Kenapa Laptop Boros Kuota Internet : Yuk, Kita Ketahui Penyebabnya!

Kadang kita sering bertanya-tanya, kenapa laptop boros kuota internet. Nah, jawaban atas pertanyaan kamu ada di ulasan ini. Semoga bermanfaat untukmu.

Brodanni - Laptop kini menjadi alat yang berguna bagi sebagian orang untuk menunjang aktivitas sehari-hari, mulai dari bekerja, belajar, hingga hiburan. Apalagi di masa epidemi ini, banyak yang menggunakan Internet untuk beroperasi dari rumah. Tetapi bahkan jika Anda membelinya, Anda masih akan frustrasi jika kuota Internet berakhir terlalu cepat.

Kenapa Laptop Boros Kuota Internet

Sementara itu, jika kamu bingung kenapa hal ini bisa terjadi, kamu bisa mengetahui beberapa penyebab kenapa kuota internet boros di laptop di artikel berikut ini. Selain itu, ada beberapa solusi yang bisa Anda coba agar kuota tidak cepat habis.

Mengapa laptop menghabiskan kuota internet?

Perbarui Sistem Operasi Secara Otomatis

Sistem operasi, seperti Windows, sering kali memerlukan peningkatan atau peningkatan, yang dapat mengakibatkan kuota kuota Internet yang signifikan. Alhasil, Anda bisa mematikan fitur Auto Update untuk mendownload update nanti saat kuota internet Anda masih tinggi.

Baca Juga : 3 Cara Memanfaatkan Laptop atau Komputer  Jadul

Mematikan fitur pembaruan otomatis pada Windows 10 atau lebih tinggi sebenarnya jauh lebih sulit sekarang. Untuk itu, Anda harus dapat mengaktifkan fitur Metered Connection, karena kuota internet yang digunakan terbatas dan tidak mengharuskan Anda untuk download file update berukuran besar.

Akses Streaming Video

Diakui, banyak orang menonton video di penyedia layanan streaming. Namun terkadang, karena sifat penggunaan yang tidak disengaja, penggunaan data mungkin lebih dari sekadar perangkat seluler. Oleh karena itu, tidak heran jika kuota internet yang digunakan lebih boros. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan kualitas standar daripada otomatis jika ingin kuota Anda berjalan lebih cepat.

Spyware dan Malware yang Diretas

Spyware dan malware mungkin telah menyusup ke laptop Anda, yang mungkin secara diam-diam mencuri informasi penting atau menggunakan sistem untuk sesuatu.

Terkadang jumlah data yang digunakan dapat mempengaruhi penggunaan kuota internet yang terus meningkat. Jadi unduh aplikasi anti-spyware dan malware dan pastikan sistem Anda selalu bersih. Anda juga perlu melakukan pengecekan secara berkala untuk meminimalkan risiko diretas.

Pembaruan Basis Data Antivirus

Antivirus merupakan aplikasi yang sering dipasang di laptop untuk melindungi dari serangan virus. Biasanya media penyimpanan eksternal tersebut otomatis di scan setiap kali terhubung ke laptop, saat menginstal aplikasi atau mendownload file.

Setiap kali, tentu saja, anti-virus muncul dengan virus baru yang selalu perlu memperbarui basis datanya untuk mencegah serangan. Hal ini terkadang dapat menyebabkan penggunaan kuota internet yang berlebihan karena update - nya bisa sangat besar. Jadi atur proses upgrade secara manual sesuai keinginan.

Ditulis Ulang oleh brodanni.com dari sumbernya: https://gadgetren.com/2021/12/18/kenapa-laptop-boros-kuota-internet-155394/