Perbandingan Asuransi Mobil yang Anda Harus Tahu

Untuk Anda yang sedang mencari referensi asuransi mobil, inilah perbandingan asuransi mobil yang harus Anda ketahui. Selamat membaca

Perbandingan Asuransi Mobil - Industri asuransi mobil tumbuh cukup signifikan. Demi mendapatkan penawaran terbaik, calon nasabah tak segan melakukan perbandingan asuransi mobil Caranya dengan membandingkan besar kecilnya premi serta penawaran dalam paket asuransi dari beberapa perusahaan.

perbandingan asuransi mobil yang harus anda tahu

Membandingkan Asuransi Mobil

Membandingkan asuransi bisa dilakukan dengan cara membandingkan jenis asuransi berdasarkan jenis mobil. Dan membandingkan asuransi antara satu jenis asuransi dengan asuransi lainnya.

Membandingkan All Risk dan TLO

Terdapat dua jenis asuransi mobil yaitu All Risk/ Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Jenis asuransi TLO hanya memberikan ganti rugi jika mobil mengalami kerusakan di atas 75 persen atau sudah tidak bisa direparasi lagi. Asuransi TLO biasanya sudah menjadi satu paket dengan pembayaran angsuran mobil yang dibeli secara kredit. Besar preminya tergantung dari lamanya jangka waktu kredit. Jika masa tenor kredit lebih cepat, otomatis premi semakin kecil.

Baca Juga : Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit Bank Mandiri dengan Benar

Asuransi Comprehensive/All Risk memiliki cakupan perlindungan lebih luas, baik kerusakan kecil seperti cat mobil lecet karena goresan atau lampu mobil retak karena benturan mendapatkan ganti rugi dari asuransi ini. Konsekuensinya premi yang dibayar lebih bear daripada asuransi TLO. Untuk mobil berusia di atas lima tahun perusahaan asuransi akan mengenai biaya tambahan yaitu biaya loading yang besarnya antara 5-10 persen dari rate asuransi.

Membandingkan asuransi mobil baru dan bekas

Apakah mobil bekas perlu diasuransikan?

Mobil bekas juga perlu mendapatkan proteksi. Hanya perlu diingat bahwa semakin tua usia kendaraan maka nilai rate asuransinya akan semakin tinggi. Untuk itu disarankan agar memilih asuransi Total Loss Only bagi mobil yang berusia di atas lima tahun.

Contoh Perbandingan Perhitungan Premi

Contoh cara menghitung premi Comprehensive dan Total Loss Only agar bisa dibandingkan adalah:

Misalnya seseorang tinggal di DKI Jakarta (wilayah II) memiliki mobil yang jika ditaksir harganya sekitar 200 juta rupiah. Maka besar preminya adalah:

1. Jika memakai asuransi TLO

Rate asuransi TLO wilayah II sebesar 0.44 – 0.53 persen. Pihak dealer menetapkan rate premi asuransi sebesar 0.49 persen maka premi yang harus dibayar oleh pihak tertanggung adalah sebesar 0.49% x Rp.200 juta rupiah = Rp. 980.000 rupiah

2. Jika memakai asuransi All Risk

Rate asuransi All Risk wilayah II adalah 2.47 – 2.72 %. Andai pihak dealer menetapkan premi sebesar 2,5% maka pihak tertanggung harus membayar premi sebesar 2,5% x Rp. 200 juta = Rp. 5 juta rupiah. Disarankan jika harga mobil sangat tinggi dan jika terjadi sesuatu biaya perbaikannya besar maka lebih baik memilih All Risk.

Baca Juga : Inilah Cara Mendapatkan Kartu Kredit CIMB Niaga Tambahan

Demikian sekilas pembahasan mengenai perbandingan asuransi mobil yang harus Anda tahu. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian.