Bisnis Sewa Apartemen : Kelebihan dan Kekurangannya!

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis sewa apartemen, inilah ulasan mengenai bisnis sewa apartemen beserta kelebihan dan kekurangannya. Selamat membaca

Bisnis Sewa Apartemen – Pertumbuhan penduduk di Indonesia yang terbilang cukup pesat memicu semakin di butuhkannya tempat hunian di berbagai tempat. Menjadi tidak mengherankan jika sekarang ini penjualan properti semakin di minati, karena saking di butuhkannya hunian saat masih dalam tahap rencana atau rancangan awal saja sudah laris manis laku terjual kepada konsumennya.

Bisnis Sewa Apartemen

Lalu bagaimana dengan hunian atau tempat tinggal berupa apartemen ? karena fungsinya yang bisa di katakan sama, maka beberapa tahun belakangan ini apartemen juga popularitasnya ikut mencuat. Terlebih tinggal di apartemen sekarang ini menjadi salah satu trend hunian modern khas masyarakat perkotaan, dan selain itu semakin tingginya produktifitas berbagai kalangan sekarang ini membuat kepraktisan dan kemudahan sangat di utamakan. 

Misalnya saja bagi masyarakat yang tempat tinggalnya cukup berjauhan dengan tempat bekerja atau kegiatan lain, seperti di pinggiran kota atau bahkan luar kota. Maka sewa apartemen akan menjadi pilihan yang masuk akal di banding dengan harus setiap saat harus menempuh lalu lintas yang jauh dan juga padat. Belum lagi kalangan pelajar mahasiswa yang menuntut ilmu di belahan kota berbeda yang pastinya membutuhkan tempat tinggal yang dekat dengan kampusnya.

Kebutuhan-kebutuhan seperti ini mendorong bisnis sewa apartemen di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya dan lainnya menjadi sangat di butuhkan sebagai alternatif dari sewa rumah atau kamar kos biasa.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Sewa Apartemen 

Adakah pembaca yang tertarik menjalankan bisnis seperti ini ? Simak dahulu beberapa kelebihan dan juga kekurangannya yang kami rangkum berikut ini

Kelebihan Bisnis Sewa Apartemen

Yang menjadi nilai utama kelebihan dari bisnis sewa apartemen ini salah satunya adalah karena tengah menjadi trend terutama di kalangan menengah ke atas, menjadikan bisnis ini potensinya cukup besar untuk di jalankan dengan tarif sewa harian ataupun bulanan yang besar. 

Sebagai contoh, di lokasi tengah kota yang strategis satu unit apartemen dengan kisaran harga 500 jutaan ada yang dapat disewakan hingga angka 4-5 jutaan per bulan.

Harga sewa tersebut bagi sebagian orang cukup menarik perhatian, mengingat untuk harga properti di tengah kota besar pastinya berharga sangat tinggi. Belum lagi berbagai fasilitas yang bisa di dapat dengan tinggal di apartemen seperti keamanan, kebersihan serta fasilitas modern yang biasa melengkapinya seperti kolam renang, pusat kebugaran, pusat pertokoan dan lain sebagainya. 


Bagi pebisnis sewa apartemen hitungan yang biasa berlaku untuk menentukan tarif harga sewa ini adalah, harga apartemen di kali dengan nilai kapitalisasi sebesar 7 hingga 12% nya. Yang berarti jika harga satu unit apartemen sebesar 500 juta rupiah dikalikan 12% adalah sebesar 60 juta pertahunnya. Cukup tinggi jika di bandingkan dengan hitungan tarif sewa rumah yang nilai kapitalisasinya hanya berkisar 3-5% saja. Namun tentu saja angka-angka tersebut masih tergantung dengan tingkat strategis lokasinya juga.

Kekurangan Bisnis Apartemen

Dibalik keuntungan dari bisnis ini di atas, terdapat pula kekurangan yang harus siap di hadapi jika ingin menjalankan bisnis sewa apartemen ini. Diantaranya nilai investasi jangka panjang yang lebih rendah jika di bandingkan dengan tempat tinggal berupa rumah biasa. Artinya dalam beberapa tahun mendatang kenaikan harga jual apartemen ini akan lebih kecil jika dibandingkan kita menjual rumah yang bisa naik berkali-kali lipat. 

Dan selain itu dengan memiliki sebuah unit apartemen juga berarti kita akan di kenai berbagai peraturan yang di tetapkan pengelola terutama pada sisi kewajiban pembayaran perawatan rutin setiap bulannya. Karena dengan adanya berbagai fasilitas di dalam gedung apartemen yang dapat di nikmati seluruh penghuninya, biaya perawatannya pun akan di ambil dari para pemilik unitnya.


Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan menjalankan bisnis sewa apartemen yang dapat kami sampaikan, semoga bisa menjadi masukan yang bermanfaat.