Kasus Tidak Membayar Kredivo dan Risikonya

Inilah ulasan mengenai beberapa kasus tidak membayar kredivo beserta resikonya. Semoga bisa menjadi sebuah pelajaran berharga untuk Anda para pembaca.

Brodanni - Kredivo merupakan platform kredit yang aman digunakan dan telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Aplikasi dari PT Finaccel Finance Indonesia ini memberikan layanan peminjaman uang dan kredit pembelian barang. Pengguna harus membayar cicilan agar terhindar dari kasus tidak membayar Kredivo.

Kasus Tidak Membayar Kredivo

Tips Sebelum Menggunakan Kredivo

Untuk Anda yang ingin dan akan menggunakan Kredivo, pastikan untuk memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam hal pinjam meminjam. Pahami juga mengenai bunga pinjaman Kredivo yang harus disesuaikan dengan kemampuan dan finansial Anda.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Akun Kredivo yang Terblokir Sementara

Setelah Anda memahami dengan baik, berbijak dan bertanggungjawablah dalam menggunakan Kredivo untuk pinjam meminjam dan kredit barang. Setiap kecurangan akan tercatat dan menjadi riwayat kredit buruk Anda.

Risiko dari Tidak Membayar Kredivo

Sebelum melakukan pinjaman atau kredit barang menggunakan Kredivo, pahami dulu risiko dari keterlambatan membayar Kredivo. Berikut beberapa ulasan mengenai risiko tidak membayar Kredivo

Denda Keterlambatan dalam Membayar Cicilan

Cicilan Kredivo harus dibayarkan sebelum atau tepat pada tanggal yang telah ditetapkan. Hal ini harus Anda lakukan untuk menghindari sanksi berupa denda karena keterlambatan pembayaran. Ketika Anda melakukan pembayar setelah tanggal jatuh tempo, akan tercatat sebagai menunggak dan dikenai denda.

Pihak Kredivo memberikan denda yang harus Anda bayarkan sesuai nominalnya. Hal tersebut akan menambah biaya cicilan dan bunga Anda.

Tercatat Riwayat Kredit di SLIK OJK

Keterlambatan dalam membayar cicilan Kredivo juga akan tercatat sebagai riwayat kredit yang buruk di SLIK OJK. Dengan demikian, nama Anda bisa terblacklist dari pinjaman uang baik di lembaga perbankan maupun lembaga pinjaman online melalui aplikasi yang telah terdaftar OJK.

Baca Juga : Berapa Lama Pinjaman Tunai Kredivo Cair : Ini Penjelasannya!

Saat Anda membutuhkan uang untuk keperluan yang mendesak dan darurat, melakukan pinjaman melalui aplikasi adalah solusi untuk permasalahan tersebut. Peminjaman di bank juga bisa menjadi alternatif. Akan tetapi, hal tersebut tidak akan bisa dilakukan sebab kasus tidak membayar Kredivo.

Selain risiko tersebut, juga ada kemungkinan lain yang bisa memberatkan Anda dikemudian hari. Ketika nama Anda telah terblacklist di BI, Anda juga tidak bisa mengajukan pembelian rumah menggunakan KPR maupun bertransaksi lain seperti kredit kendaraan yang berkenaan dengan riwayat di SLIK OJK.

Tagihan yang Dilakukan oleh Pihak Debt Collector Kredivo

Keterlambatan pembayaran cicilan Kredivo sampai dengan tanggal yang telah ditetapkan, akan ditagih secara langsung oleh pihak ketika yakni debt collector Kredivo. Penagihan dapat dilakukan secara langsung di rumah, di tempat kerja, maupun ke saudara terdekat.

Penagihan tersebut akan mengganggu kenyamanan Anda dan orang terdekat. Selain itu, penagihan juga bisa membuat Anda merasa malu karena didatangi oleh pihak penagih Kredivo. Tidak hanya kenyamanan Anda yang bisa terganggu, tapi aktivitas Anda juga bisa terganggu dan tersendat karena itu.

Tagihan Menjadi Semakin Tinggi

Ketika Anda tidak membayar cicilan atas pembelian barang atau cicilan pinjaman uang dengan tepat waktu dan lunas secara tuntas, tagihan tersebut akan semakin memberatkan. Cicilan beserta bunga pinjaman dan ditambahkan lagi dengan denda, akan membuat tagihan semakin besar.

Tunggakan yang berbulan-bulan hingga bertahun-tahun akan meningkatkan besarnya total bunga yang harus Anda bayarkan, meskipun suku bunga tetap dan terbilang kecil. Semua biaya akan bernilai sangat besar apabila dikalkulasikan.

Baca Juga : Pengalaman Telat Bayar Kredivo : Begini Ceritanya!

Itulah beberapa risiko dari kasus tidak membayar Kredivo yang bisa diterima oleh para pengguna Kredivo. Apabila Anda ingin menggunakan Kredivo untuk pinjam uang secara online atau paylater suatu barang, pilihlah dengan bijak dan lakukan banyak pertimbangan sesuai dengan kebutuhan Anda.