Cara Menghitung Cicilan Kredivo : Begini Simulasinya!

Anda berminat mengambil pinjaman di aplikasi kredivo? Inilah cara menghitung cicilan kredivo beserta simulasi lainnya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Kredivo aplikasi kredit online dengan pilihan cicilan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Seperti aturan kredit pada umumnya, di Kredivo Anda juga akan dikenakan bunga setiap bulannya. Sebelum mengambil kredit di Kredivo, sebaiknya Anda mengetahui cara menghitung cicilan Kredivo.

Cara Menghitung Cicilan Kredivo

Menghitung Cicilan Kredivo Berdasarkan Bunga Pinjaman

Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit apalagi dalam jumlah yang banyak, penting untuk menghitung cicilan untuk mengetahui apakah sesuai kemampuan finansial Anda atau tidak. Cicilan Kredivo yang Anda ambil dapat dihitung berdasarkan bunga pinjaman yang ditetapkan. 

Baca Juga : Pengalaman Telat Bayar Kredivo : Begini Ceritanya!

Bunga pinjaman yang ditawarkan tergantung dengan tenor pinjaman yang Anda ambil. Jika memilih jangka 30 hari sampai 3 bulan bunganya 0%. Untuk jangka waktu pinjaman 6 bulan dan 1 tahun bunga yang dibebankan 2,60%.

Cara menghitung besarnya cicilan per bulan yaitu dengan rumus mengalikan pokok pinjaman dengan suku bunga dan jangka waktu. Hasil dari perhitungan tersebut kemudian dibagi dengan jangka waktu (dalam bulan). Dengan begitu, Anda bisa tahu jumlah cicilan per bulan yang harus dibayarkan.

Cara Hitung Cicilan Melalui Aplikasi Kredivo

Menghitung cicilan Kredivo dapat Anda lakukan dengan mudah melalui aplikasinya pada ponsel. Berikutnya, Anda tinggal login untuk melihat tampilan menu akun. Pada menu akun pilih kalkulator cicilan untuk menghitung simulasi pinjaman yang Anda ajukan.

Baca Juga : Kasus Tidak Membayar Kredivo dan Risikonya

Setelah memasukkan nominal pinjaman Anda maka klik submit untuk melihat hasilnya. Dengan begitu, akan muncul tampilan detail cicilan yang harus dibayar mulai dari biaya, tenor pinjaman hingga suku bunga yang ditetapkan.

Cara menghitung cicilan Kredivo menggunakan cara ini memiliki keakuratan 100%. Biaya lain yang tidak masuk dalam perhitungan dan perlu disiapkan dananya yaitu biaya layanan penanganan.

Batas Limit Kredit Kredivo Beserta Dendanya

Jika Anda mengambil jangka pembayaran selama 30 hari, maka batas maksimal yang bisa didapatkan yaitu 3 juta rupiah. Untuk mendapatkan pinjaman dengan batas maksimal yaitu 30 juta rupiah, Anda bisa mengambil jangka waktu 3 bulan hingga 1 tahun.

Setelah mengetahui limit kredit yang dapat diajukan, sebaiknya Anda juga mengetahui denda yang diterapkan. Kredivo membebankan denda keterlambatan pembayaran sebesar 3% dan untuk bunga keterlambatan pembayaran yaitu  2,95%. Jadi, jangan sampai telat membayar agar tidak terkena denda.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kredivo

Kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih menggunakan Kredivo yaitu Anda tidak akan dikenai biaya pelunasan saat ingin mempercepat pelunasan kredit yang diambil. Selain terbebas dari biaya tersebut, Anda juga tidak perlu membayar biaya administrasi.

Baca Juga : Cara Mencairkan Limit Kredivo Ke Rekening dengan Benar

Pengajuan kredit melalui Kredivo juga cepat dan persyaratannya mudah. Untuk mengajukan kredit, Anda hanya perlu mengunggah semua persyaratan tanpa perlu menyerahkan dokumen dalam bentuk fisik.

Kekurangan dari menggunakan Kredivo yaitu terdapat denda keterlambatan bila Anda tidak bisa membayar cicilan tepat waktu. Selain denda keterlambatan, jika jumlah cicilan kredit Anda lebih dari satu, maka hal tersebut akan menambah daftar cicilan Anda.

Manfaat Menghitung Cicilan

Adapun manfaat yang bisa Anda peroleh jika menghitung cicilan kredit yaitu bisa mengetahui perhitungan simulasi cicilan yang terpercaya. Selain hal tersebut Anda jadi bisa mengetahui kemampuan finansial dalam mengambil tenor cicilan dan jumlah limit kredit. 

Baca Juga : Cara Masuk Akun Kredivo yang Sudah Terdaftar

Dengan menghitung cicilan, Anda jadi bisa membandingkan harga barang lebih murah atau mahal. Hal ini tentu membantu Anda dalam mendapatkan harga murah dari beberapa pilihan marketplace yang ada. Jadi, sebelum memutuskan mengambil kredit ada baiknya Anda menghitung cicilannya terlebih dahulu. 

Cara menghitung cicilan Kredivo sebenarnya mudah bukan? Cara paling mudah yang bisa Anda terapkan adalah melihat perhitungannya langsung dari aplikasi.