Cara Memblokir Nomor HP Orang Agar Tidak Bisa Digunakan Lagi di Android

Anda sering terganggu dengan adanya panggilan-panggilan telpon yang gak jelas? Inilah Cara Memblokir Nomor HP Orang Agar Tidak Bisa Digunakan Lagi.

Brodanni - Menerima panggilan atau pesan dari orang yang tak dikenal memang cukup mengganggu. Selain merasa privasi terancam, bisa saja orang tersebut memiliki niat yang tidak baik. Ini bisa diatasi dengan cara memblokir nomor HP orang agar tidak bisa digunakan lagi. Berikut panduannya

Cara Memblokir Nomor HP Orang Agar Tidak Bisa Digunakan Lagi

Memblokir Nomor HP Agar Tidak Bisa Dihubungi Kembali

Bagi Anda yang merasa terganggu dengan kehadiran nomor-nomor asing, Anda bisa menyimak tahapan mengenai cara memblokir kontak atau nomor HP yang tidak diinginkan. Begini stepnya !

Blokir Menggunakan Menu Kontak

Cara memblokir nomor orang yang mengganggu dapat Anda lakukan dengan menggunakan menu kontak. Langkahnya yaitu, simpan terlebih dahulu nomor tak dikenal tersebut, kemudian buka, lalu pilih opsi details pada pilihan menu. 

Di sana akan muncul beberapa pilihan, dan pilihlah opsi block number. Cara ini dapat dibedakan sesuai dengan tipe HP yang digunakan. 

Blokir Menggunakan Pesan

Cara berikutnya untuk memblokir nomor tak dikenal adalah melalui menu pesan. Caranya yaitu dengan membuka menu panggilan, kemudian pilih nomor yang hendak Anda blokir, lalu klik opsi kirim pesan. 

Baca Juga : Cara Menelpon Nomor yang Memblokir Kita di Android

Pilih opsi block number pada menu di pojok kanan. Setelah itu, nomor tak dikenal tersebut telah langsung terblokir secara otomatis. 

Blokir Menggunakan Riwayat Panggilan

Memblokir nomor tidak dikenal juga dapat Anda lakukan melalui riwayat panggilan. Di sini Anda tidak perlu menyimpan nomor tersebut terlebih dahulu, jadi langsung saja. Cara pemblokirannya yaitu dengan masuk ke menu riwayat panggilan (call), kemudian cari nomor tak dikenal tersebut.

Kemudian, pilih opsi block number pada menu yang disediakan. Kini nomor tersebut akan langsung terblokir dan tidak mengganggu Anda kembali.

Blokir Menggunakan Aplikasi

Cara memblokir nomor HP orang agar tidak bisa digunakan lagi bisa juga menggunakan aplikasi. Terdapat beberapa aplikasi yang dapat mendukung proses tersebut. Berikut di antaranya.

Aplikasi Calls Blacklist

Aplikasi pemblokir nomor yang pertama yaitu Calls Blacklist. Aplikasi ini memiliki kapasitas yang cukup ringan, yaitu berukuran 3 MB saja. Cara penggunaan aplikasi ini yaitu dengan mengunduh Calls Blacklist terlebih dahulu di Google Play Store.

Kemudian, jika sudah terinstal, buka aplikasi tersebut. Nantinya akan terdapat notifikasi izin peraturan mesin telepon akan dipindah menggunakan aplikasi ini, maka klik oke. Langkah selanjutnya, silahkan menuju pojok kanan bawah terdapat tombol +. Kemudian, pilih nomor yang hendak Anda blokir.

Jika nomor tersebut belum tersimpan di HP, maka pilih opsi dari riwayat panggilan (from calls log). Namun, jika nomor tersebut sudah Anda simpan, maka tinggal pilih opsi dari kontak (from contact). Setelah memilih nomor yang hendak diblokir, maka nomor tersebut akan segera di proses secara otomatis oleh aplikasi.

Aplikasi True Caller

Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan untuk memblokir nomor adalah Truecaller. Aplikasi ini dapat mengenali jika terdapat nomor tak dikenal tiba-tiba telepon. Bukan hanya itu, True Caller juga dapat memblokir nomor tersebut jika dirasa mengganggu.

Penggunaannya diawali dengan cara mengunduh aplikasi ini di Play Store terlebih dahulu, lalu buka aplikasi. Nantinya, akan terdapat kolom kosong yang dapat Anda isi dengan nomor yang akan diblokir. Kemudian, dari pihak Truecaller akan menelepon Anda untuk verifikasi.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk login ke akun Gmail atau Facebook. Jika sudah, pilih nomor yang hendak di blokir pada daftar kontak jika sudah disimpan, atau langsung pada panggilan masuk jika belum.  Kemudian, pilih opsi block maka nomor tersebut akan langsung terblokir secara otomatis.

Baca Juga : Cara Blokir Nomor di HP Nokia Jadul Begini Stepnya!

Beberapa cara memblokir nomor HP orang agar tidak bisa digunakan lagi dapat Anda gunakan jika terdapat nomor yang tidak dikenal menelpon serta mengganggu. Pilih saja metode yang dirasa paling mudah.