Peluang Bisnis Rental Mobil : Kenali Risiko, Kelamahan dan Keuntungannya

Peluang bisnis rental mobil adalah sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan sekarang ini. Inilah ulasan mengenai peluang bisnis rental mobil.

Brodanni - Peluang bisnis rental mobil adalah sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan sekarang ini walaupun sekarang sudah menjamur beberapa usaha jasa sewa mobil online lewat aplikasi. Harga mobil yang saat ini masih tinggi dan kebutuhan sarana transportasi untuk kebutuhan berbagai kegiatan acara membuat permintaan masyarakat terhadap usaha rental mobil masih tetap tinggi.

Peluang Bisnis Rental Mobil

Anda bisa mengambil peluang usaha sewa mobil dengan cepat. Namun sebagai calon pengusaha yang baik maka Anda harus mengetahui apa yang menjadi kelemahan usaha sewa mobil. Hal tersebut berdasarkan pengalaman para pengusaha rental mobil yang mengalami kerugian akibat tidak tahu apa yang menjadi kelemahan usaha rental mobil.

Baca Juga : Cara Menjadi Makelar Mobil : Ini Langkah Memulainya!

Jika Anda ingin terjun dalam bisnis sewa mobil maka Anda membutuhkan informasi lengkap seputar risiko usaha rental mobil. Sudah umum yang menjadi risiko bisnis rental mobil adalah mobil yang rawan  hilang dibawa kabur oleh konsumen.

Bisnis rental mobil apakah menjanjikan? Pertanyaan tersebut terkadang dipertanyakan oleh mereka yang ingin  memulai bisnis rental mobil tapi masih dalam tahap ragu-ragu dengan peluang bisnis rental mobil.

Di tengah penurunan jumlah penyebaran virus covid19 membuat berbagai sektor usaha pariwisata mulai bangkit. Permintaan masyarakat terhadap jasa rental mobil terus meningkat. Terutama di daerah-daerah yang memiliki objek destinasi wisata.

Pengertian Usaha Rental Mobil

Rental mobil termasuk usaha apa? Rental mobil adalah sebuah usaha menyewakan mobil  kepada seseorang sesuai kesepakatan dari jam sampai jam tertentu dengan sejumlah pembayaran yang telah disepakati bersama. Bisa disebut juga usaha rental mobil adalah usaha persewaan mobil. Bisnis rental mobil sudah sangat marak di kota-kota besar yang aktivitas warganya sangat mobile. Namun tidak menutup kemungkinan, usaha rental mobil juga sangat bagus dijalankan di wilayah pedesaan. Usaha sewa mobil termasuk bisnis yang sangat laris terutama di tempat wisata.

Biaya Modal Usaha Rental Mobil

Salah satu pertanyaan sekarang adalah berapa modal buka usaha rental mobil? Modal usaha rental mobil yang paling utama adalah mobil itu sendiri. Anda bisa membeli mobil baru atau bekas dalam kondisi baik untuk disewakan. Untuk pembelian mobil bisa dilakukan secara tunai maupun kredit lewat perusahaan leasing atau bank.

Baca Juga : Perbandingan Asuransi Mobil yang Anda Harus Tahu

Jika Anda ingin memulai usaha rental mobil dengan modal kecil maka Anda bisa membeli mobil secara kredit. Sekarang sudah banyak perusahaan leasing yang memberikan  uang muka murah untuk membeli mobil secara kredit minimal Rp 5 juta. Dengan uang sebesar Rp 5 juta, Anda sudah bisa membuka usaha rental mobil. Sedangkan pembayaran cicilan mobil bulanan bisa dari keuntungan usaha rental mobil yang Anda jalankan setiap hari.

Untuk pembiayaan usaha rental mobil, maka Anda jangan pesimis karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha sewa mobil. Berikut ini cara mendapatkan modal usaha rental mobil, antara lain:

  • Meminjam uang kepada keluarga atau saudara
  • Meminjam uang ke bank
  • Mengandalkan tabungan di bank
  • Bekerja kepada orang lain untuk mengumpulkan modal usaha rental mobil
  • Meminjam uang kepada tetangga atau kenalan

Tentu akan lebih baik jika Anda menggunakan modal uang sendiri karena itu untuk mengurangi tingkat hutang Anda sekaligus akan mengurangi biaya pengeluaran seperti pembagian keuntungan atau bayar bunga jika meminjam uang ke bank. Pendek kata, Anda dapat memulai bisnis rental mobil dengan uang hanya sebesar Rp 5 juta yang dijadikan uang muka pembelian mobil baru atau bekas. Untuk besaran angsurannya maka Anda bisa memilih yang lebih terjangkau. Seperti cicilan hingga lima tahun.

Peluang Usaha Rental Mobil

Keuntungan usaha rental mobil terutama dari penghasilan yang didapatkan bersifat pasif. Dalam arti, Anda akan mendapatkan uang tanpa perlu kehadiran Anda atau tanpa Anda perlu bekerja keras. Semakin banyak mobil yang Anda miliki untuk disewakan maka akan semakin besar penghasilan yang Anda dapatkan. Mengenai besaran penghasilan pasif yang bisa Anda dapatkan dari bisnis sewa mobil minimal Rp 3 juta per bulan.

Risiko Usaha Rental Mobil

Risiko usaha rental mobil sangat tinggi tingkat kerugiannya apalagi jika kondisi mobil yang disewakan tanpa sopir atau lepas kunci. Dalam arti, Anda mempercayakan mobil yang Anda rentalkan sepenuhnya kepada orang yang belum Anda kenal baik karakter atau kebiasaannya.

Risiko usaha rental mobil lepas kunci adalah rawan mobil yang disewakan dibawa kabur oleh pihak penyewa tanpa alasan yang jelas. Paling parah adalah pihak penyewa melakukan tindakan penipuan. Risiko berikutnya dari usaha rental mobil adalah mobil mengalami kerusakan pada bagian bodi mobil maupun mesin mobil. Semua itu bisa dikurangi tingkat kerugian usaha rental mobil dengan mengambil asuransi mobil.

Kelemahan Bisnis Rental Mobil

Adanya risiko kerugian usaha rental mobil yang sangat tinggi merupakan kelemahan bisnis rental mobil. Berikut ini yang paling nyata dari kelemahan bisnis rental mobil adalah risiko kehilangan mobil atau terjadinya tindak penggelapan mobil.

Salah satu hal yang sering dialami atau berisiko tinggi terhadap usaha rental mobil adalah mobil yang dibawa kabur oleh konsumen. Oleh sebab itu, cara membuka usaha rental mobil harus selektif dalam mendapatkan konsumen dan memastikan penggunaan asuransi untuk menghindarkan dari kerugian. Sebab orang yang rental mobil Anda mungkin Anda tidak mengenalnya. Dari mana asal usul mereka dan apa latar belakang mereka semua itu Anda tidak mengetahuinya. Sehingga Anda pun tidak bisa memastikan bahwa konsumen itu adalah orang yang bertanggung jawab atau tidaknya. Sehingga sangat berisiko besar jika usaha rental mobil berhadapan dengan orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak  bisa dipercaya.

Usaha rental mobil bisa dilakukan dengan dua cara yaitu usaha rental mobil pakai sopir dan usaha rental mobil tanpa sopir. Kalau usaha rental mobil tanpa sopir maka dalam hal ini sang penyewa sebagai supir itu sendiri atau cari sopir pribadi lainnya.

Hal yang sangat berisiko terhadap usaha rental mobil adalah ketika usaha rental mobil dijalankan tanpa sopir. Dalam arti Anda menyerahkan sepenuhnya sopir mobil kepada konsumen. Hal tersebut umumnya tingkat risiko usaha rental mobil sangat tinggi. Yang meliputi mobil bisa mengalami penggelapan, mobil digadaikan maupun mobil mengalami kerusakan.

Baca Juga : Risiko Jual Beli Mobil Bekas yang Perlu Anda Perhatikan

Dengan adanya tingkat risiko kerugian  usaha rental mobil sangat tinggi membuat Anda mesti hati-hati dan berusaha mengelola usaha rental mobil secara baik dengan jaminan keamanan yang sangat tinggi misalkan pengalihan risiko kepada perusahaan asuransi. Dalam hal ini mobil yang direntalkan diasuransikan untuk menghindarkan diri dari kerugian. Untuk  mengambil asuransi kehilangan atau kerusakan mobil  maka Anda bisa mengambil dengan nominal premi asuransi  yang masih terjangkau. Dengan cara demikian, Anda tidak akan mengalami kerugian jika mobil Anda hilang atau rusak oleh konsumen karena adanya jaminan asuransi kerugian.

Cara Membuka Bisnis Sewa Mobil

Bagi Anda yang pemula dan ingin buka usaha rental mobil, berikut ini langkah-langkah memulai bisnis rental mobil untuk pemula, antara lain:

1.Mempersiapkan modal usaha

Langkah pertama dan terpenting untuk memulai usaha rental mobil adalah dengan mempersiapkan modal usaha. Anda bisa menghitung sendiri rincian biaya modal usaha rental mobil. Seperti biaya pembelian mobil baru, biaya promosi, biaya perawatan dan perbaikan mobil. Kalau modal uang yang Anda miliki terbatas maka Anda bisa memulai bisnis sewa mobil dengan modal mobil satu unit terlebih dahulu. Kalau usaha sewa mobil Anda berkembang maka Anda bisa menambah dengan unit mobil baru lainnya. Anda bisa membeli satu unit mobil baru yang paling banyak diminati orang sebagai modal awal untuk disewa seperti mobil keluarga yang tengah populer saat ini.

2.Memberikan layanan tambahan

Beberapa usaha rental mobil memberikan layanan lepas kunci tanpa sopir. Hal tersebut sebagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, tak salahnya juga Anda memberikan pelayanan sewa mobil dengan sopir atau tanpa sopir. Namun jika usaha rental mobil Anda ingin menyediakan layanan dengan sopir maka pastikan sopir yang Anda rekrut sangat berpengalaman, bertanggung jawab dan bisa diandalkan secara baik. Karena mereka juga turut membesarkan usaha rental mobil Anda.

Demikian ulasan mengenai peluang bisnis rental mobil yang bisa kami bagikan. Bagaimana Anda tertarik peluang bisnis rental mobil, risiko usaha, kelemahan dan keuntungannya?