Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca di HP Samsung : Penyebab dan Solusinya!

Kenapa kartu SD Tidak Terbaca di HP Samsung? Yuk kenali penyebab dan solusinya dengan menyimak artikel ini. Semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Brodanni - Kenapa Kartu SD tidak terbaca di HP Samsung? Pertanyaan seperti ini sering ditanyakan oleh pengguna HP Samsung yang sedang mengalami masalah tersebut. Seperti yang sudah diketahui, bahwa Kartu SD merupakan penyimpanan tambahan untuk menyimpan berbagai macam file seperti, foto, video, musik dan lain sebagainya.

Kartu SD Tidak Terbaca di HP Samsung

Biasanya, Kartu SD digunakan pada HP yang memiliki kapasitas memori internal kecil agar bisa menyimpan lebih banyak file dalam Kartu MicroSD tersebut. Jika Kartu SD tersebut tidak bisa terbaca pada HP Samsung yang digunakan, pastinya akan membuat kesal dan ingin membuangnya.

Namun sebelum kamu membuangnya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Siapa tahu Kartu SD tersebut masih bisa diperbaiki sehingga kamu tidak perlu menggantinya dengan Kartu SD yang baru.

Maka dari itu, cari tahu penyebabnya terlebih dulu agar bisa memastikan apakah Kartu SD sudah benar-benar rusak atau belum. Untuk mengetahui apa saja penyebabnya, silakan simak pada ulasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Memakai NFC di Hp Samsung Semua Model

Ada beberapa penyebab yang menjadikan Kartu SD tidak bisa terbaca di HP Samsung. Penyebab yang paling sering terjadi adalah karena Kartu SD tersebut sudah lama sehingga memungkinkan terjadinya kerusakan pada Kartu SD yang digunakan pada HP Samsung.

Kenapa Kartu SD tidak Terbaca di HP Samsung

Namun, tidak sepenuhnya masalah Kartu SD yang tidak terbaca disebabkan karena faktor umur, mungkin ada faktor lain yang menyebabkan Kartu SD tersebut menjadi tidak bisa terbaca. Nah untuk lebih jelasnya, silakan simak faktor lain yang menyebabkan Kartu SD menjadi tidak terbaca di HP Samsung seperti pada uraian berikut ini :

1. Kuningan pada Kartu SD Tergores

Penyebab pertama biasanya terjadi pada kuningan Kartu SD. Kuningan yang terdapat pada Kartu SD merupakan penghubung atau konektor yang memiliki fungsi agar Kartu SD bisa terbaca oleh HP yang digunakan.

Jika salah satu kuningan tersebut tergores, maka bisa menyebabkan Kartu SD tidak bisa terbaca karena salah satu kuningan terebut tidak bisa terhubung dengan HP. Maka dari itu, pastikan untuk menyimpan Kartu SD ditempat yang aman ketika Kartu SD sedang dilepas agar tidak terjadi goresan.

2. Sering Memindahkan Kartu SD ke HP Lain

Sering memindahkan Kartu SD ke HP lain juga bisa menyebabkan Kartu SD tidak bisa terbaca. Hal ini bisa terjadi karena kemungkinan pada HP lain terdapat malware yang bisa merusak file konfigurasi pada Kartu SD.

Jika terjadi demikian, maka tidak hanya Kartu SD saja yang terkena malware, namun HP Samsung milikmu juga bisa terkena malware tersebut. Agar tidak terjadi yang demikian, usahakan jangan terlalu sering memindahkan Kartu SD ke HP lainnya.

3. Kartu SD tidak Support

Ketika kamu membeli Kartu SD yang baru, pastikan cek terlebih dahulu Kartu SD tersebut apakah kompatibel dengan HP Samsung yang digunakan atau tidak. Jika Kartu SD yang baru bisa kompatibel dengan HP Samsung yang kamu gunakan, maka secara otomatis Kartu SD tersebut akan support dan bisa terbaca di HP Samsung.

Baca Juga : Cara Menghapus Cache di Hp Samsung : Aman dan Praktis!

Namun, jika Kartu SD yang baru tidak support maka akan menyebabkan Kartu SD tidak terbaca pada HP Samsung yang kamu gunakan. Maka dari itu, periksalah dengan teliti Kartu SD sebelum kamu membelinya agar tidak kecewa nantinya.

4. Terdapat File yang Rusak pada Kartu SD

Biasanya, kemungkinan lain yang menyebabkan Kartu SD tidak bisa terbaca adalah karena terdapat file yang rusak pada Kartu SD yang kamu gunakan. Kerusakan pada Kartu SD bisa terjadi karena adanya file konfigurasi yang error atau terjadi kesalahan.

Jika terjadi yang demikian, maka bisa menyebabkan Kartu SD tidak bisa terbaca pada HP Samsung. Agar masalah tersebut bisa teratasi, kamu bisa menggunakan HP Drive Boot Utility untuk mengatur ulang file konfigurasi yang error pada Kartu SD tersebut.

5. Kartu SD Kotor

Debu yang menempel akan menyebabkan Kartu SD kotor sehingga bisa membuat Kartu SD menjadi tidak terbaca di HP Samsung. Pada Kartu SD terdapat kuningan yang berfungsi untuk menghubungkan ke slot tempat Kartu SD pada HP Samsung.

Jika kuningan tersebut tertutup debu, maka bisa menyebabkan proses baca tidak maksimal dan bahkan bisa tidak terbaca sama sekali. Untuk itu, coba bersihkan kuningan Kartu SD tersebut menggunakan tisu, kain yang lembut, karet penghapus ataupun cairan pembersih khusus agar kotoran yang menempel pada kuningan Kartu SD bisa hilang.

6. Slot Kartu SD pada HP Samsung Rusak

Kartu SD yang tidak bisa terbaca tidak selalu Kartu SD-nya yang rusak. Untuk mengetahuinya, kamu bisa coba pasang Kartu SD tersebut ke HP lain lalu lihat apakah terbaca atau tidak.

Jika terbaca pada HP lain, maka bisa dipastikan slot Kartu SD pada HP Samsung kamu yang rusak. Cara mengatasi masalah yang disebabkan slot Kartu SD rusak yaitu, kamu bisa bawa HP kamu ke tempat servis HP untuk memperbaiki slot Kartu SD pada HP kamu.

7. Kartu SD Rusak

Saat kamu melepas Kartu SD, mungkin tidak sengaja terinjak atau terkena benda keras yang menyebabkan Kartu SD menjadi rusak. Atau bisa juga Kartu SD tidak sengaja di duduki ketika kartu SD tersebut dimasukkan ke dalam saku celana bagian belakang yang menyebabkan Kartu SD retak.

Kerusakan yang sering terjadi pada Kartu SD biasanya retak atau bahkan patah sehingga Kartu SD tersebut tidak bisa terbaca sama sekali. Jika kamu mengalami masalah seperti ini sebaiknya bawa ke tempat servis HP terlebih dahulu sebelum dibuang, siapa tahu Kartu SD yang rusak masih bisa diperbaiki.

8. Terdapat Virus pada HP Samsung yang Digunakan

Selain memeriksa semua penyebab Kartu SD tidak bisa terbaca seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa periksa apakah ada virus pada HP Samsung yang kamu gunakan atau tidak. Virus yang terdapat di HP juga bisa menyebabkan sistem tidak berfungsi dengan baik sehingga Kartu SD yang kamu pasang di HP Android tidak bisa terbaca.

Baca Juga : 10 Cara Cek IMEI Samsung, iPhone, Xiaomi dan Smartphone Android Lainnya

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan reset ulang pada HP Samsung milikmu untuk menghilangkan virus tersebut. Namun, jika dengan cara tersebut masih belum bisa mengatasinya maka silakan bawa ke konter tempat servis HP agar masalah tersebut bisa teratasi.

Penutup

Itulah berbagai macam penyebab kenapa Kartu SD tidak terbaca di HP Samsung yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui penyebabnya, maka kamu bisa mengatasi sendiri masalah tersebut sehingga tidak langsung membuang Kartu SD-nya lalu menggantinya dengan yang baru.

Namun, jika kamu tidak bisa mengatasi sendiri maka kamu bisa membawanya ke tempat servis HP untuk memperbaikinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat