Cara Mematikan Data Whatsapp di HP Samsung Semua Tipe

Inilah ulasan mengenai bagaimana cara mematikan data whatsapp di HP Samsung semua tipe. Semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca senuanya.

Brodanni - Ketika liburan panjang tiba, dan Anda tak ingin ada seseorang pun yang mengganggu waktu dengan cara menghubungi Anda melalui WhatsApp, maka matikan saja data WhatsApp di HP Anda. Berikut ini merupakan cara mematikan data WhatsApp di HP Samsung.

Baca Juga : Cara Memakai NFC di Hp Samsung Semua Model

Cara Matikan Data WA di Smartphone Samsung

Ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan untuk dapat mematikan data WA di HP Samsung, adapun caranya silahkan simak ulasan di bawah ini : 

Matikan Koneksi secara Manual

Untuk mematikan data aplikasi di HP Samsung, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara. Cara yang pertama adalah dengan menonaktifkan data seluler HP. Akan tetapi, pesan WhatsApp akan tetap masuk bilamana HP Samsung Anda masih tersambung otomatis dengan Wifi setempat.

Cara Mematikan Data Whatsapp di HP Samsung

Oleh karena itu, jangan lupa juga untuk mematikan juga jaringan Wifi Anda. Dan atau Anda juga dapat mengaktifkan mode pesawat pada ponsel Anda. Namun, dengan cara-cara sederhana berikut, Anda juga secara otomatis tidak dapat online di aplikasi lainnya.

Nonaktifkan Background Data

Jika ingin menggunakan aplikasi lain secara online di HP Samsung yang sama, maka Anda dapat menonaktifkan background data melalui menu Setting atau Pengaturan. Berikut ini merupakan cara mematikan data WhatsApp di HP Samsung melalui menu pengaturan.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Isi Pesan WA di Notifikasi Xiaomi

Langkah pertama bukalah menu atau aplikasi "Pengaturan" atau "Setting" di HP Samsung Anda. Selanjutnya, pilihlah opsi Aplikasi atau "System apps".

Langkah berikutnya, buka opsi "Daftar Aplikasi" atau "Manage Apps". Setelah itu, akan muncul deretan aplikasi yang dimiliki atau terinstall di HP Samsung Anda. Gulirkanlah layar HP Anda menuju daftar aplikasi berhuruf depan "W", kemudian pilihlah aplikasi WhatsApp.

Berikutnya, klik opsi "Data Seluler" dan kliklah tombol "Izinkan Penggunaan Latar Belakang" hingga ikon tombolnya tidak menyala.

Dengan begitu data latar belakang aplikasi WhatsApp Anda tidak akan berjalan saat tidak digunakan. Anda juga akan tetap dapat online menggunakan aplikasi lain meski menggunakan HP yang sama.

Nonaktifkan notifikasi WhatsApp

Selanjutnya, Anda dapat juga mencoba melakukan pemblokiran notifikasi WhatsApp di menu pengaturan HP Samsung. Untuk menonaktifkan notifikasi WhatsApp di HP Samsung, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Baca Juga : Cara Mematikan Status Online di WA 

Langkah pertama masih sama, yaitu bukalah menu atau aplikasi "Pengaturan" atau "Setting" di HP Samsung Anda. Selanjutnya, pilihlah opsi Aplikasi atau "System apps".

Langkah berikutnya, buka opsi "Daftar Aplikasi" atau "Manage Apps". Setelah itu, akan muncul deretan aplikasi yang terinstal di HP Samsung Anda. Carilah kata 'WhatsApp' dalam daftar aplikasi yang ada, kemudian kliklah aplikasi WhatsApp.

Pada tahap terakhir, Anda dapat mengetuk menu notifikasi dan lakukanlah upaya non aktifkan semua pemberitahuan. Dengan begitu sekarang Anda tidak akan memperoleh lagi notifikasi dari aplikasi WhatsApp Anda.

Gunakan Aplikasi Pendukung

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi lain untuk mematikan data WhatsApp di HP Samsung. Contohnya seperti Data Watcher : Safe Mobile Data, Internet Guard - No Root Firewall and Data Saver, Hibernator, dan aplikasi sejenis lainnya. 

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat Anda unduh dan instal di Google Play Store. Namun, sebelum menginstalnya, Anda perlu memastikan bahwa ruang penyimpanan Anda cukup untuk mengunduh aplikasi-aplikasi pendukung tersebut.

Baca Juga : Cara Memperbaharui Whatsapp yang Kadaluarsa

Demikian beberapa alternatif cara mematikan data WhatsApp di HP Samsung. Dalam keadaan darurat, cara-cara tersebut bisa Anda terapkan. Pilih saja yang sekiranya sesuai dan paling mudah untuk dilakukan.

WhatsApp sendiri saat ini merupakan salah satu aplikasi chatting dengan pengguna terbanyak di dunia. Hingga bulan Januari 2022 lalu, tercatat lebih dari 2 miliar pengguna dari seluruh dunia. Tak heran jika mayoritas orang akan menghubungi Anda melalui aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi.