Alternatif Microsoft Office Tanpa Install : Ini Solusinya!

Butuh Microsoft Office Dadakan Tapi Belum Install? Alternatif microsoft office tanpa install adalah solusinya. Selamat mencoba, semoga berhasil

Alternatif Microsoft Office Tanpa Install - Pernahkan Anda lupa tugas dan baru ingat saat kiamat deadline sudah dekat? Dan lebih parahnya lagi, Anda belum install software seperti Microsoft Office di laptop. Hal ini pernah dialami oleh teman saya, mungkin waktu itu dia habis install ulang laptopnya dan kebetulan deadline tugas sudah dekat.

Alternatif Microsoft Office Tanpa Install

Beruntung bagi orang-orang yang sudah punya file installer Microsoft Office atau WPS Office offline, hanya perlu waktu belasan menit untuk menginstallnya. Bagi yang belum punya? Apakah harus download bergiga-giga dulu? Tidak juga kok.

Ada alternatif lain yang lebih cepat, dengan syarat koneksi internet Anda harus stabil. Yakni dengan menggunakan aplikasi office berbasis web seperti Google Docs atau Microsoft Office Online.

Baca Juga : Google Sites yang Paling Efektif Dalam Dunia Pendidikan

Biasanya, kita paling sering menggunakan aplikasi office untuk membuat makalah dan presentasi, dan kita bisa menggunakan aplikasi web yang sudah saya sebutkan di atas. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal kita saja yang menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Beberapa Alternatif Microsoft Office Tanpa Install yang Bisa Anda Coba

Microsoft Office Online (Microsoft 365)

microsoft power point di web browser

Saya sendiri lebih suka menggunakan Microsoft Office Online karena hampir semua komputer sekolahan atau kampus menggunakan aplikasi office dari Microsoft, begitu juga dengan guru atau dosen. Dengan begitu, file tugas yang saya kerjakan tidak akan kocar-kacir/acak-acakan saat dibuka oleh dosen maupun saat presentasi di kelas.

Selain itu, aplikasi office dari Microsoft juga sangat mudah digunakan dan sudah sangat familiar karena pernah diajarkan di sekolah. Bahkan fitur-fitur terbanrunya sangat memudahkan saya, misalnya fitur designer pada Microsoft Powerpoint. Dengan fitur ini, saya tidak perlu lagi repot-repot memikirkan tema dan komposisi tampilan pada slide presentasi saya.

Namun terdapat fitur yang tidak bisa saya akses karena saya menggunakan akun gratis atau guest user. Misalnya untuk membuat dokumen dengan 2 kolom di Word, pilihan chart yang terbatas di Excel, dan masih banyak lagi. Untuk pengguna gratisan, microsoft membatasi fitur-fitur yang bisa digunakan baik itu di Word, Powerpoint dan Excel. 

Untuk menggunakannya, Anda bisa login melalui portal.office.com dengan akun microsoft Anda. Jika belum punya, Anda bisa membuat akun baru menggunakan email atau nomor telepon.

Google Docs, Google Slides, dan Google Sheets

Google Docs - Google Sheets

Alternatif yang ke-dua adalah Google Docs. Walaupun kelihatannya tidak semewah dan selengkap Microsoft Office, namun Google Docs dan kawan-kawannya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kita untuk mengerjakan tugas. Bahkan mungkin bisa lebih dari itu, jika sudah paham betul letak fitur-fiturnya.

Saya sendiri menggunakan aplikasi web ini untuk kebutuhan di luar pembelajaran. Misalnya Google Sheets saya gunakan untuk membuat data produk yang saya upload ke website. 

Anda bisa menggunakan Google Slides untuk membuat presentasi yang menarik tanpa banyak pernak-pernik seperti efek transisi yang berlebihan, atau menggunakan Google Docs untuk membuat makalah dan menyimpannya dalam format pdf supaya tampilannya tidak berubah saat di print di percetakan.

Google Docs dan kawan-kawannya ini gratis dan tidak ada pembatasan fitur. Anda bisa mengaksesnya melalui docs.google.com dan login menggunakan akun gmail Anda. Siapa sih yang tidak punya akun google? 

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Aplikasi Office Berbasis Web (Online)

Kelebihan

  • Tidak perlu install, cukup membukanya melalui web browser
  • File tersimpan otomatis secara online di cloud, jadi Anda tidak perlu panik "belum disave" jika komputer tiba-tiba mati saat sedang mengerjakan tugas 
  • Bisa edit di manapun, asalkan terkoneksi dengan internet

Kekurangan

  • Tidak bisa digunakan tanpa internet (Microsoft Office Online)
  • Tidak selancar aplikasi office yang di install di komputer, terutama untuk komputer dengan spesifikasi lawas

Demikian ulasan mengenai alternatif microsoft office tanpa install. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda menggunakan aplikasi office berbasis web juga?