Cara Menonaktifkan BPJS Mandiri secara Online : 5 Menit Aja!

Inilah ulasan mengenai cara menonaktifkan BPJS Mandiri secara Online. Bagi Anda yang membutuhkannya, silahkan diikuti tutorialnya. Semoga bermanfaat!

Brodanni - Tahukan Anda bahwa kini tersedia cara menonaktifkan BPJS Mandiri secara online. Penonaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan tidak hanya berlaku bagi peserta yang telah meninggal dunia. Karyawan resign maupun PHK juga langsung dinonaktifkan kepesertaan BPJS Kesehatan oleh perusahaan bersangkutan. 

Sekilas Mengenai BPJS Mandiri

BPJS Mandiri merupakan jaminan perlindungan kesehatan dengan iuran yang dibayarkan secara mandiri, jadi tidak ditangguh pemerintah. Saat ini pun merupakan hal wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi peserta BPJS.

Cara Menonaktifkan BPJS Mandiri secara Online

Hal tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah terkait pemberian jaminan kesehatan untuk masyarakat yang memerlukan perawatan medis. 

Baca Juga : Telat Bayar BPJS 4 Tahun : Resiko dan Solusinya!

Berkaitan dengan itu, ketika iuran BPJS Kesehatan tidak dibayarkan peserta lebih dari satu bulan, artinya peserta bersangkutan sudah menonaktifkan BPJS Kesehatan-nya pribadi. 

Hal ini menjadikan, hak-hak yang diperoleh sebagai peserta BPJS Kesehatan akan tercabut. Ketentuan tersebut berlaku selama tunggakan tersebut belum dilunasi peserta bersangkutan. 

Tetapi, hal tersebut bukan berarti Anda dinyatakan berhenti dari BPJS Kesehatan. Jika iuran menunggak, maka hanya dihentikan sementara. Intinya, tidak cara berhenti untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan Mandiri maupun Perorangan. 

Seperti yang diketahui, beberapa kriteria yang mampu menonaktifkan kepesertaan adalah ketika peserta bersangkutan telah meninggal dunia. Selanjutnya, yang dapat dinonaktifkan adalah karyawan resign maupun terkena PHK dari perusahaan tempatnya bekerja. 

Cara Menonaktifkan BPJS Mandiri lewat Aplikasi E-Dabu 

Salah satu cara menonaktifkan BPJS Mandiri secara online, dapat dilakukan lewat aplikasi Elektronik Data Badan Usaha (E-Dabu). Jika belum memiliki aplikasinya, maka bisa mengunduh Edabu Mobile terlebih dahulu pada smartphone Anda. 

Aplikasi ini berukuran 13 MB dan telah diunduh lebih dari seratus ribu kali oleh pengguna Android. Setelah pengunduhan selesai, silahkan buka aplikasi dan lakukan login username serta masukkan password. Selanjutnya, pengguna memilih menu “Mutasi Peserta”, dilanjutkan memilih “Data Peserta”. 

Semua list peserta, nantinya akan ditampilkan pada layar smartphone. Anda bisa memilih nama yang ingin dinonaktifkan kepesertaannya, sesudah tampilnya semua list. Jika nama yang dimaksud sudah ditemukan, silahkan tekan “Nonaktifkan Peserta”. 

Cara Menonaktifkan BPJS Mandiri lewat WhatsApp 

Selain melalui aplikasi Edabu Mobile, ternyata penonaktifan BPJS Mandiri bisa dilakukan melalui WhatsApp. Hal tersebut menjadi alternatif untuk Anda yang tidak sempat melakukannya secara offline atau belum mempunyai aplikasi Edabu Mobile. 

Caranya, chat nomor WhatsApp akun resmi BPJS Kesehatan, yang sesuai lokasi awal pembuatan BPJS Kesehatan. Nantinya, Anda akan terhubung dengan pelayanan administrasi yang sebutannya dikenal dengan istilah Pandawa. 

Saat melakukan penonaktifan BPJS Mandiri lewat WhatsApp, peserta dapat menghubunginya pada waktu operasional, yaitu pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. 

Cara Menonaktifkan BPJS Mandiri lewat Offline 

Kini, penonaktifan BPJS Mandiri bisa dilakukan lebih mudah secara online, namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui cara melakukannya secara offline. Ketika melakukan penonaktifan secara offline, tentunya Anda terbatas dengan jam operasional. 

Baca Juga : Cara Bayar BPJS Lewat Alfamart 

Langkah pertama yang perlu diperhatikan yaitu berkas yang perlu dipersiapkan, contohnya, kartu BPJS Kesehatan dari peserta yang telah meninggal dunia. Selanjutnya, Anda bisa meminta surat kematian yang telah di legalisir pihak kelurahan setempat, kemudian, kunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. 

Anda bisa menyampaikan maksud kedatangan ke petugas di kantor BPJS Kesehatan. Kemudian, Anda akan diminta melakukan penyerahan berkas-berkas yang dibutuhkan. Selanjutnya, tunggulah proses penonaktifan tersebut, yang dilakukan petugas BPJS Kesehatan.

Selain dilakukan secara offline, kini cara menonaktifkan BPJS Mandiri secara online bisa diterapkan lewat aplikasi Edabu Mobile serta memanfaatkan WhatsApp. Melakukan penonaktifan BPJS Mandiri secara online, tentunya memudahkan Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang.