3 Cara Memanfaatkan Laptop atau Komputer Jadul yang Tidak Terpakai

Anda punya laptop atau pc jadul di rumah? inilah 3 cara memanfaatkan laptop atau pc jadul yang tidak terpakai. Semoga bermanfaat untuk pembaca semua!

Memanfaatkan Komputer Jadul - Hai sobat, pasti di antara kalian ada yang punya laptop atau komputer jadul kan? Daripada nganggur tidak terpakai, mending dimanfaatkan lagi. Bagaimana caranya?

memanfaatkan komputer jadul

Kali ini saya akan membagikan beberapa cara untuk memanfaatkan PC jadul atau  yang sudah tidak terpakai berdasarkan pengalaman saya.

1. Gunakan Untuk Mencoba Linux

Sebagian besar manusia di muka bumi ini menggunakan sistem operasi Windows dan Mac OS di komputer mereka. Menurut data dari gs.statcounter.com, pengguna linux hanya mencapai 2.08% di seluruh dunia.

Mungkin beberapa orang masih ragu dan takut untuk menggunakan linux di komputer atau laptop utama mereka, atau mereka sudah terlalu nyaman dengan Windows dan Mac OS (OS X).

Sebenarnya bisa menggunakan virtualbox untuk mencoba linux, namun jika ada laptop tak terpakai, kenapa tidak digunakan saja?

Baca Juga : Alternatif Microsoft Office Tanpa Install : Ini Solusinya!

Sekarang ini sudah banyak sekali distro linux yang sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari menggunakan komputer. Bukan hanya untuk Anak IT, namun untuk semua orang secara umum. Distro linux yang sangat populer misalnya Ubuntu, Linux Mint, Zorin OS, dan masih banyak lagi.

Khusus untuk laptop jadul, sobat bisa mencoba distro yang ringan seperti Q40S, Bodhi Linux, Puppy Linux, dan kawan-kawannya.

2. Jadikan Sebagai Tempat Penyimpanan Data

Pasti sobat memiliki file-file penting yang memenuhi storage penyimpanan smartphone dan laptop sobat. File-file tersebut bisa sobat simpan atau backup di laptop jadul yang sobat miliki.

Jika laptop tersebut terlalu berat menjalankan sistem operasi, sobat bisa menginstall distro linux yang ringan. Jika laptop tersebut tidak mau menyala karena kerusakan part tertentu, sobat bisa mengambil hard disk nya dan menjadikannya sebagai HDD External.

3. Jadikan Sebagai Home Theater PC atau Media Center

HTPC adalah perangkat konvergen yang menggabungkan beberapa atau semua kemampuan komputer pribadi dengan aplikasi perangkat lunak yang mendukung video, foto, pemutaran audio, dan terkadang fungsi perekaman video. 

Jika sobat suka streaming konten multimedia seperti musik, film, video dan sebagainya, cara ini sangat recommended untuk dicoba. Intinya, sobat menggunakan laptop jadul sobat untuk streaming dan menampilkannya di tv.

Cara ini juga bisa disebut "menjadikan tv biasa menjadi smart tv". Jadi, laptop jadul sobat akan berfungsi seperti Android Tv Box namun tidak menggunakan Android, melainkan LibreELEC.

LibreELEC dan Kodi

LibreELEC adalah sistem operasi  JEOS (Just Enough OS) untuk menggunakan kodi, kodi sendiri adalah software media center yang sangat populer dan tersedia di banyak platform seperti Android, Windows, Mac, Linux, dan lainnya.

Keuntungan menggunakan LibreELEC

Kita sedang membahas laptop atau komputer jadul yang spesifikasinya sudah tertinggal jauh. Jika menginstall kodi di laptop dengan spesifikasi seperti ini, tentunya media yang diputar tidak akan berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Apa Gunanya Aplikasi Yandex Browser? Simak Kelebihannya!

Dengan menggunakan LibreELEC, seolah-olah kita menginstall Kodi langsung pada komputer. Jadi, tidak ada sistem operasi lain yang memberatkan CPU.

Mungkin cara ke-3 memanfatkan laptop jadul ini akan saya jadikan pembahasan tersendiri di postingan berikutnya. Jika sobat ingin menambahkan, silahkan isi kolom komentar di bawah