Cara Memilih Pinjaman Online Terpercaya : Begini Tipsnya!

Begini Cara Memilih Pinjaman Online Terpercaya. Semoga bermanfaat untuk Anda sebelum memutuskan untuk meminjam uang di platform pinjaman online.

Cara Memilih Pinjaman Online Terpercaya - Pinjaman online adalah salah satu produk yang dikeluarkan oleh perusahaan fintech di mana produk ini akan memberikan sebuah pinjaman tanpa memerlukan adanya jaminan. Artinya ketika seseorang membutuhkan dana darurat, hanya perlu menghubungi perusahaan tersebut dan melengkapi persyaratan untuk bisa mengajukan pinjaman online.

Cara Memilih Pinjaman Online Terpercaya

Kebutuhan ekonomi saat ini memang sudah meningkat, baik dari harga makanan pokok, tanggungan pendidikan, hingga biaya kesehatan. Sedangkan banyak orang yang masih hidup pada garis menengah ke bawah. Hal ini bisa membuat sewaktu-waktu ada kebutuhan darurat yang harus dipenuhi meskipun tidak adanya tabungan dan harus melakukan pinjaman online.

Baca Juga : Pengalaman Telat Bayar Kredivo : Begini Ceritanya!

Melihat peluang seperti ini, banyak perusahaan pinjaman online fintech atau perusahaan finansial yang mengawinkan antara jasa finansial dan teknologi berkembang pesat. Dari data OJK saja di tahun 2019 sudah ada 1447 perusahaan seperti ini. Meskipun dari sekian banyak perusahaan tersebut hanya 127 saja yang sudah memenuhi syarat.

Lalu bagaimana cara memilih perusahaan pinjaman online yang terpercaya? Apakah ada tips khusus yang bisa dilakukan supaya terhindar dari penipuan? Apalagi mengingat ada ribuan perusahaan sejenis. Karena itu Anda perlu mengetahui beberapa hal sebelum memilih sebuah perusahaan yang akan Anda gunakan.

Beberapa Cara Memilih Pinjaman Online Terpercaya

Survei Perusahaan Pinjaman Online

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan survei pada perusahaan fintech. Saat ini karena ada banyak perusahaan sejenis, maka persaingan pasar akan lebih ketat. Ada yang memberikan penawaran yang mungkin tidak masuk akal supaya mendapatkan nasabah baru untuk bisa dimanfaatkan.

Penting bagi Anda untuk mengetahui perusahaan pinjaman online mana yang akan diminta bantuan. Anda bisa mencari tahu di internet dengan mengetikan kata kunci tertentu untuk mendapatkan jawaban. 

Biasanya, setiap perusahaan pinjaman online akan terlihat jelas apakah itu terpercaya atau tidak. Perusahaan terpercaya biasanya mendapatkan sambutan baik sehingga sering Anda dengar, baik di media sosial atau yang lain. Ini bisa Anda jadikan sebagai alasan dan landasan ketika memilih perusahaan fintech tersebut.

Review Pinjaman Online

Pahami cara memilih pinjaman online terpercaya dengan melihat review - nya. Perusahaan pinjaman online yang sudah terpercaya biasanya sudah beroperasi di Indonesia cukup lama. Artinya mereka sudah memiliki pondasi kuat untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. Apalagi perusahaan seperti ini sudah pasti mendapatkan review berupa sambutan dan testimoni yang sangat baik dari masyarakat.

Baca Juga : Berapa Lama Pinjaman Tunai Kredivo Cair : Ini Penjelasannya!

Jika review ini berupa rating, maka sudah pasti memiliki rating baik sebagai acuan tingkat kepercayaan. Rating yang baik menandakan banyak orang yang merasakan pelayanan optimal perusahaan pinjaman online tersebut. Apalagi jika terdapat banyak komentar positif yang menyebutkan bahwa perusahaan jasa ini layak untuk dipakai.

Transparansi Pinjaman Online

Hal penting lain yang perlu Anda perhatikan jika ingin memilih perusahaan pinjaman online terpercaya adalah transparansi atau keterbukaan. Perusahaan terpercaya selalu memberikan informasi yang jelas terkait semua transaksi. Mulai dari biaya administrasi, besaran bunga, hingga lama plafond pinjaman akan diberikan informasinya kepada nasabah secara terbuka.

Tujuan transparansi adalah untuk memudahkan setiap nasabah agar bisa menyiapkan tagihan ketika sudah jatuh tempo. Apalagi besaran bunga pinjaman online dihitung per hari dengan plafond bervariasi. Ditambah lagi limit pinjaman juga sudah ditentukan dan biasanya tidak lebih dari 5 juta.

Informasi Kontak Pinjaman Online

Salah satu cara memilih pinjaman online terpercaya adalah dengan mengetahui kontaknya. Bagaimana Anda menghubungi perusahaan fintech jika mereka tidak memiliki kontak? Tentu akan menyulitkan setiap calon nasabah bukan. Anda juga harus was-was jika Anda mendapatkan tawaran dari sebuah perusahaan pinjaman online yang tidak memiliki kontak, baik alamat surel atau informasi telepon kantor.

Baca Juga : Pinjaman Jumbo Kredivo Ditolak? Begini Solusinya!

Setidaknya perusahaan tersebut memiliki akun media sosial sebagai tempat update informasi, alamat surel, hingga telepon kantor. Semua ini harus ada supaya calon nasabah bisa mencari informasi terlebih dahulu sebelum melakukan pinjaman online. Dengan begitu Anda bisa terhindar dari penipuan yang mungkin tidak Anda sadari.

Situs Pinjaman Online

Perusahaan pinjaman online sudah pasti memiliki website resmi dengan tampilan yang cukup formal. Di dalamnya ada beragam informasi yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada setiap orang. Misalnya saja ada informasi tentang bagaimana cara melakukan pinjaman hingga syarat-syarat apa saja yang menjadikan pinjaman Anda terpenuhi.

Dalam situs resmi perusahaan pinjaman online, ada semua hal yang bisa Anda dapatkan. Terutama transparansi transaksi yang akan diberikan informasikan kepada seluruh calon nasabah. Misalnya berapa banyak limit yang bisa Anda pinjam, atau berapa besaran bunga yang harus Anda bayar di masa akhir jatuh tempo.

Dan yang paling penting adalah situs perusahaan memiliki sistem pengamanan yang kuat. Ini merupakan perusahaan fintech di mana menyediakan kebutuhan finansial banyak orang. Jika situs perusahaan mudah untuk diserang, maka tentu tidak akan ada orang yang percaya untuk menjadi calon nasabah.

Pinjaman Online Terdaftar

Perusahaan fintech pinjaman online paling terpercaya adalah yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah. Layanan ini pada dasarnya mirip dengan produk dari lembaga keuangan konvensional, misalnya KTA bank. Karena itu pihak otoritas perlu memberikan regulasi untuk saling melindungi antara nasabah dan perusahaan.

Tanda bahwa perusahaan sudah mendapatkan izin dari pemerintah adalah dengan adanya lambang OJK di situs atau aplikasi. OJK adalah lembaga yang memberikan payung hukum, regulasi, dan pengawasan terhadap setiap aktivitas keuangan. Karena itu bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut layak dipercaya dan digunakan untuk pinjaman online.

Demikian tadi ulasan kami mengenai Cara Memilih Pinjaman Online Terpercaya, semoga bermanfaat untuk Anda dan waspada selalu dengan transaksi keuangan yang melibatkan data-data sensitif Anda di internet.