Cara Investasi Tanah dengan Modal Kecil? Begini Langkahnya

Salah satu bisnis yang paling menjanjikan di daerah berkembang adalah bisnis investasi. Simak mengenai cara investasi tanah dengan modal kecil berikut

Cara Investasi Tanah Dengan Modal Kecil - Salah satu bisnis yang paling menguntungkan di daerah berkembang adalah bisnis investasi kavling tanah. Keuntungan yang didapat bisa mencapai 300% dari modal awal. Mereka yang menjalankan bisnis ini tidak hanya dituntut memiliki modal, tetapi juga harus memiliki nyali dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. 

cara investasi tanah dengan modal kecil

Bagi yang tidak memiliki modal untuk mengembangkan usaha ini biasanya mencari tanah yang ingin dijual dan kemudian bernegosiasi dengan pemiliknya. Mereka menawarkan sistem pungutan kepada pemilik tanah untuk setiap kavling yang dijual, sementara semua urusan surat, pembukaan lahan, pemasaran dan lain-lain ditangani olehnya. Untuk lebih jelasnya pembahasan mengenai bisnis Investasi Tanah, silahkan simak penjelasan berikut ini:

Bagaimana Investasi Tanah dengan Modal Kecil?

Metode dan Teknik Penataan Lahan

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum terjun ke bisnis ini adalah bagaimana mengolah tanah dengan benar. Setiap plot biasanya memiliki ukuran, tergantung pemilik bisnisnya. Di kawasan berkembang, umumnya luas kavling adalah 10 x 20,8 x 18 atau 10 x 12. Setiap pemilik lahan bebas menentukan luas kavlingnya.

Namun dalam arti luas selalu menyesuaikan luas totalnya tanah yang mereka miliki. Misal anda memiliki tanah seluas 1 hektar dengan panjang 200 x 50 meter, maka anda bisa membaginya menjadi 40 kavling. Setiap plot berukuran 10 x 20 meter. Sedangkan jalan kavlingan memiliki lebar 10 meter. 

Bagaimana Cara Penting Untuk Memplot Tanah Adalah Akses Jalan Raya?

Semakin lebar akses jalan yang Anda tentukan, semakin banyak orang yang tertarik untuk membelinya. Lebar jalan 10 meter bukan berarti jalan itu 10 meter. Karena jarak 10 meter itu, maka akan dialokasikan untuk parit minimal 1 meter (kiri dan kanan masing-masing setengah meter).

Cara Menentukan Harga Tanah Kavling

Jadi, untuk menentukan harga tanah bisa mengikuti harga pasar. Silakan cari tahu harga yang ditetapkan oleh orang-orang yang terlibat dalam bisnis ini. Yang harus menjadi perhatian bagi Anda yang masih pemula dalam bisnis investasi tanah adalah bahwa penetapan harga tidak boleh digeneralisasikan. 

Harga kavling yang berdekatan dengan jalan raya tentunya lebih mahal dari pada yang paling menonjol (di ujung jalan). Misalnya, Anda menawarkan sebidang tanah seharga 25 juta. Harga 25 juta itu harga yang paling murah, jadi untuk tanah posisi paling depan bisa dipatok harga 30, 35 atau 40 jutaan.

Teknik Rahasia Untung Besar dalam Bisnis Investasi Tanah Kavling

Sebagai pebisnis, Anda harus memanfaatkan peluang yang ada meski sangat kecil dan membutuhkan kesabaran. Yang saya maksud disini adalah harga tanah cenderung naik setiap tahun. Oleh karena itu, jika Anda menjual kavling tanah, jangan jual semuanya. Simpan 2 atau 3 lot untuk investasi masa depan. Ketika sebagian besar plot Anda telah terjual, nilai tanah di sekitarnya secara otomatis akan meningkat seiring waktu.

Meningkatkan Nilai Plot

Pada umumnya manusia menginginkan sesuatu yang sempurna, termasuk membeli sebidang tanah. Ketika calon konsumen melihat sebidang tanah, hal pertama yang mungkin menjadi perhatian adalah lokasi, baik itu akses jalan, topografi dan lain-lain. 

Jadi apa yang harus ditingkatkan untuk mendekati kesempurnaan guna meningkatkan minat pembeli potensial Anda? Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan tanah agar terlihat lapang. Meratakan jika tanah berbukit atau membuat parit di kiri dan kanan lahan untuk menghindari genangan air jika hujan.

Teknik Promosi Investasi Tanah Kavling

Setelah semuanya siap, saatnya melakukan promosi. Promosi bisa melalui media sosial, selebaran yang dipasang di berbagai tempat, menggunakan spanduk atau menghubungi teman untuk membantu pemasaran tentunya. Untuk tujuan promosi, kami menyarankan Anda menawar beberapa lot di bawah harga standar. Anda dapat menggunakan sistem waktu atau beberapa pembeli pertama dengan harga diskon. Demikianlah ulasan tentang cara investasi tanah dengan modal kecil semoga bermanfaat.