Resiko Jual Beli Mobil Bekas yang Perlu Anda Perhatikan

Mobil bekas yang beredar di pasaran, tentunya akan sangat variatif dalam segi harga. Berikut resiko jual beli mobil bekas yang harus Anda Perhatikan

Resiko Jual Beli Mobil Bekas - Membeli mobil bekas dapat menimbulkan banyak risiko, tetapi itu tidak boleh menghalangi Anda. Harga mobil baru telah meningkat secara dramatis selama dekade terakhir dan banyak pembeli mencari nilai bagus yang dapat ditemukan di mobil bekas. Selama Anda menyadari risiko dan bahaya yang terlibat, tidak ada alasan Anda tidak dapat menemukan sendiri mobil yang sempurna dengan harga yang tepat.

resiko jual beli mobil bekas

Berikut Bahaya Pasar Mobil Bekas yang Harus Anda Waspadai

Membeli tak berguna

Ini adalah alasan nomor satu orang khawatir ketika datang untuk membeli mobil bekas. Tidak ada yang mau mengambil masalah orang lain dan terlalu sering kita mendengar cerita tentang seseorang yang membeli mobil dengan harga tinggi tetapi mesinnya mati keesokan harinya, atau mereka mengetahui bahwa mobil itu telah dihapuskan sebelumnya.

Kecelakaan

Agar tidak menjadi tampilan statistik untuk mobil Anda berikutnya di pengecer terkemuka yang memiliki minat terbaik Anda. Ini tidak selalu mudah ditemukan dan seringkali, dealer tidak memenuhi janji kualitas mereka. Pastikan untuk mengerjakan pekerjaan rumah Anda, periksa ulasan dan beli dari pengecer mobil yang berdiri di belakang mobil yang mereka beli dan jual.

(Baca Juga : Cara Menjadi Makelar Mobil : Ini Langkah Memulainya!)

Jika Anda tidak yakin Anda membeli melalui pengecer terkemuka, dapatkan mobil tersebut diperiksa secara profesional. Ini sepadan dengan biaya dan upaya yang terlibat.

Apakah Resiko Jual Beli Mobil Bekas?

Diluar garansi

Ketenangan pikiran saat membeli mobil baru berasal dari mengetahui bahwa mobil tersebut masih dalam garansi pabrik atau rencana perawatan. Dengan mobil bekas, garansi mungkin telah kedaluwarsa dan seseorang rentan terhadap kesalahan. Ini dapat dengan mudah diatasi, meskipun.

Saat membeli mobil bekas, tanyakan kepada dealer apakah Anda dapat membeli perpanjangan garansi. Ada berbagai pilihan yang tersedia, tetapi ada biaya dan banyak orang lebih suka menerima risiko.

Penipuan

Penipuan tidak hanya terjadi di pasar mobil bekas, tetapi juga memiliki banyak penipu. Ada banyak bentuk penipuan mobil bekas di luar sana, mulai dari penipuan odometer, di mana seseorang merusak pembacaan jarak tempuh mobil, hingga merepresentasikan mobil sebagai varian tertentu padahal sebenarnya spesifikasinya berbeda dan lebih rendah.

(Baca Juga : Cara Pengajuan Online Asuransi Mobil dengan Cermat dan Cerdas)

Periksa apakah keausan pada interior mobil termasuk pedal dan jok sesuai dengan jarak tempuh yang diklaim dan periksa dokumentasi dengan cermat atau konfirmasikan varian dengan pabrikan. Penipuan online telah meningkat selama bertahun-tahun, tidak hanya di industri mobil.

Ada tindakan pencegahan yang dapat Anda ambil agar tidak menjadi korban. Carilah harga yang sangat rendah, detail kontak yang salah, penjual yang tidak mau berkomunikasi melalui telepon atau yang meminta harga penuh mobil atau uang jaminan untuk segera ditransfer.

Situs rahasia online tidak menangani pertukaran uang, jadi jangan percaya siapa pun yang mengatakan bahwa situs tersebut akan mengembalikan uang Anda atau bahwa Anda perlu membayar ke "rekening situs". Jika penjual berperilaku dengan cara apa pun yang Anda anggap tidak biasa, menjauhlah dari kesepakatan itu. Lebih baik aman daripada menyesal.

Semakin tua semakin temperamental

Begitu mobil bertambah tua dan menempuh jarak tempuh yang lebih tinggi, kemungkinan akan menimbulkan lebih banyak masalah, terutama jika mobil tidak dirawat dengan benar. Bahkan jika telah dirawat dengan baik, keausan dapat mengambil korban dan di sinilah bahaya datang dengan membeli mobil yang jauh lebih tua: suku cadang bisa sulit didapat.

Dianjurkan untuk tetap menggunakan mobil yang lebih baru kecuali Anda adalah penggemar mobil klasik dan menikmati bermain-main dengannya sendiri Anda bisa menggunakan Mobil Bekas yang teraman. Demikianlah Artikel yang saya buat semoga bermanfaat, terima kasih.