerja atau pegawainya sebagai peserta BPJS. Jika pengusaha tidak mengikuti ketentuan dalam Undang-undang, sanksinya berupa teguran tertulis, denda dan tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu.

Cara Bayar BPJS Lewat M Banking BNI

Sebagai informasi saja, pembayaran BPJS Kesehatan melalui BNI Mobile Banking berlaku untuk semua kelas yaitu BPJS Kesehatan Kelas 1, 2, dan 3. Pastikan juga Anda sudah mengaktifkan BNI Mobile Banking. Nah, ini dia cara bayar BPJS lewat m banking BNI!

Baca Juga : Cara Bayar BPJS Lewat Alfamart

Buka aplikasi BNI Mobile Banking. Masukkan ID pengguna dan MPIN. Klik tombol Masuk. Pada menu utama, pilih Pembayaran. Pilih menu BPJS Kesehatan. Silahkan isi formulir yang tersedia seperti rekening debet, kode peserta, nomor VA terakhir, nomor kartu BPJS Kesehatan. Centang "Simpan ke Daftar Favorit" agar bulan berikutnya tidak perlu dimasukkan kembali.

Isi nama panggilan Anda saja. Jumlah Bulan : isi 1 bulan atau tergantung kemampuan anda. Klik tombol Berikutnya. Silakan periksa data Anda di halaman Validasi. Jika sudah benar, silahkan masukkan Password Transaksi. Klik tombol Berikutnya. Kemudian akan muncul peringatan. Berhasil disimpan, klik OK Selesai, dan Anda akan mendapatkan notifikasi status transaksi.

Demikian ulasan tentang Cara Bayar Bpjs Lewat M Banking BNI, semoga bermanfaat.