Pengertian SSH dan Bagaimana Cara Kerja SSH

Inilah pengertian SSH dan Bagaimana Cara Kerja SSH yang baik dan benar. Simak poin demi poinnya. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Pengertian SSH dan Bagaimana Cara Kerja SSH - Jika Anda seorang programmer? Anda pasti tahu istilah SSH. Nah, dalam aplikasi seperti website. Dalam kemajuan teknologi, sekarang dengan kemajuan teknologi, adalah mungkin hari ini untuk menghubungkan satu orang dengan orang lain di seluruh dunia.

Pengertian SSH dan Bagaimana Cara Kerja SSH

Dalam dunia teknologi, keamanan data sangat dibutuhkan dalam aplikasi. SSH biasanya digunakan untuk mengakses dan memodifikasi server.

Ingin tahu seperti apa SSH itu? Artikel ini akan memperkenalkan apa itu SSH, apa itu SSH, dan cara kerjanya. Datang dan lihat artikel ini.

SSH adalah jaringan koneksi yang aman. Jika Anda menggunakan jaringan ini, Anda akan memiliki opsi untuk mengautentikasi dari pengguna jarak jauh sebelum terhubung ke jaringan. Sistem juga dapat mengirim input dari klien SSH ke host atau server pusat, dan kemudian mengirimkan hasilnya kembali ke server klien.

Baca Juga : Alternatif Microsoft Office Tanpa Install : Ini Solusinya!

Ketika melakukan koneksi SSH ke salah satu alamat IP server, Anda dapat mengubah pengaturan yang terdapat di dalam server sesuai dengan pengguna yang tengah dipakai. Selain terkoneksi dengan jaringan OSX, Anda juga dapat melakukan koneksi kepada sistem operasi lain, seperti Windows dan Linux.

Bagaimana Cara Kerja SSH

Cara kerja protokol SSH adalah dengan menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client terhubung ke server SSH. Klien SSH melakukan proses koneksi dan menggunakan kunci enkripsi untuk mengotentikasi dan mengidentifikasi server SSH. Selama kunci yang digunakan oleh klien SSH berbeda dengan kunci yang digunakan oleh server SSH, koneksi tidak akan pernah dapat terhubung.

Klien SSH dan server SSH dapat menggunakan kunci yang sama untuk terhubung melalui proses otentikasi. Kemudian gunakan enkripsi simetris dan algoritma hashing untuk mengenkripsi koneksi yang terhubung. Proses enkripsi ini dirancang untuk memastikan kerahasiaan dan integritas data yang dipertukarkan antara klien dan server.

Baca Juga : 3 Cara Memanfaatkan Laptop atau Komputer Jadul

Oleh karena itu, klien SSH memulai koneksi dengan memanggil server SSH menggunakan aplikasi klien SSH (Putty di Windows). Kemudian server SSH mengirimkan kunci publik ke klien SSH. Kemudian klien SSH merespon dengan memberikan pasangan kunci yang disediakan oleh server SSH.

Selanjutnya keduanya melakukan negosiasi atau verifikasi koneksi dan memulai membuka koneksi yang aman. Setelah selesai, SSH client sudah dapat masuk ke dalam server dengan pertukaran data yang terus dienkripsi.

Keuntungan Menggunakan SSH

SSH mengijinkan mengenskripsi data sehingga kemungkinan malicious tidak dapat mengakses informasi user dan password. SSH juga mengizinkan untuk menembus protokol lain seperti FTP. Berikut beberapa hal spesifik yang perlindungan yang diberikan SSH :

DNS Spoofing

Penyerangan hacking jenis ini dilakukan dengan cara memasukkan data dalam Sistem Domain yang di mana Name Server cache database. Hal ini akan menyebabkan Name Server akan kembali ke IP yang salah sehingga dapat mengalihkan lalu lintas ke komputer lain.

Manipulasi Data

Seperti halnya router di sepanjang jaringan, Penyerang memperoleh atau merubah data pada perantara sepanjang rute jaringan. Hal ini sering dilakukan pada router di mana data masuk dari gateway atau pos pemeriksaan di jalan ke tujuan.

IP Address Spoofing

IP Spoofing bekerja dengan menyembunyikan alamat IP dengan membuat paket IP yang berisi alamat IP palsu dalam upaya untuk meniru koneksi lain dan menyembunyikan identitas ketika Anda mengirim informasi.

SSH Client

SSH Client adalah software atau aplikasi yang digunakan untuk melakukan request pada server, SSH Client memiliki interface langsung apa client berupa Command Line.

SSH adalah salah satu hal yang sangat perlu Anda pelajari, terutama jika ingin menjadi programmer. Apalagi jika sering berhubungan dengan koneksi client-server. Walaupun sudah ada Telnet sebelumnya, tapi belum bisa menjamin keamanan koneksi yang dihasilkan.

Keunggulan SSH mampu mengamankan pertukaran data yang sedang terjadi menggunakan berbagai macam teknologi enkripsi yang diperolehnya. Ada banyak juga keunggulan lainnya yang bisa digunakan oleh pengguna terkait SSH ini.

Demikian ulasan mengenai pengertian SSH dan bagaimana cara kerja SSH. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya.